sign up SIGN UP

SKINCARE

Jangan Sampai Salah, Ini Tips Memilih Produk Skin Care Sesuai Kondisi Kulitmu

Dians Marfuah | Jumat, 02 Apr 2021 18:30 WIB
Jangan Sampai Salah, Ini Tips Memilih Produk Skin Care Sesuai Kondisi Kulitmu
caption
Jakarta -

Memilih skin care tak boleh sembarangan, melainkan harus disesuaikan dengan jenis kulit. Namun sering kali memilih skin care sesuai dengan jenis kulit  bukanlah hal yang mudah. Belum lagi, saat ini produk skin care dengan berbagai ingredients makin mudah ditemukan. Sehingga tak jarang banyak orang yang makin bingung dibuatnya. Terlebih wajah  kita adalah bagian yang lebih sensitive  dari bagian tubuh lainnya. Makanya kita perlu hati-hati dalam memilih skin care supaya tak menimbulkan masalah di kulit.

Sebelum memilih skin care untuk wajahmu, hal mendasar yang harus kamu ketahui adalah kondisi kulitmu dan jenisnya. Dengan mengetahui kondisi kulitmu dan jenisnya kamu akan tahu produk skin care dengan ingredients apa sih yang dibutuhkan kulitmu. Nah jika sudah tahu jenis kulitmu akan lebih mudah menentukan skin care yang akan kamu beli. Berikut tips memilih produk skin care sesuai kebutuhan kulit.

Kulit Sensitif

Ilustrasi penggunaan serum
Ilustrasi penggunaan serum/Pexels.com/cottonbro

Seperti namanya kulit sensitif adalah jenis kulit yang sangat reaktif terhadap penggunaan bahan skin care yang tak cocok. Oleh karenanya si pemilik kulit sensitif harus berhati-hati dalam memilih produk perawatan kecantikan.  Pemilik kulit sensitif tak jarang akan mengalami kemerahan, ruam, iritasi dan perih karena produk yang tak cocok.  Nah jika sudah memberikan reaksi kemerahan, gatal, atau perih sebaiknya langsung hentikan pemakaian skin care tersebut. Alih-alih menggunakan produk yang mengandung alkohol, si pemilik kulit sensitif ini lebih dianjurkan memakai produk perawatan wajah khusus untuk  kulit sensitif.

Karena  kandungan alkohol dalam skin care  bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi dan kering. Selain itu, penggunaan skin care berbahan alami sangat direkomendasikan untuk pemilik wajah kulit sensitive  ini.

Kombinasi

Ilustrasi
Ilustrasi/Pexels.com/Breakingpic

Dalam proses pemilihan skin care yang tepat pemilik kulit kombinasi memang sedikit ribet. Pasalnya pemilik kulit ini memiliki kombinasi kulit kering dan berminyak.  Nah untuk pemilik kulit berminyak, kamu bisa memilih produk perawatan dengan menyesuaikan area berminyak dan kering di kulitmu.

Untuk pada area wajah yang kering kamu bisa mengaplikasikan skin care untuk melembapkan. Sebaliknya pada area berminyak gunakanlah produk untuk mencegah area tersebut berminyak berlebihan. Tapi kalau gak mau ribet, kamu juga bisa langsung memilih produk skin care khusus untuk kulit kombinasi. Karena saat ini sudah banyak produk  skincare yang diformulasikan khusus untuk perawatan kulit kombinasi.

Untuk kandungan bahannya, pemilik kulit kombinasi lebih disarankan menggunakan produk berbasis air bukan minyak. Selain lebih lebih efektif menghilangkan kotoran nih gaes, produk berbasis air juga bisa mencegah terjadinya penyumbatan minyak di pori-pori. Begitu pula untuk moisturizer, pilih produk berbasis air,   baik berbentuk  lotion,  krim, atapun gel.

Kulit Berminyak

Ilustrasi pemakaian clay mask
Ilustrasi pemakaian clay mask/Pexels.com/cottonbro

Meski rentan dengan jerawat dan komedo, pemilik kulit berminyak sebenarnya memiliki keunggulan loh. Yap dibandingkan dengan pemilik kuli kering, pemilik jenis kulit ini lebih awet muda dan ngga gampang keriputan. Karena produksi minyak alami di wajah yang menjaga kelembabannya. Makanya dalam memilih produk skin care untuk tipe jenis kulit ini adalah  produk yang tak mengandung minyak.  Untuk mengontrol produksi sebum di wajah kamu bisa menggunakan masker wajah dengan kandungan, kiwi, lemon atau kaktus.

Pilihan skin care jenis masker yang bisa kamu gunakan utamanya bagi pemilik kulit berminyak dengan acne prone adalah black clay mask, white clay mask dan green clay mask. Meski sudah lembab dari sananya kamu juga tetap harus menggunakan pelembab agar kulit tetap terhidrasi. Pilihlah  pelembab yang bebas minyak dan ringan, dan bebas minyak agar tak menimbulkan efek  greasy di wajah.

Kulit Kering

Ilustrasi
Ilustrasi/Pexels.com/DanielXavier

Selain kulit yang rentan berkeriput, permasalahan pemilik kulit kering juga lebih rentan kusam. Apalagi saat cuaca lagi dingin-dinginnya, kulit akan semakin kering dan cenderung tertarik. Oleh karenanya bagi pemilik kulit kering, skin care yang paling direkomendasikan adalah skin care yang melembabkan seperti hydrating toner. Pilihlah skin care yang mengandung bahan-bahan untuk melembabkan wajah seperti lactic acid dan hyaluronic acid.

Kamu juga bisa memilih bahan alami yang melembapkan kulit seperti aloe vera, madu, shea butter dan delima.  Sedangkan untuk mengatasi kusam di wajah, kamu bisa menggunakan produk yang mencerahkan kulit dengan kandungan vitamin C. Satu lagi tips bagi pemilik kulit kering ini, jangan terlalu sering mencuci muka dengan sabun dan hindari skin care dengan kandungan alkohol.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id