sign up SIGN UP

SKINCARE

Jangan Salah Pilih, Ini Beragam Jenis Toner yang Perlu Kamu Tahu

Henny Alifah | Rabu, 21 Aug 2019 03:40 WIB
Jangan Salah Pilih, Ini Beragam Jenis Toner yang Perlu Kamu Tahu
caption
Mengingat setiap kulit memiliki karakteristik masing-masing, maka penggunaan toner pun juga sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit.

Pemakaian toner setelah mencuci wajah dapat membuat kulit lebih cerah. Itu karena toner membersihkan sisa-sisa makeup yang belum terangkat oleh facial wash. Mengingat setiap kulit memiliki karakteristik sendiri-sendiri, maka penggunaan toner pun juga sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit.


Memilih toner wajah


source: stylevanity.com

Dalam diskusi perawatan wajah Dermstore dengan Dr .Erin Gilbert MD, PHD, dermatologis berlisensi asal New York, menjelaskan bahwa toner memiliki manfaat yang berbeda-beda tergantung pada formula apa yang ada di dalamnya. Jadi, pastikan kamu memilih toner wajah dengan kandungan formula yang sesuai jenis kulitmu agar tepat guna saat diaplikasikan ke wajah.
 


Toner yang bagus untuk kulit kering: glyserin or essential oils


source: yonka.com

Bagi yang memiliki tipe kulit kering, jauhi toner beralkohol karena akan semakin memperparah kekeringannya. Dr. Gilbert menyarankan toner yang mengandung gliserin, pelembab dengan sifat emolien yang akan melembutkan kulit. Minyak atsiri atau essential oil juga dapat bekerja baik untuk kulit kering karena memberi nutrisi dan menghaluskan, namun berhati-hatilah siapa tahu kulit memiliki hipersensitivitas terhadap minyak atsiri, yang dapat menyebabkan iritasi.

Rekomendasi: YonKa Lotion Yon-Ka - Dry Skin Toner (Rp599 ribu/200ml)
 


Toner yang bagus untuk kulit mature skin: aloe vera or vitamin C


source: goldenscent.com

Lidah buaya atau aloe vera dapat menenangkan dan melembabkan tanpa menyebabkan breakout. Selain itu, vitamin C yang kaya akan antioksidan dapat menangkal radikal bebas dan melindungi kulit dalam memperlambat penuaan.

Rekomendasi: Dermalogica - AGE Smart Antioxidant Hydramist (Rp415 ribu/30ml)
 


Toner yang bagus untuk kulit normal: Q10 or hyaluronic acid


source: sephora.com

Buat kamu pemilik tipe kulit normal, carilah toner yang mengandung coenzyme Q10 dan hyaluronic acid (asam hialuronat). Koenzim Q10 adalah antioksidan kuat dan hyaluronic acid akan menambah kelembaban, menghidrasi kulit, serta membuatnya lebih lembut.

Rekomendasi: Indie Lee CoQ-10 Toner (Rp125 ribu/travel size 10ml)


Toner yang bagus untuk kulit berminyak: bentonite clay or witch hazel


source: anthropologie.com

Untuk kulit berminyak, gunakan toner yang mengandung bentonite clay, karena dapat mengontrol minyak dan membersihkan kulit sehingga pori-pori mengecil. Selain itu, witch hazel adalah bahan aktif yang ideal untuk kulit berminyak karena zat astringen alaminya serta dapat mengencangkan kulit.

Rekomendasi: Sunday Riley Martian Mattifying Melting Water-Gel Toner(Rp 550 ribu/50ml)
 


Toner yang bagus untuk kulit sensitif: algae or amino acids


source: beautyalmanac.com

Kamu yang memiliki kulit sensitif, toner yang mengandung aloe vera dapat menenangkan kulit. Selain itu, ganggang atau algae yang mengandung asam amino atau amino acid dapat berfungsi untuk mendetoksifikasi dan menghilangkan kotoran yang dapat mengiritasi kulit.

Rekomendasi: Estee Lauder Nutritious Micro Algae Pore Minimizing Shake Tonic (Rp599 ribu/150ml)

Itu tadi macam-macam toner dengan berbagai formula yang disesuaikan jenis kulit masing-masing. Nah, apakah selama ini kamu sudah menggunakan toner yang sesuai dengan jenis kulitmu?
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id