sign up SIGN UP

Inilah 5 Fakta Skincare dengan Kandungan Emas! Yay or Nay Untuk Kulit?

Izzul Millati Umami | Rabu, 06 Jan 2021 20:00 WIB
Inilah 5 Fakta Skincare dengan Kandungan Emas! Yay or Nay Untuk Kulit?
caption
Jakarta -

Di dunia kecantikan modern skincare nggak lagi terbuat dari bahan-bahan yang umum digunakan aja. Beberapa bahan dengan kandungan yang lumayan "berbeda" digunakan untuk membuat skincare. Salah satunya adalah penggunaan emas.

Penggunaan emas untuk bahan skincare ini tentu membuat harga suatu produk naik berkali kali lipat. Wah, sebenarnya apakah skincare berbahan emas memang memiliki manfaat yang bagus untuk kulit? Kenali dulu manfaatnya berikut ini, yuk. 

Menembus kulit

menembus kulit
menembus kulit/sumber:usage

Skincare dengan kandungan emas dipercaya bisa masuk jauh hingga ke dalam kulit. Partikel emas menjadi semacam "Carrier" yang dapat membawa kandungan di luar masuk ke dalam kulit, loh. Misalkan saja, ketika kamu aplikasi skincare dengan kandungan vitamin C dan emas, maka unsur emas ini akan membantu vitamin C masuk ke dalam tubuh sehingga manfaat skincare untuk kulitnya akan lebih terasa.

Sudah digunakan sejak zaman dulu

mesir
mesir/sumber:unsplash.com

Pada masanya, Ratu Cleopatra menggunakan masker emas untuk menjaga kecantikan kulitnya. Selain itu, warga Mesir sendiri kerap menggunakan emas untuk terapi pengobatan, baik itu untuk obat luar maupun penyakit mental. Bubuk emas digunakan oleh masyarakat Eropa untuk mengatasi tungkai yang sakit, loh. 

Cleanser dengan kandungan emas adalah gimmick

emas
emas/sumber:unsplash.com

Faktanya, cleanser dengan kandungan emas merupakan gimmick saja. Pada dasarnya, kandungan emas akan luntur saat membilas wajah. Skincare dengan kandungan emas selain cleanser sih masih masuk akal, kok. Namun, kalau aplikasinya membutuhkan bilasan semacam cleanser atau facial wash, bisa dipastikan cuman gimmick semata. 

Masih jadi perdebatan

Skincare dengan kandungan emas ternyata masih menuai perdebatan di kalangan banyak peneliti. Sebuah studi bahkan menunjukkan kalau emas bisa membuat wajah terlihat makin keriput daripada sebelumnya, loh. Pewarna yang digunakan untuk memunculkan warna emas pada skincare justru bisa mengakibatkan iritasi kulit

Harganya mahal

mahal
mahal/sumber:unsplash.com

Jelas saja, skincare dengan kandungan emas justru dibanderol dengan harga sangat mahal. Bahkan, ada yang menyentuh hingga puluhan juta rupiah untuk satu produk berukuran travel size. Tentu saja, harganya mahal sesuai dengan harga logam mulia yang beredar di pasaran saat ini. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id