sign up SIGN UP

Jangan Lagi Dipakai, Inilah 5 Tanda Produk Skincare Tidak Cocok untuk Kulit Wajahmu!

aqillah diaz | Minggu, 19 Sep 2021 06:15 WIB
Jangan Lagi Dipakai, Inilah 5 Tanda Produk Skincare Tidak Cocok untuk Kulit Wajahmu!
caption

Setiap perempuan pasti ingin memiliki kulit wajah yang lembut, lembap, dan glowing. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan skincare. Penggunaan skincare secara rutin dapat membuat kulit wajah menjadi lebih bersih dan sehat. Agar mendapatkan kulit yang bersih dan sehat kamu harus memilih skincare yang bagus bagi kulit wajah.

Jika kamu sedang mencoba beberapa jenis skincare, sebaiknya kamu memahami ingredients yang ada di dalam produk skincare yang akan kamu coba, karena bisa saja tidak cocok dengan kulitmu. Lalu, bagaimana cara mengetahui skincare yang dipakai cocok atau tidak? Yuk, ketahui beberapa tanda produk skincare yang tidak cocok untuk kulit kamu.

1. Kulit Terasa Kering, Gatal, dan Mengelupas

Kulit terasa kering, gatal, dan mengelupas / foto : freepik
Kulit terasa kering, gatal, dan mengelupas / foto : freepik

Jika kamu sedang mencoba skincare dan dapat membuat kulitmu kering, gatal, dan mengelupas, sebaiknya hentikan pemakaian skincare tersebut. Kamu bisa memilih skincare yang memiliki label fragrance free agar lebih aman ketika digunakan. Selain itu, hindari produk yang mengandung retinoid atau benzoyl peroxide, serta gunakan selalu pelembap wajah. 

2. Muncul Kemerahan Pada Wajah

Muncul kemerahan pada wajah / foto : pexels.com/JennaHamra
Muncul kemerahan pada wajah / foto : pexels.com/JennaHamra

Apabila muncul kemerahan pada wajah, sebaiknya kamu segera konsultasi ke dokter ya, Beauties. Karena jika kondisi ini dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan iritasi. Selain itu, pastikan bahwa produk yang kamu gunakan memang tidak mengandung salicylic acid dan benzoyl peroxide. Sebab, ini akan memperparah kondisi kulitmu.

3. Muncul Jerawat Pada Area Sekitar Wajah

Muncul jerawat di sekitar wajah / foto : pexels.com/AnnaNekrashevich
Muncul jerawat di sekitar wajah / foto : pexels.com/AnnaNekrashevichdry 

Muncul jerawat di sekitar area wajah merupakan salah satu tanda yang paling sering dialami oleh seseorang yang tidak cocok menggunakan skincare tersebut. Jika kamu mengalami jerawat di beberapa bagian dan membaik, berarti kamu sedang mengalami purging.

Hal ini merupakan pertanda baik karena kulit sedang melakukan detoks. Namun,  jika tidak segera hilang, maka ada yang salah dengan skincare yang kamu gunakan. 

4. Kulit terasa Panas atau Terbakar Ketika Memakai Produk

Kulit terasa panas / foto : freepik
Kulit terasa panas / foto : freepik

Jika kulit wajahmu terasa panas atau terbakar, berarti skincare yang kamu gunakan jelas tidak cocok ya, Beauties. Atau jika kamu merasakan hal itu, bisa saja kulitmu mengalami alergi. Jika rasa panas atau terbakar tidak segera mereda, sebaiknya kurangi penggunaan skincare-mu atau bahkan hentikan penggunaan skincare tersebut. 

5. Kulit Wajah menjadi Lebih Berminyak 

Kulit menjadi lebih berminyak / foto : freepik
Kulit menjadi lebih berminyak / foto : freepik

Tanda terakhir yang dialami apabila skincare tidak cocok dengan kulit wajah adalah kulit wajah menjadi lebih berminyak dari biasanya, maka produk skincare tersebut terlalu keras bagi kulitmu. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan hyaluronic acid yang bisa membuat kulit terhidrasi. 

Itulah lima tanda produk skincare yang kamu pakai tidak cocok. Jika kulit wajahmu mengalami beberapa tanda di atas, segera hentikan pemakaian skincare tersebut ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id