sign up SIGN UP

Inilah Manfaat Hyaluronic Acid, Kandungan Skincare yang Lagi Hype

Nisrina Salsabila | Senin, 23 Nov 2020 08:30 WIB
Inilah Manfaat Hyaluronic Acid, Kandungan Skincare yang Lagi Hype
caption
Jakarta -

Hyaluronic acid (HA) atau asam hialuronat yang begitu populer di kalangan semua orang merupakan zat bening dan lengket yang terbentuk secara alami di kulit manusia. Fungsi utamanya adalah menahan air untuk melindungi dan melumasi jaringan tubuh agar tetap lembut, lentur, dan lembap.

Dermatologis menyatakan hyaluronic acid bisa berfungsi baik bila dipasangkan dengan bahan retinol, vitamin, dan asam lainnya. Satu-satunya pengecualian adalah asam dengan tingkat pH rendah seperti glycolic acid, karena dapat menurunkan kemampuan hyaluronic acid sehingga tidak efektif.

Molekulnya dalam skincare haruslah berukuran mikro agar dapat secara efektif menghidrasi lapisan kulit yang terdalam.

Sayangnya, produksi hyaluronic acid dalam tubuh akan menurun seiring bertambahnya usia. Ini membuat tanda-tanda penuaan mulai tampak, seperti dehidrasi, garis- garis halus, dan kerutan.

Tapi tenang saja, Ladies! Untuk menstimulus produksi hyaluronic acid di dalam tubuh, rutinlah mengonsumsi buah dan sayur yang kaya antioksidan dan menggunakan skincare dengan hyaluronic acid mulai usia 25 tahun ke atas. 

Produk skincare dengan kandungan hyaluronic acid antara lain, Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash, Somethinc Hyaluronic Acid Serum, L'Oreal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum, Skin Aqua UV Moisture Milk, dan COSRX Hyaluronic Acid Intensive Cream.

Setelah mengenali apa itu hyaluronic acid, yuk, Ladies, cari tahu apa saja manfaat dari hyaluronic acid seperti di bawah ini!

1. Menjaga Kelembapan Kulit

manfaat hyaluronic acid pada skincare
Hyaluronic acid mampu melembapkan kulit/Foto: Pinterest

Hyaluronic acid sangat baik bila digunakan sebagai produk perawatan kulit karena sifatnya yang mengikat air dan membuat kulit terlihat lembap dan kenyal. Oleh karena itu, bagi pemilik jenis kulit kering, pelembap yang mengandung hyaluronic acid akan sangat cocok untukmu!

Jangan salah, senyawa ini juga baik bagi kulit rentan berjerawat, loh! Ketika kulit berminyak kurang terhidrasi dengan baik, maka ia akan memproduksi minyak berlebih untuk melembapkan kulit.

Hyaluronic acid yang membantu meningkatkan keseimbangan kelembapan kulit bisa mencegah produksi minyak berlebih yang berpotensi menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

2. Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Manfaat hyaluronic acid dalam skincare
Garis halus dan kerutan/Foto: Pinterest

Kandungan ini mampu mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan. Pasalnya, proses penuaan alami dan paparan radiasi ultraviolet dari matahari, asap rokok, dan polusi dapat menurunkan jumlah hyaluronic acid pada kulit.

Lantaran sifatnya yang menahan air dalam jaringan kulit, hyaluronic acid mampu mengisi kulit dengan kelembapan sehingga mengencangkan kontur wajah untuk tampilan yang lebih muda.

Hyaluronic acid juga membantu mengurangi dan mencegah bintik-bintik penuaan dan masalah pigmentasi. Akan tetapi, untuk mengatasi masalah tersebut kamu harus menambahkannya dengan serum dan booster vitamin C.

3. Melembutkan Tekstur Kulit

manfaat hyaluronic acid pada skincare
Hyaluronic acid melembutkan kulit/Foto: Pinterest

Seperti halnya membuat tampilan kulit menjadi lebih kencang, hyaluronic acid juga mampu membuat kulitmu selembut sutera. Ketika kulit sudah terlindungi dan terhidrasi, regenerasi sel kulit dapat terjadi karena kulitmu tidak sibuk berjuang untuk menghidrasi. Hal ini menyebabkan sel-sel kulit lebih sehat, halus, dan kenyal.

4. Melembapkan Area Mata

manfaat hyaluronic acid pada skincare
Hyaluronic acid melembapkan area mata/Foto: Pinterest

Kulit di sekitar area mata adalah salah satu yang pertama menunjukkan garis-garis halus dan kerutan. Menggunakan krim mata, apalagi yang mengandung hyaluronic acid dua kali sehari akan membantu menjaga kulit tetap kenyal dan terhidrasi, serta mencegah terbentuknya garis-garis baru.

5. Merawat Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

manfaat hyaluronic acid pada skincare
Hyaluronic acid merawat kulit yang terkena sunburn/Foto: Pinterest

Paparan sinar matahari berlebih dapat merusak jaringan kulit, mempercepat penuaan dini serta meningkatkan risiko kanker kulit. Pelembab dengan kandungan hyaluronic acid adalah solusinya.

Hyaluronic acid membantu menyembuhkan luka lebih cepat dengan memberi sinyal pada tubuh untuk membangun lebih banyak pembuluh darah di area yang rusak.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id