sign up SIGN UP

SKINCARE

Gak Melulu Skincare, Kebiasaan ini Bisa Jadi Penyebab Jerawat Parah

Fafa | Sabtu, 20 Jun 2020 09:43 WIB
Gak Melulu Skincare, Kebiasaan ini Bisa Jadi Penyebab Jerawat Parah
caption

Pada dasarnya, jerawat merupakan hasil dari reaksi tubuh atas partikel sebum bercampur bakteri yang menyumbat pori-pori kulit sehingga menimbulkan inflamasi atau pembengkakan. Jerawat bukanlah penyakit kulit yang serius, bisa muncul dan hilang dengan sendirinya. Tapi, jumlahnya yang terkadang sangat banyak membuat siapapun risih dan tidak percaya diri.

Biasanya, kita sering mengaitkan jerawat parah membarah  ini disebabkan oleh pemilihan skincare yang kurang sesuai dengan jenis kulit. Namun,  percayalah, enggak melulu skincare yang bikin wajah breakout. Beberapa faktor di bawah ini wajib kamu hindari agar jerawat parah cepat teratasi.

Pola Makan Buruk

wanita sedang makan sepotong pizza
women eating/pexels.com/id-id/@olly

Tentu saja pola makan sangat berpengaruh terhadap kecantikan kulit. Asal makan bisa menyebabkan alergi, jerawat, bahkan penyakit kronis seperti diabetes dan kanker lho. Maka dari itu, mulailah menyusun pola makan yang baik dan seimbang.


Perbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Hindari makanan berminyak, junk food, terlalu manis dan susu yang berlebihan.

Alergi Makeup

kandungan makeup yang bisa menyebabkan jerawat
makeup/pexels.com/id-id/@freecreativestuff

Tampil cantik menggunakan makeup tentu boleh. Namun, hati-hati dalam memilih formula produk makeup yang akan kamu gunakan. Terutama bagi Ladies yang enggak bisa lepas dari produk foundation.

Sebab, partikel foundation sangat berpotensi besar menyumbat pori-pori kulit yang menimbulkan komedo sampai jerawat. Pilih produk makeup non comedogenic dan berbahan natural yang light weight untuk kulit. Jangan lupa selalu cek tanggal kedaluwarsa ya.

Rambut Kotor

rambut kotor yang bisa menyebabkan jerawat di wajah
ilustrasi rambut kotor/pexels.com/id-id/@element5

Jangan sepelekan rambut kotor, sebab, rambut juga menghasilkan minyak bercampur bakteri. Saat kamu tidur atau tidak menguncir rambut, bisa saja minyak menempel di permukaan kulit wajah, menyumbat pori dan bisa menimbulkan jerawat.

Malas Membersihkan Wajah

Keasyikan main laptop dan malas membersihkan wajah bisa menyebabkan jerawat
wanita di depan laptop/pexels.com/id-id/@olly

Setiap hari, wajah menggunakan makeup, terpapar polusi, debu, dan kotoran Ladies. Ditambah produksi minyak alami wajah bercampur partikel tersebut akan mudah mengundang bakteri, sehingga kulit rentan berjerawat.

Maka dari itu, malas mencuci wajah sama saja dengan mengundang jerawat berpesta di permukaan kulitmu. Jadi, mencuci wajah menggunakan face wash adalah ritual penting yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Hormon

wanita di tepi kota yang sedang melamun
wanita di tepi kota/pexels.com/id-id/@freestocks

Hormon yang tidak seimbang juga bisa menimbulkan jerawat. Biasanya terjadi ketika masa pubertas, menstruasi, dan tubuh menderita obesitas. Jerawat yang timbul karena hormone akan muncul dan menyebar di area dagu.

Stress

wanita yang terlalu sibuk bekerja bisa bikin stress dan mengundang jerawat timbul di wajah
wanita bekerja/www.pexels.com/id-id/@startup-stock-photos

Stress memang bagian dari dinamika kehidupan manusia Ladies. Hampir seluruh penduduk dunia mengalaminya. Tapi, stress berlebih sangat berpengaruh terhadap kesehatanmu bahkan bisa menimbulkan jerawat. Maka dari itu, perlu management stress yang baik. Caranya, hempaskan energy negative yang ada disekitarmu, seperti kicauan tetangga yang terus bertanya kapan menikah, dan sebagainya.

Segera realisasikan plan di kepala, jangan biasakan menunda pekerjaan. Jika terlalu lelah, sudah saatnya menyusun jadwal untuk piknik atau bertamasya bersama keluarga.

Formula Pasta Gigi

pasta gigi yang menciprat di kulit wajah bisa menimbulkan jerawat
pasta gigi/pexels.com/id-id/@eye4dtail

Ternyata, kandungan sodium lauryl sulfate dalam pasta gigi bisa menimbulkan jerawat dan iritasi lho Ladies. Hati-hati ya, jangan sampai pasta gigimu terciprat pada permukaan kulit, terutama kulit sensitiv.

Perubahan Iklim dan Cuaca

musim kemarau disuatu tempat
musim kemarau/pexels.com/id-id/@pixabay

Perubahan iklim dan cuaca juga berpengaruh terhadap kondisi kulit. Maka, jangan heran jika jerawat tiba-tiba nongol di wajah saat kamu sedang melakukan perjalanan ke daerah lain yang memiliki suhu dan cuaca yang berbeda.

Menyentuh Wajah dengan Tangan

ilustrasi wanita yang sering menyentuh jerawat di wajah pakai tangan
wanita menyentuh jerawat/freepik.com/

Tangan bisa menjadi sarang bakteri penyebab jerawat. Maka, jangan sembarangan menyentuh wajah dengan tangan apalagi memencet jerawat karena gemas Ladies. Bisa-bisa, jerawat makin parah.

Air Kurang Bersih

mencuci tangan menggunakan air
mencuci tangan/pexels.com/@burst

Air juga bisa menjadi penyebab jerawat yang tak kunjung sembuh. Kandungan air yang tidak bersih bisa meninggalkan kuman dan bakteri di wajah, menyebabkan wajah iritasi dan berjerawat Ladies.

Ponsel atau Smart Phone

wanita duduk di samping jendela sedang bermain cellphone
wanita bermain smarthphone/pexels.com/@olly

Ponsel memang menjadi barang wajib yang harus dibawa kemanapun pemiliknya pergi. Oleh karenanya, kita biasanya meletakkan ponsel  di banyak tempat yang kemungkinan penuh bakteri dan kuman. Maka dari itu, jangan sembarangan menempelkan ponsel pada wajah ya Ladies.

Nah, Ladies sudah saatnya merubah kebiasaan buruk agar hidup lebih sehat bebas dari penyakit termasuk jerawat. Semoga bermanfaat ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id