sign up SIGN UP

SKINCARE

Duh, 6 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kulit Kamu Jerawatan!

Budi Rahmah Panjaitan | Minggu, 26 Jul 2020 09:30 WIB
Duh, 6 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kulit Kamu Jerawatan!
caption

Skincare jadi andalan untuk merawat kulit wajah, termasuk jerawat. Namun tahukah kamu bahwa itu saja tidaklah cukup. Ya, ada banyak penyebab mengapa si jerawat bisa muncul. Salah satunya adalah kebiasaan.

Nah, kebiasaan yang dilakukan sehari-hari tidak bisa dianggap sebagai hal yang sepele karena bisa menjadi salah satu penyebab kulitmu tetap jerawatan meskipun sudah diberi skincare secara rutin. Kebiasaan ini bisanya kamu lakukan baik itu dengan sadar maupun tidak.

Supaya tidak salah lagi, sebaiknya hindari kebiasaan di bawah ini supaya kamu enggak jerawatan ya.


Terlalu Sering Mencuci Muka

mencuci wajah terlalu sering malah memperburuk kondisi kulitmu dan membuatnya rentan jerawatan
mencuci muka/pexel.com

Kebiasaan pertama yang sebaiknya kamu hindarkan adalah terlalu sering mencuci muka. Alih-alih membuat kulit bersih, mencuci wajah terlalu sering malah memperburuk kondisi kulitmu dan membuatnya rentan jerawatan.

Mencuci wajah terlalu sering akan mengilangkan minyak alami kulit sehingga secara otomatis kulit akan memberi respon dengan memproduksi minyak lebih banyak lagi. Alhasil, jerawat pun sangat potensial untuk muncul pada kondisi seperti itu.

Agar tidak salah lagi, waktu yang tepat untuk kamu mencuci muka ialah saat bangun tidur dan sebelum tidur. Ketika mencuci muka, kamu bisa menggunakan sabun pembersih wajah yang memang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Untuk air bilas, kamu bisa menggunakan air suhu normal maupun hangat. Sebaiknya, oleskan pembersih wajah dengan jari kemudian pijat perlahan. Jika sudah, seka wajah dengan tisu bertekstur lembut.

Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Kuman dan bakteri yang ada di tangan otomatis akan berpindah pada wajah saat memegang wajah menggunakan tangan.
menyentuh wajah/pexel.com

Jika ingin terhindar dari yang namanya jerawat, kebiasaan menyentuh wajah memang sudah seharusnya menjadi perhatian serius buat kamu. Jangan sesekali mencoba menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Bahkan, kebiasaan ini menjadi penyebab kulit jerawatan yang sudah sangat umum dilakukan.

Kuman dan bakteri yang ada di tangan otomatis akan berpindah pada wajah saat kamu memegang wajah menggunakan tangan. Selanjutnya, bakteri dan kuman akan menyumbat pori dan menimbulkan masalah kulit berjerawat.

Agar bisa terhindar dari hal ini, sebaiknya hilangkan kebiasaan menyentuh wajah apalagi kamu belum bisa memastikan bahwa tangan dalam keadaan bersih. Jika kamu sering tidak sengaja melakukannya, maka setidaknya kamu rutin cuci tangan sehingga tangan selalu dalam keadaan bersih dan tetap aman digunakan memegang wajah.

Produk Rambut yang Ikut Menempel pada Wajah

tutuplah bagian wajah ketika mengaplikasikan produk-produk rambut
haircare/pexel.com

Terkadang, memang tidak bisa dipungkiri ketika sedang mengaplikasikan produk rambut, bagian wajah malah ikut terkena. Nah, inilah yang sudah seharusnya dihindari agar terhindar dari kulit berjerawat.

Adanya produk seperti gel, hairspray, minyak rambut yang terkena pada bagian wajah otomatis akan menyumbat pori dan menyebabkan permasalahan kulit berjerawat. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya tutuplah bagian wajah ketika mengaplikasikan produk-produk rambut dan kurangi penggunaan produk rambut yang mengandung minyak.

Salah Konsumsi Makanan

sangat disarankan untuk kamu menjalankan pola hidup sehat dengan mengindari makanan yang digoreng
makan/pexel.com

Kebiasaan makan makanan yang tidak sehat juga menjadi salah satu penyebab kulit kamu selalu jerawatan. Mengonsumsi makan-makanan berminyak dan manis akan membuat kulit lebih rentan berjerawat.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk kamu menjalankan pola hidup sehat dengan menghindari makanan yang digoreng serta makan-makanan yang manis. Roti putih, kue, biskuit, susu adalah beberapa contoh makanan manis yang harus kamu batasi agar bisa terhindar dari kulit yang jerawatan.

Stress

kamu harus tetap mencoba bijaksana dengan mengendalikan stress sebaik mungkin.
stress/pexel.com

Permasalahan yang satu ini memang kerap hadir di kehidupan sehari-hari dan menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat. Memang tidak bisa dipungkiri, persoalan pribadi, tuntutan pekerjaan dan berbagai hal lainnya bisa menjadi pemicu lahirnya stres pada diri seseorang.

Meski demikian, kamu harus tetap mencoba bijaksana dengan mengendalikan stress sebaik mungkin. Cobalah untuk menenangkan diri dan melakukan hal-hal positif di kehidupan sehari-hari sehingga bisa terhindar dari yang namanya stres.

Tidak Membersihkan Ponsel

Kotoran-kotoran pada ponsel akan berpindah pada wajah dan menyebabkan permasalahan jerawat
calling/pexel.com

Hal yang satu ini tampaknya sering diabaikan. Namun tahukah kamu kalau kebiasaan tidak membersihkan ponsel menjadi penyebab kulit jerawatan?

Ya, ponsel yang kondisinya kotor akibat kemudian dibiarkan menempel pada pipi saat menelpon maupun tangan yang baru saja memegang ponsel kemudian dibiarkan menyentuh wajah secara langsung akan menjadi pemicu yang sangat potensial bagi timbulnya jerawat.

Kotoran-kotoran pada ponsel akan berpindah pada wajah dan akhirnya menyebabkan permasalahan kulit termasuk jerawat. Untuk itu, bersihkanlah ponsel secara rutin dan sebaiknya cukup gunakan earphone saat menelpon.  

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id