sign up SIGN UP

Ini Dia 4 Cara Tepat Ratakan Tekstur Wajah, Selamat Datang Kulit Mulus!

Ersa Monica | Minggu, 14 Nov 2021 13:30 WIB
Ini Dia 4 Cara Tepat Ratakan Tekstur Wajah, Selamat Datang Kulit Mulus!
caption
Jakarta -

Tekstur wajah yang tidak merata umumnya disebabkan karena penumpukan sel kulit mati yang berlebihan di permukaan kulit. Penumpukan sel kulit mati yang berlebihan ini mengakibatkan pori-pori tersumbat sehingga muncul tekstur, komedo, dan kemerahan pada wajah.

Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap tidak meratanya tekstur wajah. Polusi dan paparan sinar matahari dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan kulit untuk memproduksi kolagen yang kegunaannya menjaga kulit tetap halus dan awet muda.

Memiliki kulit wajah dengan tekstur yang tidak rata memang kerap mengganggu penampilan. Pastinya kita tidak bisa membiarkan begitu saja agar dapat tampil lebih percaya diri. Berikut ini empat cara yang bisa dilakukan untuk meratakan tekstur wajah. Kita simak, yuk!

1. Eksfoliasi Seperlunya

Menggunakan Skincare/Foto: freepik.com/senivpetro
Menggunakan Skincare/Foto: freepik.com/senivpetro

Sel-sel kulit mati penyebab tekstur kulit tidak merata perlu dibersihkan menggunakan exfoliant setidaknya satu minggu sekali. Perlu dicatat, kita tidak boleh terlalu sering melakukan eksfoliasi karena dapat menyebabkan rusaknya skin barrier.

Memilih skincare untuk eksfoliasi dapat dikatakan cukup tricky. Kita perlu menemukan exfoliant yang tidak terlalu keras pada kulit. Exfoliant yang abrasif akan menyebabkan produksi minyak berlebih. Setelah melakukan eksfoliasi jangan lupa gunakan pelembap agar kulit tetap terhidrasi, ya, Beauties!

2. Rutin Pakai Suncreen

Rutin Pakai Sunscreen/Foto: freepik.com/lookstudio
Rutin Pakai Sunscreen/Foto: freepik.com/lookstudio

Kerusakan kulit akibat terpapar sinar matahari bisa dicegah menggunakan sunscreen. Skincare yang satu ini nggak boleh diskip karena mengandung Sun Protection Factor (SPF) yang dapat melindungi kulit dari sinar Ultraviolet (UV).

Sunscreen dengan SPF 30 sangat direkomendasikan untuk kegiatan sehari-hari. Namun, jika kita menghabiskan banyak waktu di luar ruangan sebaiknya menggunakan sunscreen dengan SPF 50 atau lebih.

3. Pilih Skincare dengan Kandungan Vitamin C

Skincare dengan Kandungan Vitamin C/Foto: freepik.com/freepik
Skincare dengan Kandungan Vitamin C/Foto: freepik.com/freepik

Yup, vitamin C sangat bermanfaat bagi kulit. Skincare dengan kandungan vitamin C dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan tekstur kulit tidak merata. Bukan hanya itu, vitamin C dapat mencerahkan kulit. Jadi, warna kulit wajah yang tidak merata juga dapat teratasi. Vitamin C juga mengandung gliserin yang bermanfaat untuk mempertahankan kelembapan.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Minum Air Putih yang Cukup/Foto: freepik.com/Racool_studio
Minum Air Putih yang Cukupfreepik.com/Racool_studio

Tahukah kamu bahwa air putih punya khasiat untuk kecantikan? Air putih dapat membantu tubuh mengeluarkan racun penyebab kulit kering, iritasi, dan pori-pori tersumbat. Dengan minum air putih yang cukup, kelembapan kulit akan selalu terjaga. Minumlah air putih sebanyak delapan gelas setiap hari untuk rasakan manfaatnya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id