sign up SIGN UP

Stop Percaya Mitos Skincare! Ini 5 Fakta Keliru yang Harus Kamu Tahu

Zeyra Haya | Jumat, 17 Sep 2021 21:30 WIB
Stop Percaya Mitos Skincare! Ini 5 Fakta Keliru yang Harus Kamu Tahu
caption

Menjaga kesehatan kulit dengan melakukan daily skincare routine kini tengah menjadi tren yang digandrungi oleh sebagian besar perempuan, baik dari kalangan remaja hingga dewasa. Produk perawatan wajah mulai dari facial wash, serum, toner hingga day and night cream menjadi barang yang kini wajib digunakan untuk merawat kulit.

Seiring berkembangnya tren skincare, banyak pula mitos-mitos yang sering disebarluaskan oleh para oknum. Sebagian mitos memang ada yang benar, namun banyak pula yang ternyata merupakan fakta keliru yang justru dapat membahayakan kesehatan kulit.

Hindari Kesalahan yang Dapat Membahayakan Kulit, 5 Fakta Keliru Skincare ini Perlu Kamu Ketahui

Untuk menghindari efek buruk, selain memilih produk kosmetik yang cocok dengan kulit ada baiknya juga kita perlu mengetahui apa saja fakta-fakta tidak benar seputar skincare yang telah menyebar. Beauties, yuk simak penjelasan berikut ini!

1. Kulit Berminyak Tidak Memerlukan Pelembab

Mitos-mitos seputar skincare yang perlu diketahui/Foto: pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA
(Mitos-mitos seputar skincare yang perlu diketahui/Foto: pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Mitos yang mengatakan bahwa kulit berminyak tidak memerlukan pelembab nyatanya adalah informasi yang salah. Para ahli dibidang kecantikan kulit mengatakan bahwa kulit berminyak tetap memerlukan pelembap karena kulit berminyak juga bisa mengalami dehidrasi.

Penyebabnya bisa karena perubahan cuaca, polusi, stres, sinar matahari dan lainnya. Faktanya, kulit yang sedang dehidrasi justru cenderung banyak mengeluarkan minyak lho, Beauties.

2. Memilih Skincare yang Cocok untuk Kulit Dengan Membaca Daftar Kandungan

Fakta keliru seputar skincare, waspadai jangan sampai membahayakan/Foto: pexels.com/Yan Krukov
(Fakta keliru seputar skincare, waspadai jangan sampai membahayakan/Foto: pexels.com/Yan Krukov)

Satu lagi fakta keliru adalah memilih skincare dengan membaca daftar kandungannya saja tanpa mencoba langsung. Daftar kandungan pada produk memang dapat menjadi acuan untuk menimbang apakah produk tersebut cocok dengan kulit kita, namun itu bukanlah hal yang pasti.

Jadi, cara yang paling tepat untuk mengetahui apakah produk tersebut cocok untuk kita adalah dengan mencobanya sendiri.

3. Ibu Hamil Tidak Boleh Menggunakan Skincare Karena Membahayakan Kandungan

Ibu hamil tidak boleh pakai skincare? mitos atau fakta?/Foto: pexels.com/Yan Krukov
(Ibu hamil tidak boleh pakai skincare? mitos atau fakta?/Foto: pexels.com/Yan Krukov)

Banyak dari ibu hamil yang kerap mempercayai mitos ini. Faktanya, tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk menggunakan skincare asalkan sudah berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Hal ini dilakukan agar pemilihan produk dapat tepat dan aman. Ibu hamil justru sering mengalami masalah kulit akibat perubahan hormon dan produk perawatan kulit yang tepat dapat membantu mengatasinya.

4. Skincare Mengandung Vitamin C Hanya Digunakan Malam Hari

Manfaat kandungan vitamin C pada skincare justru baik digunakan pada pagi hari/Foto: pexels.com/Polina Kovaleva
(Manfaat kandungan vitamin C pada skincare justru baik digunakan pada pagi hari/Foto: pexels.com/Polina Kovaleva)

Banyak mitos yang mengatakan bahwa produk yang mengandung Vitamin C hanya boleh digunakan saat malam hari. Faktanya, skincare dengan kandungan vitamin C bisa digunakan di pagi dan malam hari dan justru bagus digunakan di pagi hari bersama dengan sunscreen untuk mengoptimalkan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari.

5. Produk Skincare Disimpan Dalam Kulkas

Benarkah produk skincare harus disimpan dalam kulkas? ini penjelasannya/Foto: pexels.com/Pavel Danilyuk
(Benarkah produk skincare harus disimpan dalam kulkas? ini penjelasannya/Foto: pexels.com/Pavel Danilyuk)

Banyak yang mengatakan bahwa produk skincare harus disimpan di dalam kulkas agar terjaga kandungannya. Beauties, perlu diketahui kalau yang satu ini juga hanya mitos belaka ya.

Produk kecantikan tidak harus disimpan di dalam kulkas, cukup disimpan di tempat yang sejuk dan hindari terkena matahari langsung saja agar kandungan di dalamnya dapat tetap terjaga dan tidak merusak produk.

Beauties, itulah beberapa mitos dan fakta yang keliru seputar skincare. Berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit memang boleh, tapi jangan sampai terpengaruh mitos tidak benar ya.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id