sign up SIGN UP

SKINCARE

Jangan Asal Pilih! Ini 5 Hal Perlu Kamu Perhatikan Saat Membeli Cleansing Balm

Dian Purnamasari | Minggu, 21 Feb 2021 16:00 WIB
Jangan Asal Pilih! Ini 5 Hal Perlu Kamu Perhatikan Saat Membeli Cleansing Balm
Foto: Cleansing Balm/banilausacom

Bicara tentang cleansing balm, produk satu ini sekarang sudah masuk ke dalam rangkaian skincare rutin para wanita. Cleansing balm digunakan untuk membersihkan riasan wajah secara menyeluruh, selain itu cleansing balm juga tidak membuat kulit menjadi kering, dapat mengembalikan kelembapan kulit dan tidak membuat iritasi.

Karena beragam kelebihannya itulah, banyak yang mulai beralih memilih cleansing balm sebagai produk pembersih wajah. Tapi jangan asal pilih, kamu harus memilih cleansing balm yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih cleansing balm.

1. Pilih Cleansing Balm yang Aman Tanpa Zat Aditif

bebas zat aditif
Source: pexels.com

Kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu bahan yang terdapat dalam cleansing balm. Karena cleansing balm juga dikenal sebagai pembersih all in one, yang dapat membersihkan area mata dan bibir yang juga dikenal sebagai area yang sensitif.

Carilah produk yang mengandung bahan-bahan alami seperti ekstrak tumbuhan atau ekstrak bunga. Selain itu, kamu juga bisa memilih cleansing balm yang diperkaya dengan kandungan antioksidan, yang dapat memberikan nutrisi sekaligus merawat kulit dari efek buruk radikal bebas. Dengan perpaduan kandungan tersebut, cleansing balm tidak hanya dapat membersihkan wajahmu tapi juga melembapkan dan menutrisi wajah.

2. Mengandung Surfaktan

surfaktan
Source: pexels.com

Banyak cleansing balm yang memiliki kandungan minyak baik, tapi tidak memiliki bahan pembersih yang sesungguhnya. Bahan pembersih ini disebut surfaktan, bahan ini merupakan kandungan penting dari cleansing balm yang baik.

Tanpa surfaktan, minyak dalam balm tidak akan terbilas secara sempurna dari kulit, sehingga akan menyebabkan pori-pori tersumbat, minyak berlebih dan menimbulkan jerawat.

3. Perhatikan Tekstur dari Cleansing Balm

tekstur
Source: pexels.com

Cleansing balm memiliki dua tekstur, yaitu halus dan lembut dan sedikit kasar seperti scrub. Pastikan kamu memilih cleansing balm yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

Untuk kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif, lebih baik memilih cleansing balm yang bertekstur halus dan lembut, karena dapat memberikan kelembapan pada kulit serta menghindari terjadinya iritasi. Jika kamu memilih cleansing balm yang memiliki tekstur kasar seperti scrub, sebaiknya jangan menggosoknya terlalu keras dan lama agar kulit tidak iritasi.

4. Pilih Cleansing Balm yang Dapat Larut dengan Air

larut dengan air
Source: pexels.com

Selain memiliki dua macam tekstur, cleansing balm juga memiliki dua jenis yaitu yang larut dengan air dan yang tidak. Lebih baik kamu memilih cleansing balm yang dapat larut dengan air, karena tidak membutuhkan kain untuk menghilangkan sisa residunya.

Cukup basuh dengan air, cleansing balm akan mulai meleleh menjadi silky oil dan milky lalu larut ketika dibilas dengan air, tanpa meninggalkan rasa licin atau lengket di kulit.

5. Memiliki Kandungan Natural Oil yang Tinggi

natural oil
Source: pexels.com

Hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan saat memilih cleansing balm adalah, cleansing balm harus memiliki kandungan natural oils yang tinggi. Karena kandungan natural oils dapat diserap dengan mudah oleh kulit, sehingga dapat memberikan hidrasi yang dibutuhkan kulit. Sebaliknya, kamu harus menghindari cleansing balm yang mengandung mineral oils, karena dapat menyumbat pori-pori kulit.

Yuk, cek lagi cleansing balm milikmu, apakah sudah memenuhi kelima hal ini? Untuk kamu yang baru berencana membeli cleansing balm, jangan sampai lewatkan hal-hal ini sebelum membeli ya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id