sign up SIGN UP

SKINCARE

Hati-hati, Jangan Pakai Masker Madu Setiap Hari untuk Wajah!

Siti Annisa | Senin, 17 Dec 2018 06:30 WIB
Hati-hati, Jangan Pakai Masker Madu Setiap Hari untuk Wajah!
caption
Selain rasanya yang manis dan menguatkan stamina di kala harus menempuh perjalanan jauh, madu ternyata juga berkhasiat banyak, lho. Terlebih, madu juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan ampuh membasmi jerawat serta bekasnya! Enggak percaya? Yaudah yuk, kita coba ikuti dulu beberapa cara membuat masker madu di bawah ini!

1. Manfaat Madu untuk Kesehatan Kulit Wajah


Foto: https://www.beautyepic.com

Menurut ahli kecantikan, Kim Wallace, seperti yang dilansir dari Sheknows.com madu mentah itu memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kulit wajah, karena sifatnya sebagai antibakteri dan antioksidan yang cukup berporsi besar untuk kesehatan kulit. Selain itu, madu juga memiliki beberapa sifat utama yang dapat melindungi kulit, seperti menjaga kulit dari timbulnya jerawat, menunda munculnya penuaan dini, melembapkan dan menenangkan kulit sehingga bisa menimbulkan efek glowing pada kulit wajah, serta  menjauhkan kulit wajah dari tersumbatnya pori-pori. Nah, dapat disimpulkan, bahwa madu berfungsi untuk membuat kulit lebih sehat, lembap, tampak lebih muda, dan bercahaya!


2. Masker Madu untuk Jerawat dan Bekasnya


Foto: https://stylesatlife.com

Karena sifatnya yang antibakteri dan antiseptik, serta antiradang yang dapat mengobati peradangan dan kemerahan akibat jerawat yang membandel, madu tentunya memiliki khasiat yang sangat baik untuk mencegah timbulnya jerawat, maupun merawat kulit wajah yang sudah terlanjur memunculkan jerawat. Karena fungsinya yang juga dapat mengobati kemerahan, pastinya madu juga mampu mengobati bekas luka, jadikan masker madu untuk jerawat dan bekasnya.

Tak cuma itu, madu juga ternyata mampu mempercepat pemulihan pembuluh darah di bagian kulit yang kerap terjadi luka atau lapisan kulit yang mengalami kerusakan. Nah, karena kemampuannya yang cukup banyak itulah, madu dianggap sangat bisa menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.


3. Cara Buat Masker Madu dan Lemon


Foto: https://appreciategoods.com

Untuk cara pertama membuat masker madu yang bisa kamu aplikasikan pada wajah, adalah dengan mengombinasikannya dengan lemon. Nah, caranya mudah banget nih, Beautynesian! Cukup dengan bersihkan wajah menggunakan air bersih secara lembut dan keringkan dengan menepuk-nepuk wajah menggunakan handuk. Lalu, peras 1 buah lemon dan tambahkan 2 sendoh teh madu tanpa rasa, aduk rata kedua bahan utama tersebut.

Jika masker sudah selesai dibuat, aplikasikan pada seluruh wajah, terutama di bagian yang banyak jerawat dan bekas jerawatnya, diamkan sekitar 20-25 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat dan biarkan kering selama beberapa menit. Lakukan perawatan ini setiap dua minggu sekali, selama sebulan untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang membandel!


4. Cara Membuat Masker Madu dengan Gula Pasir dan Gula Merah


Foto: https://modestyplusglamour.files.wordpress.com

Jika kulitmu terlalu sensitif, gunakan kombinasi yang mantap dengan mencampur dua bahan utama, yaitu madu, gula pasir, dan gula merah. Caranya, campur gula pasir dan gula merah dengan perbandingan jumlah yang sama. Kemudian, campur kedua bahan itu dengan madu dan aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan masker madu tersebut secara merata pada wajah.

Gosok perlahan di bagian wajah tempat jerawat dan bekas jerawat bersemayam, selama sekitar 4-5 menit dengan gerakan memutar. Jika sudah, bersihkan sisa masker di wajah dengan air hangat dan rutinlah mengulangi proses yang sama untuk mencegah timbulnya jerawat.


5. Cara Buat Masker Madu dan Kayu Manis


Foto: https://htv.com.pk

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan pertumbuhan jerawat di wajahmu, kamu bisa menggunakan masker perpaduan antara madu dengan kayu manis. Caranya, campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh kayu manis bubuk dan aduk hingga merata dan bertekstur pasta.

Setelah itu, oleskan pada seluruh wajah, terutama di bagian tempat tinggal jerawat dan diamkan selama 15-20 menit. Sesudah itu, bersihkan sisa masker dengan menggunakan air bersih dan lakukan secara teratur 2 kali dalam seminggu.

Banyak wanita yang justru menggunakan madu sebagai masker setiap hari. Padahal manfaat masker madu setiap hari justru membuat kulit semakin mengering dan menghilangkan kelembapan alami wajah. cara ini hanya akan membuat kulit kian mengering karena terlalu lama terkena udara yang bercampur dengan masker. So, cukup pakai secara teratur dua kali dalam seminggu. Voila! Bersiaplah mendapatkan kulit cerah dan bercahaya bebas jerawat dengan masker madu!


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id