sign up SIGN UP

SKINCARE

Hati-Hati! Ini 5 Efek Berbahaya Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah

Lifia Mawaddah Putri | Minggu, 03 Jan 2021 10:00 WIB
Hati-Hati! Ini 5 Efek Berbahaya Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah
caption
Jakarta -

Terkadang saat sedang merasa malas, kebanyakan wanita memilih untuk membersihkan wajah menggunakan tisu basah. Sebab, cara ini dinilai instan serta mampu membersihkan wajah secara optimal. Padahal ternyata, membersihkan wajah dengan tisu basah enggak baik untuk kulit wajahmu lho! Yuk simak 5 efek buruk yang bisa kamu alami jika membersihkan wajah dengan tisu basah.

Kulit Mudah Kering

 

kandungan alkohol tersebut dapat membuat kelembaban kulit menurun drastis dan membuatnya cenderung sensitif.
Kulit Kering/freepik.com

Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa tisu basah mengandung alkohol yang tinggi. Namun, masih saja ada yang menggunakannya untuk membersihkan wajah. Padahal, melakukan hal ini bisa bikin wajahmu kering lho!

Hal ini dikarenakan kandungan alkohol tersebut dapat membuat kelembaban kulit menurun drastis dan membuatnya cenderung sensitif. Selain itu, kondisi ini juga bisa memicu terjadinya iritasi pada kulit.

Kulit Mudah Keriput

Nah, seperti yang disampaikan sebelumnya, membersihkan wajah dengan tisu basah dapat mengakibatkan wajah kering. Ternyata saat kulit menjadi kering, sebenarnya kondisi ini akan membuat kulit lama-lama akan keriput. Hal ini disebabkan karena kelembaban terkikis habis saat menggunakan tisu basah terus menerus. Jadi sebaiknya, mulailah untuk menghindari tisu basah jika ingin membersihkan wajahmu.

Mudah Munimbulkan Jerawat

jika kamu membersihkan wajah dengan tisu basah, ini juga bisa mengakibatkan penumpukan kotoran.
Jerawat/freepik.com

Mungkin kamu merasa membersihkan wajah dengan tisu basah mampu mengangkat seluruh kotoran di wajahmu. Tapi faktanya, tisu basah tak mampu membersihkan wajah secara optimal. Nah, oleh karena itu jika kamu membersihkan wajah dengan tisu basah, ini juga bisa mengakibatkan penumpukan kotoran. Akhirnya, kondisi tersebut pun menyebabkan timbulnya jerawat.

Kantung Mata Kendur

Area mata merupakan daerah yang sensitif. Jadi, saat kamu menghapus makeup dengan tisu basah, hal ini akan membuat kantung matamu mengendur. Sebab biasanya tisu basah tak mampu mengangkat makeup di area mata dalam sekali usap. Sehingga, kamu perlu menggosoknya berulang kali agar makeup tersebut benar-benar bersih. Nah, kalau kamu terus menerus menggosok area mata, hal ini akan membuat kantung matamu lama kelamaan mengendur.

Menyebabkan Alergi

jika kamu membersihkan wajah dengan tisu basah, ini juga bisa mengakibatkan penumpukan kotoran.
Alergi/pinterest.com

Terakhir, membersihkan wajah menggunakan tisu basah juga bisa menyebabkan alergi pada wajahmu. Sebab, wewangian yang terkandung dalam tisu basah memang enggak semuanya aman dan ramah bagi kulit. Terlebih lagi jika kamu memiliki tipe kulit yang sensitif. Daripada menggunakan tisu basah, lebih baik bersihkanlah wajahmu menggunakan micellar water.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id