sign up SIGN UP

SKINCARE

Eye Cream 101: Penting untuk Dipakai Nggak, Sih?

Dimitrie Hardjo | Jumat, 19 Feb 2021 07:30 WIB
Eye Cream 101: Penting untuk Dipakai Nggak, Sih?
caption

Area sekitar mata memang berbeda dari kondisi kulit area lainnya, karena cenderung lebih tipis dan sensitif. Bagi mereka yang usia 20-an, kondisi kulit area mata yang seperti itu bisa menimbulkan kerutan dan garis halus lebih dini. Apalagi mata kita sering melihat layar handphone atau laptop, bergerak, berkedip, dan lain sebagainya.

Pergerakan mata inilah yang membuat kulit sekitar mata butuh perawatan ekstra untuk melindungi dari garis halus dan kerutan tersebut. Disinilah para perempuan mulai tercetus untuk menggunakan eye cream.

Meskipun begitu, mungkin beberapa dari kalian masih bertanya-tanya akan pentingnya eye cream. Produk skincare khusus area mata ini relatif lebih mahal dibandingkan produk lainnya dengan formulasi yang terkadang mirip dengan moisturiser.

Pemikiran seperti itu menimbulkan keraguan dalam memakainya, apakah eye cream wajib dipakai? Apakah ada alternatif lain selain menggunakan eye cream? Baca penjelasan yang dilansir dari berbagai sumber di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

 

Masalah apa yang dialami kulit daerah mata?

Masalah area mata.
Masalah pada area mata. Foto: freepik.com

Karena kulit sekitar mata lebih tipis, yaitu berketebalan sekitar 0.2 mm, maka biasanya, area periorbital ini lebih sensitif, mudah dehidrasi karena jumlah kelenjar sebaceous sedikit, rentan akan puffiness, milia, serta penuaan dini.

 

Kapan harus merawat area periorbital?

Merawat area mata sejak remaja.
Merawat area mata sejak remaja. Foto: freepik.com

Tidak ada patokan khusus kapan seseorang harus merawat area mata, tapi remaja hingga dewasa tidak masalah untuk mulai melakukannya. Produk skincare tidak bekerja secara instan. Walaupun menggunakan eye cream, ia akan membantu memperlambat dan mengurangi masalah pada kulit daerah mata dengan pemakaian rutin dan konsisten.

 

Bisakah menggunakan face cream sebagai alternatif eye cream?

Moisturiser yang aman sebagai pengganti eye cream.
Moisturiser yang aman sebagai pengganti eye cream. Foto: freepik.com

Ketahanan area periorbital setiap orang berbeda-beda. Biasanya, eye cream memiliki formulasi yang kurang lebih mirip dengan face cream, hanya saja jumlah active ingredients dalam eye cream lebih sedikit dan lebih fokus untuk hidrasi. 

Jika kulit sekitar mata kamu bisa menerima face cream atau moisturiser yang kamu gunakan, maka aplikasi produk eye cream tidak harus kamu lakukan. Namun, pastikan face cream atau moisturizer tersebut tidak mengandung active ingredients untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti iritasi, alergi, atau milia. 

Pilihlah moisturiser yang tidak mengandung essential oil, parfum, AHA/BHA, vitamin C, retinol, avobenzone, dan oxybenzone. Moisturiser yang gentle di kulit, dengan tekstur lightweight gel serta fokus untuk menghidrasi, soothing, calming, dan hyporallergenic lebih baik untuk digunakan. 

Untuk kamu yang saat ini masih bingung untuk memilih produk eye cream apa yang tepat, bisa mengintip beberapa rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau di sini.

 

Jadi, apa perlu menggunakan eye cream?

Eye cream yang perlu digunakan.
Penggunaan eye cream yang disesuaikan dengan kebutuhan. Foto: freepik.com

Tidak selalu, sesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhanmu. Eye cream memang mempunyai formulasi yang tepat karena secara spesifik diracik untuk melembabkan, mengatasi permasalahan di daerah sekitar mata, termasuk kerutan dan garis halus serta milia. 

Moisturiser yang aman di kulit sensitif, fokus untuk melembabkan dan melindungi kulit juga bisa menjadi alternatif yang cukup untuk merawat area periorbital tersebut. Bagaimanapun, terdapat beberapa hal yang eye cream lebih ampuh untuk menangkalnya dibandingkan penggunaan moisturizer biasa.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id