sign up SIGN UP

SKINCARE

Hal-hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sunscreen

Retno Wulandari | Sabtu, 04 Jul 2020 10:13 WIB
Hal-hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sunscreen
caption

Kehadiran sunscreen dalam rangkaian skincare memang sangat penting, Ladies. Oleh sebab itu beberapa brand lokal hingga high end memproduksi sunscreen yang tentu saja memiliki keunggulannya masing-masing.

Banyaknya sunscreen yang beredar di pasaran tentu saja membuat kita kebingungan untuk memilih produk yang cocok dan tentu saja aman untuk kulit kita. Nah, berikut 7 hal penting yang perlu diperhatikan ketika memilih sunscreen yang cocok untuk kulit!

1. Perhatikan Jenis Kulit

Hal Penting Memilih Sunscreen
Perhatikan Jenis Kulit/Freepik.com

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering, pilihlah sunscreen yang juga berfungsi sebagai pelembap untuk membantu melembapkan kulit wajah kamu. Sebagai tipsnya, kamu bisa memilih produk sunscreen yang memiliki tekstur berupa krim, lotion, atau salep.


2. Perhatikan Label Broad Spectrum

Hal Penting Memilih Sunscreen
Perhatikan Label Broad Spectrum/journal.sociolla.com/

Data dari American Cancer Society menunjukkan hanya produk yang lulus uji laboratorium yang memiliki label Broad Spectrum. Di mana label Broad Spectrum ini selain melindungi dari sinar matahari juga mampu memberikan perlindungan dari kanker kulit dan penuaan dini.

Oleh sebab itu, ketika kamu memilih sunscreen jangan lupa untuk memerhatikan label Broad Spectrum pada kemasan sunscreen. Jika tidak ada tulisan mengenai label Broad Spectrum, kamu bisa memilih produk sunscreen yang mengandung PA yang merupakan satuan perlindungan dari UVA di Jepang.

3. SPF dan PA+++

Hal Penting Memilih Sunscreen
SPF dan PA+++/Freepik.com

Kandungan SPF (Sun Protector Factor) pada sunscreen inilah yang akan bekerja untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, Ladies. Setiap produk sunscreen menawarkan SPF yang berbeda-beda, seperti SPF 15 yang akan menyaring sekitar 93% sinar UVB, SPF 30 bisa menyaring sekitar 97% sinar UVB, SPF 50 menyaring sekitar 98% sinar UVB, dan SPF 100 dapat menyaring sekitar 99% sinar UVB.

Selain memerhatikan SPF, kamu juga perlu memerhatikan hadirnya PA+++ untuk melindungi kulit wajah dari munculnya tanda-tanda penuaan dini akibat efek buruk sinar matahari.

4. Hindari Bahan Pengawet dan Pewangi

Hal Penting Memilih Sunscreen
Hindari Bahan Pengawet/Freepik.com

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya menghindari produk sunscreen yang mengandung bahan pengawet dan pewangi ya, Ladies. Selain itu, kamu juga perlu menghindari produk sunscreen yang mengandung PABA atau oxybenzone. Sebagai solusinya carilah produk sunscreen yang mengandung asam salisilat karena zat ini akan mengurangi minyak yang dihasilkan kulit selama terkena paparan sinar matahari.

5. Pilih Produk Alami

Hal Penting Memilih Sunscreen
Produk Alami/Freepik.com

Agar kulit wajah benar-benar aman, memilih produk yang menggunakan bahan alami sangatlah dianjurkan, Ladies. Saat ini sudah banyak produk sunscreen yang menggunakan bahan alami yang aman untuk kulit seperti milk to water yang teksturnya sangat ringan dan mudah meresap di kulit.

6. Water and Sweat Resistance

Hal Penting Memilih Sunscreen
Water and Sweat Resistance/Freepik.com

Beraktivitas di luar ruangan ditambah cuaca yang panas memang dapat menimbulkan keringat yang tidak bisa dihindari. Nah, sebagai solusinya pilihlah produk sunscreen dengan label water and sweat resistance agar sunscreen tersebut lebih tahan lama.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id