sign up SIGN UP

Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Manfaat Whitening dan Brightening dalam Skin Care!

Allyoo Ri | Rabu, 30 Jun 2021 11:15 WIB
Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Manfaat Whitening dan Brightening dalam Skin Care!
caption
Jakarta -

Dalam perawatan kulit, dikenal istilah mencerahkan atau brightening dan memutihkan atau whitening. Kandungan yang ada di dalam produk skin care serta beragam perawatan dengan iming-iming hasil manfaat brightening atau whitening menjadi salah satu hal yang paling dicari oleh banyak pengguna skin care. Menurutmu sendiri, whitening atau brightening sama gak, sih, Ladies?

Yup! Jawabannya adalah tidak. Brightening dan whitening merupakan dua manfaat berbeda dalam perawatan kulit terutama produk skin care.

Manfaat dan Cara Kerja yang Berbeda

Dua wajah
Dua wajah yang bersebelahan dengan skin tone yang beda/Photo by unsplash.com/@yirage

Skin care yang mengklaim diri dapat memberikan manfaat whitening atau memutihkan, bertugas untuk membuat kulitmu lebih putih. Cara kerjanya dengan menghambat produksi melanin pada kulit. Dampak dari whitening sendiri kurang direkomendasikan untuk dipakai dalam jangka panjang.

Ladies, zat yang memberikan warna pada kulit adalah melanin, yang mana dihasilkan oleh enzim tirosinase. Melanin juga dapat berfungsi dalam melindungi kulit dari sinar UV, tetapi produksi yang berlebihan dapat sebabkan warna kulitmu jadi tidak merata, selain itu dapat pula terjadi hiperpigmentasi.

Beda dengan skin care whitening, pada umumnya skincare brightening bekerja membuat kulit lebih cerah dengan cara mengelupaskan kulit. Karena penumpukan sel kulit mati pada kulit, dapat mengakibatkan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, polusi, dan lain sebagainya.

Meski memiliki kemampuan regenerasi dengan sendirinya, tetapi dalam kasus tertentu proses regenerasi terkadang dapat berjalan kurang maksimal. Memakai skin care yang memberikan manfaat mencerahkan atau brightening dengan kandungan exfoliant ini, maka kamu bisa mendapatkan warna kulit aslimu kembali.

Kandungan pada Whitening dan Brightening

Botol skin care
Botol skin care/Function of beauty

Perbedaan skin care whitening dan brightening, tentu paling mendasar adalah terdapat pada kandungannya. Di mana kandungan yang ada dalam brightening, pada umumnya lebih aman. Tak hanya kandungan exfoliant, Alpha Arbutin juga jadi primadona loh karena dipercaya efektif mencerahkan tanpa memicu efek negatif jangka panjang.

Lamanya Pemakaian

Skin face
Face/Pinterest by Instyle

Untuk skin care yang mengandung manfaat whitening, disarankan tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Ini dikarenakan pemakaian skin care whitening sebagai skin care routine terlalu lama, dapat memberikan efek samping kurang baik untuk kulit. Tak hanya itu, kesehatan tubuh secara keseluruhan juga dapat terganggu karena cara kerja skin care ini yang menghambat produksi melanin yang penting bagi kulit.

Sementara itu skin care brightening dinilai lebih aman digunakan dalam jangka waktu yang lama. Karena kandungan exfoliant, Alpha Arbutin yang terdapat di dalamnya menjadi andalan dalam efektivitasnya mencerahkan tanpa memicu efek negatif jangka panjang.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id