sign up SIGN UP

Jangan Salah Pilih! Berikut Tips Memilih Toner Bagi Pemilik Acne Prone Skin

Fahira mahza | Senin, 13 Sep 2021 22:15 WIB
Jangan Salah Pilih! Berikut Tips Memilih Toner Bagi Pemilik Acne Prone Skin
tips memilih toner bagi acne prone skin/foto:pexels.com
Jakarta -

Skincare merupakan salah satu cara yang dilakukan perempuan untuk merawat kulit mereka agar terlihat sehat sehingga dapat meningkatkan penampilan mereka serta rasa percaya diri mereka. Namun, dalam memilih skincare yang cocok ini merupakan salah satu hal yang cukup tricky. Sebab, apabila salah memilih skincare yang digunakan maka dapat menimbulkan masalah kulit seperti jerawat.

Hal ini sangat dirasakan bagi pemilik wajah acne prone. Para pemilik acne prone skin biasanya sangat ekstra ketat dalam memilih produk skincare yang digunakan terutama dalam memilih toner untuk digunakan pada wajah mereka.

Toner merupakan salah satu produk skincare utama yang wajib digunakan sebab produk ini berfungsi sebagai jalan pembuka bagi kulit untuk memaksimalkan semua produk skincare yang digunakan.  Nah, berikut 5 cara yang dapat dilakukan acne prone skin dalam memilih toner yang tepat. 

1. Pilih Toner untuk Menyeimbangkan pH Kulit

Pilih toner yang dapat menyeimbangkan pH kulit
Pilih toner yang dapat menyeimbangkan pH kulit/foto:pexels.com

Seperti yang kita ketahui pH kulit wajah yang baik memiliki kadar antara 4,7 sampai 5,5. Untuk itu, agar kulit wajah tidak menimbulkan masalah dari penggunaan toner ini maka kita wajib memilih toner yang dapat menyeimbangkan pH.

Karena bagi pemilik acne prone skin, kadar pH di wajah harus seimbang agar tidak menimbulkan jerawat yang lebih banyak. Pemilik wajah acne prone ini sangat rentan timbul jerawat apabila salah dalam menggunakan skincare

2. Pilih Toner yang Menghidrasi Kulit

Memilih toner yang dapat menghidrasi kulit
Memilih toner yang dapat menghidrasi kulit /foto:pexels.com

Sebagai pemilik acne prone skin mungkin sudah tahu apabila skincare yang digunakan tidak boleh memilik kandungan yang "aneh-aneh". Apabila salah memilih kandungan dalam toner yang digunakan maka dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Sehingga bagi pemilih wajah acne prone ini sangat disarankan untuk menggunakan toner dengan kandungan basic yang dapat menghidrasi kulit. Toner yang dapat menghidrasi  ini sangat aman bagi acne prone karena dapat menyeimbangkan pH kulit serta menguatkan skin barrier. 

3. Pilih yang Dapat Menenangkan Kulit

Toner yang memiliki kandungan yang dapat menenangkan kulit
Toner yang memiliki kandungan yang dapat menenangkan kulit/foto:pexels.com

Pemilik wajah rentan berjerawat biasanya sangat menyukai produk skincare yang dapat menenangkan kulit. Hal ini dikarenakan jerawat yang ada di wajah terkadang membuat kulit terasa tidak nyaman sehingga perlu produk yang dapat menenangkan jerawat tersebut.

Dalam memilih toner, pemilik acne prone skin juga dapat memilih toner dengan kandungan yang dapat menenangkan kulit. Jenis toner ini biasanya memiliki kandungan tea tree di dalamnya. Tea tree sudah menjadi rahasia umum dapat menenangkan kulit yang sedang tidak baik. 

4. Pilih Kandungan Anti-Inflamasi

Menggunakan toner dengan kandungan anti inflamasi
Menggunakan toner dengan kandungan anti inflamasi/foto:pexels.com

Jerawat pada wajah seringkali mengalami peradangan, hal ini mungkin sudah biasa terjadi bagi pemilik acne prone skin. Namun, masalah ini seringkali mengganggu aktivitas dan rasa percaya diri. Sehingga salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meredakan peradangan ini ialah dengan menggunakan toner yang memiliki kandungan anti inflamasi.

Toner dengan kandungan anti inflamasi dapat mengurasi peradangan yang terjadi pada kulit berjerawat. Salah satu kandungan yang mengandung anti inflamasi yaitu chamomile

5. Hindari Kandungan Alkohol

Menghindari toner yang mengandung alkohol
Menghindari toner yang mengandung alkohol/foto:pexels.com

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan oleh pemilik acne prone skin dalam memilih toner yaitu dengan menghindri kandungan alkohol. Pasalnya, kandungan alkohol di dalam toner dapat menyebabkan iritasi kulit, terutama jika digunakan secara berlebihan.

Tak hanya itu, alkohol dalam toner juga dapat memperparah jerawat di wajah sehingga bagi pemilik acne prone sebaiknya menghindarinya agar tidak memperparah kondisi kulit. 

Nah, itulah 5 cara yang dapat dilakukan oleh pemilik acne prone skin untuk memilih toner yang tepat. Selamat mencoba, ya!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id