sign up SIGN UP

SKINCARE

Mau Pakai Krim Wajah? Ini Ciri-cirinya yang Aman Digunakan

Retno Wulandari | Kamis, 01 Apr 2021 08:30 WIB
Mau Pakai Krim Wajah? Ini Ciri-cirinya yang Aman Digunakan
caption

Krim wajah merupakan salah satu rangkaian skincare yang penting bagi kulit. Tidak heran jika produk skincare satu ini banyak dan sangat mudah ditemui di pasaran. Sayangnya tidak semua krim wajah yang kita temui tersebut aman untuk digunakan, Ladies.

Nah, untuk menghindari krim wajah yang abal-abal dan berbahaya bagi kulit, simak ciri-ciri krim wajah yang aman berikut ini yuk!

1. Kandungan yang Aman

Ciri-ciri Krim Wajah yang Aman Digunakan
Foto: Kandungan yang Aman/freepik.com

Ciri-ciri krim wajah yang aman bisa dilihat dari kandungannnya, Ladies. Yup, sebelum membeli, kamu harus teleti membaca bahan-bahan yang digunakan. Beberapa kandungan baik yang biasanya dijadikan sebagai kandungan pada krim wajah adalah vitamin C, vitamin E, niacinamide, aloe vera extract, arbutin, kojic acid, glutathione, dan kolagen. Sementara itu, kandungan tidak baik yang harus kamu waspadai karena dapat merusak kulit adalah paraben, merkuri, hingga hydroquinone.

2. Warna Tidak Mencolok

Ciri-ciri Krim Wajah yang Aman Digunakan
Foto: Warna Tidak Mencolok/freepik.com

Ketika kamu sudah terlanjur membeli krim wajah tapi masih ragu-ragu untuk menggunakannya, maka perhatikanlah warna krim wajah tersebut, Ladies. Krim wajah yang aman biasanya memiliki warna yang lembut dan tidak terlalu mencolok. Hal ini dikarenakan pewarna yang digunakan pada krim wajah tidak terlalu banyak dan masih aman untuk kulit.

Nah, jika krim wajah yang kamu beli ternyata memiliki warna yang cukup mencolok dibanding dengan krim wajah pada umumnya, artinya krim wajah tersebut menggunakan pewarna yang berbahaya bagi kulit. Selain warnanya yang mencolok, permukaan krim wajah yang mengkilap seperti mutiara juga jadi salah satu ciri-ciri krim wajah tidak aman bagi kulit.

3. Aroma Tidak Menyengat

Ciri-ciri Krim Wajah yang Aman Digunakan
Foto: Aroma Tidak Menyengat/freepik.com

Warna krim wajah yang tidak mencolok belum bisa jadi jaminan keamanan dari krim tersebut lho. Yup, untuk mengantisipasi krim wajah abal-abal, kamu harus peka dengan aromanya. Krim wajah yang aman biasanya tidak memiliki aroma yang menyengat. Sebaliknya, krim wajah yang tidak aman memiliki aroma yang cukup menyengat.

Aroma menyengat pada krim wajah ini berasal dari banyaknya parfum yang dimasukkan ke dalam krim wajah pada saat proses pembuatannya. Parfum ini gunanya untuk menutupi aroma logam yang dikeluarkan oleh bahan berbahaya berjenis merkuri.

4. Tidak Menimbulkan Reaksi Berbahaya

Ciri-ciri Krim Wajah yang Aman Digunakan
Foto: Tidak Menimbulkan Reaksi Berbahaya/freepik.com

Ciri-ciri krim wajah yang aman selanjutnya adalah tidak menimbulkan reaksi berbahaya setelah digunakan. Krim wajah yang menggunakan kandungan berbahaya biasanya akan memberikan efek buruk bagi kulit, seperti rasa panas, perih, kulit kemerahan, dan iritasi. Sebaliknya, jika krim wajah menggunakan kandungan yang aman bagi kulit, maka tidak ada reaksi berbahaya dan cenderung memberikan efek baik sesuai dengan klaim dari krim wajah yang kamu gunakan.

[Gambas:Instagram]

5. Terdaftar BPOM

Ciri-ciri Krim Wajah yang Aman Digunakan
Foto: Terdaftar BPOM/freepik.com

Last but not least! Krim wajah yang aman sudah pasti memiliki sertifikat BPOM karena lulus uji keamanan, Ladies. Namun, saat ini banyak oknum tidak bertanggung jawab yang memalsukan nomor BPOM demi menarik konsumen. Sebagai solusinya, kamu harus teliti dan mengecek nomor BPOM tersebut di situs resmi BPOM.

Nah, itulah 5 ciri-ciri krim wajah yang aman digunakan. Jangan lupa untuk selalu teliti memilih produk skincare khususnya krim wajah agar tidak mendapatkan produk abal-abal yang berbahaya bagi kulit ya, Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id