sign up SIGN UP

SKINCARE

Jangan Keliru! Kenali Perbedaan Flek Hitam dan Freckles, Cara Menghilangkannya Berbeda!

Cynthia Claudia | Kamis, 22 Jul 2021 10:30 WIB
Jangan Keliru! Kenali Perbedaan Flek Hitam dan Freckles, Cara Menghilangkannya Berbeda!
Flek Hitam/ Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Memiliki wajah bersih sebening kristal merupakan dambaan semua perempuan. Namun, tidak sedikit masalah kulit wajah yang sering dialami perempuan sehingga menghambat pertumbuhan kulit wajah yang sehat. Salah satu masalah kulit wajah yang sering dialami perempuan yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia adalah bintik hitam, baik berupa flek hitam atau freckles.

Ternyata, kedua bintik hitam ini berbeda, lho. Meskipun dari segi bentuk dan warna terlihat sama namun kita harus cermat mengetahui perbedaannya agar mampu menangani permasalahannya dengan tepat.

Flek Hitam

ilustrasi wajah perempuan
Ilustrasi wajah perempuan/ Foto: Pexels/Gabb Tapique

Flek hitam merupakan bentuk hiperpigmentasi yang sumbernya berasal dari berbagai faktor eksternal seperti bekas jerawat yang terkena paparan sinar matahari, polusi, dan radikal bebas dalam waktu yang cukup panjang. Ketika kulit memiliki peradangan yang disebabkan oleh kumpulan faktor eksternal tersebut, sel yang mengontrol produksi melanin atau pigmentasi wajah – menjadi aktif dan hasilnya pigmentasi wajah berupa flek hitam jadi timbul.

Flek hitam ukurannya cenderung lebih kecil dibandingkan dengan freckles, namun dengan berbagai bercak warna yang berbeda-beda tergantung berapa lama waktunya terpapar oleh faktor eksternal yang telah disebutkan sebelumnya. Flek hitam ini pada umumnya muncul di kulit wajah tapi tidak menutup kemungkinan bisa tumbuh di bagian tubuh lainnya, biasanya di bagian yang mengalami peradangan/inflamasi. Tingkat keparahan flek hitam pun bervariasi mulai dari yang tipis hingga gelap. Semakin gelap sebuah flek hitam, akan semakin sulit untuk diatasi.

Cara Menghilangkan Flek Hitam

Skincare untuk flek hitam
Skincare untuk Flek Hitam/ Foto: Pexels/Cottobro

Cara menghilangkan bintik hitam di wajah yang berupa flek dimulai dengan menggunakan serangkaian produk skincare yang tepat. Jangan pernah sekalipun melewatkan penggunaan sunscreen karena sunscreen tidak hanya membantu mengatasi flek hitam namun mencegah pertumbuhannya karena faktor penuaan. Selain itu, gunakan serum yang mengandung vitamin C dan niacinamide untuk mencerahkan kembali kulit yang kusam dan rajin eksfoliasi menggunakan kandungan AHA dan BHA.

Freckles

Freckles
Freckles/ Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Kita seringkali menemukan freckles pada kulit wajah orang bule, bukan pada orang Asia. Namun, penemuan ini tidak menutup kemungkinan freckles tidak tumbuh di kulit wajah orang Asia, lho! Pasalnya, freckles merupakan bintik hitam yang disebabkan oleh faktor genetik. Baik invididu yang memiliki kulit hitam, putih, atau kecoklatan dapat memiliki freckles. Freckles bisa muncul di bagian tubuh mana pun, mulai dari wajah, lengan, dan punggung. Jumlahnya pun bervariasi, tergantung faktor genetik seseorang. Namun, freckles yang tumbuh dan terpapar matahari terus-terusan bisa semakin banyak muncul di kulit wajah.

Cara Mengatasi Freckles

Skincare untuk mengatasi freckles
Skincare untuk mengatasi freckles/ Foto: Pexels/Cottonbro

Freckles yang sudah tumbuh secara alami sejak kalian kecil akan sulit diatasi. Namun, bukannya mustahil dihilangkan, ketika kalian rajin memakai sunscreen maka jumlah freckles tidak akan bertambah. Selain sunscreen, kalian juga bisa gunakan serangkaian skincare yang mengandung antioksidan setiap hari untuk menghambat pertumbuhan freckles.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id