sign up SIGN UP

SKINCARE

Filler vs Botox, Apa Sih Bedanya?

Ayuliy Lestari | Minggu, 11 Jul 2021 14:00 WIB
Filler vs Botox, Apa Sih Bedanya?
caption

Sering menjadi pilihan untuk memperbaiki penampilan, ternyata filler dan botox bukan prosedur medis yang sama, Beauties. Keduanya memiliki fungsi serta manfaat yang berbeda.

Namun jika dilihat dari ketertarikan para beauty enthusiast, berdasarkan data kesehatan yang dipublikasikan oleh American Society of Plastic Surgeons, kedua perawatan tersebut sama-sama menjadi pilihan paling populer sejak 2015.

Jika kamu tertarik menggunakan prosedur medis tersebut, ketahui dulu apa saja perbedaannya agar tahu perawatan kecantikan mana yang lebih kamu butuhkan.

Apa Saja Sih Manfaat Filler dan Botox?

Beda filler dan botox
Beda filler dan botox/Foto: Freepik.com/Orion_production

Sekilas keduanya memang terlihat mirip karena sama-sama diberikan melalui suntikan. Namun ternyata, filler dan botox memiliki manfaat yang berbeda.

Suntik filler lebih difungsikan untuk mengisi jaringan lunak yang ada di bawah permukaan kulit agar menambah volume pada bagian wajah tertentu. Biasanya filler digunakan untuk menambah volume pada pipi, bibir dan sekitar mulut yang menipis akibat penuaan.

Sedangkan botox, cara kerjanya adalah menghambat sinyal saraf di dalam otot agar permukaan kulit menjadi lebih halus dan kencang. Pada umumnya botox digunakan untuk mengatasi kerutan.

Berapa Lama Filler dan Botox Bertahan pada Tubuh?

Beda filler dan botox
Beda filler dan botox/Foto: Freepik.com/Kiprovich

Ketahanan filler tergantung pada bahan yang digunakan, namun pada umumnya memiliki hasil yang lebih lama dibanding dengan botox. Bahkan filler bisa bertahan mulai dari 4 bulan hingga 2 tahun. Sedangkan botox hanya bertahan selama 3 hingga 4 bulan setelah perawatan. Jadi nantinya, kamu harus melakukan suntikan ulang sesuai anjuran dokter.

Apa Saja Efek Samping yang Ditimbulkan?

Beda filler dan botox
Beda filler dan botox/Foto: Freepik.com/Jenoche

Dikutip dari Medical News Today, baik filler maupun botox sama-sama memiliki risiko yang cukup tinggi. Filler dapat menimbulkan ruam kulit, gatal, atau erupsi seperti jerawat, kemerahan, memar, bengkak, benjolan, kerusakan kulit yang menyebabkan luka, hingga kematian sel-sel kulit karena hilangnya aliran darah ke daerah tersebut.

Sedangkan botox, bisa menimbulkan dampak seperti kelopak mata atau alis terkulai jika disuntikkan di dekat mata, kelemahan atau kelumpuhan otot-otot di dekatnya, ruam atau gatal, nyeri, memar, bengkak, sakit kepala dan mati rasa.

Efek di atas bisa diminimalisir oleh dokter, terutama jika kamu memilih tempat perawatan yang tepat dengan dokter yang sudah memiliki lisensi dan berpengalaman. So, jangan mudah tergiur harga murah saat kamu akan melakukan filler dan botox ya, Beauties!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id