sign up SIGN UP

Makeup Flawless di Wajah Beruntusan, Emang Bisa? 4 Cara Ini Bisa Bikin Complexion Makeup Auto Flawless!

Ni Made Dwi Agustina | Kamis, 11 Nov 2021 10:00 WIB
Makeup Flawless di Wajah Beruntusan, Emang Bisa? 4 Cara Ini Bisa Bikin Complexion Makeup Auto Flawless!
caption
Jakarta -

Tampilan makeup yang sempurna dapat meningkatkan kepercayaan diri. Makeup yang sempurna dapat dilihat seperti wajah yang mulus dan cerah, pori-pori yang tersamarkan, tidak berminyak, dan masih banyak lagi. Ada banyak faktor yang dapat membuat makeup menjadi sempurna yaitu pemilihan makeup yang tepat dan kondisi wajah yang bersih.

Salah satu kunci pada makeup sempurna terletak pada complexion makeup. Complexion makeup sebagai makeup dasar yang berfungsi untuk menutupi kekurangan pada wajah, misalnya beruntusan.

Akan tetapi yang perlu diperhatikan bagi wajah beruntusan, penggunaan complexion makeup tidak bisa sembarangan. Hal ini bertujuan agar beruntusan tidak semakin parah. Lalu, bagaimana solusinya? Dihimpun dari Womens Health Mag berikut ulasannya.

Pastikan Kebersihan Tangan

Tips complexion makeup yang bagus dengan menjaga kebersihan
Tips complexion makeup yang bagus dengan menjaga kebersihan/ sumber: freepik.com/ gpointstudio

Hal utama yang harus kamu lakukan ketika hendak merias wajah adalah menjaga kebersihan tangan. Terlebih lagi, jika wajah kamu sedang bermasalah jangan sesekali menyentuh wajah dengan keadaan tangan yang kotor. Hal ini dikarenakan dapat memicu permasalahan baru pada wajah. Pastikan kamu telah membersihkan tangan dengan baik dan benar, kemudian kamu bisa mulai merias wajah.

Hindari Memencet Jerawat

Hindari memencet jerawat untuk hasil complexion makeup yang bagus
Hindari memencet jerawat untuk hasil complexion makeup yang bagus/ sumber: freepik.com/ gpointstudio

Perlu diperhatikan bahwa makeup tidak bisa menutup tekstur kulit yang sebenarnya, makeup hanya membantu meratakan warna kulit. Biasanya, saat sedang beruntusan atau berjerawatan, tangan rasanya ‘gatal’ ingin memencetnya agar beruntusan atau jerawat tersebut dapat hilang dan makeup akan terlihat sempurna.

Namun, pernyataan ini justru keliru karena mampu membuat wajah mengalami infeksi, sehingga dapat memicu permasalahan baru pada wajah serta hasil complexion makeup yang tidak bagus. Jika kamu merasa tidak nyaman dengan beruntusan atau jerawat saat ingin menggunakan makeup, kamu bisa menutupnya dengan menggunakan acne patch yang tipis.

Perhatikan Kandungan Complexion Makeup

Complexion makeup untuk wajah beruntusan
Complexion makeup untuk wajah beruntusan/ sumber: freepik.com/ master1305

Saat ini sudah banyak produk-produk kosmetik yang diformulasikan khusus untuk acne skin. Tentu hal tersebut dapat melegakan bagi pemilik wajah yang rentan beruntusan. Adapun kandungan complexion makeup untuk kulit berjerawat yang bisa kamu gunakan seperti salicylic acid, tea tree oil dan sulfur. Kandungan-kandungan tersebut bisa menjadi rekomendasi complexion makeup untuk kulit beruntusan atau berjerawat.

Aplikasikan Secara Tipis

Aplikasikan complexion makeup secara tipis
Aplikasikan complexion makeup secara tipis/ sumber: freepik.com/ benzoix

Hindari mengaplikasikan complexion makeup dengan tebal pada wajah. Sebab, complexion makeup yang terlalu tebal dapat membuat tampilan makeup justru menjadi cakey atau dempul. Makeup yang dempul atau cakey ini menyebabkan wajah menjadi terlihat kusam.

Untuk menutupi beruntusan atau jerawat tidak mesti menggunakan complexion makeup hingga berlapis-lapis. Cukup aplikasikan complexion makeup secara tipis dan merata pada wajah dengan medium to full coverage. Penggunaan complexion makeup secara tipis ini akan membuat tampilan makeup lebih terlihat flawless.

Beauties, itulah cara agar complexion makeup kamu terlihat bagus, khususnya untuk wajah yang beruntusan. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id