sign up SIGN UP

SKINCARE

Jangan Dibuang, Inilah 6 Manfaat Bekas Kantong Teh Celup untuk Wajah

ira syafira | Rabu, 07 Apr 2021 16:15 WIB
Jangan Dibuang, Inilah 6 Manfaat Bekas Kantong Teh Celup untuk Wajah
caption
Jakarta -

Sebagian orang mungkin memiliki kebiasaan untuk menyeduh teh sebagai teman sarapan atau sekedar bersantai. Namun, mereka tidak menyadari bahwa selain bisa menjadi minuman, ternyata teh memiliki manfaat lain yang tidak diketahui banyak orang.

Manfaat ini berhubungan dengan kecantikan dan perawatan wajah kamu, lho. Bagian dari the yang bisa dimanfaatkan Kembali adalah kantong celup bekasnya, atau bisa dibilang ampas di dalam kantong teh tersebut. Secara tidak sadar, ampas tersebut mengandung kaya antioksidan dan sifat anti-inflamasi untuk pencegah penuaan. Selain kandungan tersebut, teh juga dilengkapi dengan vitamin dan antioksidan lain yang baik untuk perawatan kulit wajah.

Daripada dibuang begitu saja, kamu bisa mencoba untuk menjadikannya sebagai perawatan bagi wajah kamu, yha. Ingin tahu manfaat apa aja yang akan wajahmu dapatkan, berikut rangkumannya.

1. Atasi Kantung Mata yang Menghitam

Atasi Kantung Mata yang Menghitam/pinterest.com/we hear it
Atasi Kantung Mata yang Menghitam/pinterest.com/we hear it

Manfaat pertama yang mungkin sudah cukup terkenal adalah mengatasi kantung mata yang menghitam. Kantung mata atau biasa disebut mata panda memang kerap mengganggu penampilan kita. Selain tidur yang cukup atau menggunakan skincare khusus, ternyata kantung mata bisa dihilangkan dengan menggunakan ampas teh.

Memudarnya kantung mata ini dikarenakan teh mengandung kafein yang dapat mengecilkan pembuluh darah dan mengobati lingkaran hitam sekitar mata. Caranya mudah, masukkan kantong teh hijau bekas ke dalam kulkas, lalu diamkan semalaman. Kemudian, aplikasikan kantong the ini di atas mata tertutup selama 10-15 menit, ini akan membantu meredakan stress dan serta menghilangkan lingkaran hitam sekitar mata.

2. Menjadikan Kulit Wajah Lebih Kenyal dan Kencang

Menjadikan Kulit Wajah Lebih Kenyal dan Kencang/freepik.com
Menjadikan Kulit Wajah Lebih Kenyal dan Kencang/freepik.com

Setiap perempuan pasti mendambakan kulit wajah yang kenyal dan kencang. Biasanya, ini akan didapatkan jika kita rajin menjaga Kesehatan kulit wajah dan melakukan perawatan secara rutin. Namun siapa sangka, perawatan alami dengan bekas kantong teh celup juga bisa digunakan sebagai alat untuk mengencangkan kulit.

Cara ini dapat kamu lakukan dengan mengeluarkan sisa ampas teh dari kantongnya. Kemudian, ratakan ampas yang masih basah ke wajah secara merata dan diamkan hingga semalaman agar meresap dengan baik. Keesokan harinya, kamu bisa bilas wajah hingga bersih menggunakan air hangat.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Mencerahkan Kulit di Wajah/freepik.com
Mencerahkan Kulit di Wajah/freepik.com

Kandungan antioksidan dalam daun teh dapat membantu mencerahkan warna kulit. kantong teh atau daun bekas teh bisa kamu gunakan sebagai scrub yang bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah dan menjadikan kulit tampak lebih sehat.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan ini adalah, membiarkan bekas kantong teh untuk mengering. Kemudian, potong kantong teh dan usapkan di wajahmu dengan  lembut dalam Gerakan melingkar menggunakan ujung jarimu selama lima menit. Terakhir, jika sudah bersih bilaslah dengan air.

4. Menyembuhkan Kulit Kemerahan

Mengobati Kulit yang Terpapar Sinar Matahari/freepik.com
Mengobati Kulit yang Terpapar Sinar Matahari/freepik.com

Seringkali menghabiskan waktu di luar ruangan bisa memperburuk kondisi kulit karena paparan sinar matahari yang terlalu lama. Jika kondisi semakin parah, kulit bisa jadi akan terbakar mahatari, memerah, hingga mengelupas.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ampas teh pun bisa menjadi solusinya. Celupkan kantong teh ke dalam air es untuk mengompres area kulit yang terkena masalah. Lakukan secara berulan sampai kondisi kulitmu membaik dan ruam merah berkurang.

5. Membantu Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Membantu Menghilangkan Bekas Luka di Wajah/pinterest.com/wellandgood.com
Membantu Menghilangkan Bekas Luka di Wajah/pinterest.com/wellandgood.com

Memiliki kandungan asam tanat menjadikan daun teh dengan mudah membantu merawat noda dan kulit terbakar dengan cara menyejukkan. Hanya dengan menyedih teh dan menyaringnya, tunggu hingga mendingin. Kemudian celupkan handuk atau kapas ke dalam teh dan oleskan pada daerah yang terluka.

Tunggu hingga 30 menit, baru kemudian basuh wajahmu dengan air dingin. Cara lainnya, kamu juga bisa llangsung mengoleskan kantong teh wajah ke wajahmu.

6. Mengatasi Jerawat di Wajah

Mengatasi Jerawat di Wajah/freepik.com
Mengatasi Jerawat di Wajah/freepik.com

Selain hal-hal sebelumnya, kantong mata juga dapat menyembuhkan jerawat, lho. Daun teh yang seringkali kamu seduh bisa dijadikan sebagai masker wajah untuk menyembuhkan jerawat.

Peran teh disini adalah sebagai inflamasi dan anti bakteri sehingga sangat ampuh meredakan pembengkakan atau jerawat madang. Dengan menjadikan ampas tersebut sebagai masker, maka akan lebih cepat bagi jerawat untuk musnah dari wajah kesayangan kita.

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id