sign up SIGN UP

Jangan Sampai Salah, Ketahui Cara Pakai Serum Untuk Hasil Optimal!

Ayuliy Lestari | Rabu, 10 Feb 2021 11:00 WIB
Jangan Sampai Salah, Ketahui Cara Pakai Serum Untuk Hasil Optimal!
caption

Serum adalah produk skincare yang mengandung konsentrasi bahan aktif lebih tinggi dibanding produk-produk perawatan wajah lainnya. Namun jika kamu tidak mengetahui cara pemakaian yang benar, tentu saja serum tidak akan bekerja maksimal. Agar tidak percuma, kamu perlu mengaplikasikan serum dengan cara dan tahapan berikut!

1. Bersihkan Wajah dengan Benar

Cara pakai serum dengan benar
Cara pakai serum dengan benar/Freepik.com

Bahan aktif yang terdapat di dalam serum hanya akan terserap sempurna pada kulit wajah yang bersih, Ladies. Ketika kamu tidak membersihkan wajah dengan baik maka kotoran dan minyak berlebih dapat menghalangi serum terserap sempurna ke dalam kulit.

Jadi hal pertama yang perlu dilakukan sebelum menggunakan serum adalah memastikan wajah bersih. Kamu bisa membersihkan sisa-sisa makeup dan kotoran menggunakan micellar water kemudian mencuci wajah menggunakan facial wash, menyeimbangkan PH kulit dengan toner, lalu barulah bisa mengaplikasikan serum.

2. Pastikan Kulit Wajah dalam Keadaan Lembap

Cara pakai serum dengan benar
Cara pakai serum dengan benar/Freepik.com

Urutan membersihkan wajah perlu diperhatikan. Setelah wajah dibersihkan dengan facial wash dan kamu pun sudah mengaplikasikan toner untuk menyeimbangkan PH kulit, tunggu 1 hingga 2 menit hingga kulit wajah tidak terlalu basah karena toner namun tetap lembap.

Ketika wajah masih lembap, kamu bisa segera mengaplikasikan serum agar kandungan di dalamnya bisa terserap sempurna. Perlu diketahui bahwa memakai toner adalah cara terbaik untuk melembapkan kulit dan membuat kulit siap menerima kandungan dari produk setelahnya.

3. Gunakan Serum Secukupnya

Cara pakai serum dengan benar
Cara pakai serum dengan benar/Freepik.com

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bukan berarti Kamu harus memakai serum wajah dalam jumlah banyak, Ladies. Kebiasaan ini justru akan membuatmu lebih boros tanpa memberikan hasil yang maksimal.

Serum mengandung bahan aktif dengan konsentrasi tinggi dan ukuran molekul yang kecil. Hal ini memungkinkan kulit wajah untuk menyerap serum dengan lebih cepat dan menyeluruh. Jadi, cukup gunakan 1 – 2 tetes saja.

Ketika kamu terlalu banyak menggunakan serum, bukan manfaat yang akan kamu dapatkan namun kulit terasa berminyak dan lengket. Bahkan serum tidak akan terserap dengan baik.

4. Tepuk dan Pijat Perlahan

Cara pakai serum dengan benar
Cara pakai serum dengan benar/Freepik.com

Setelah cairan serum menempel pada wajah, ratakan dengan cara menepuk-nepuk dan memijatnya perlahan dari bagian tengah wajah menuju garis rambut. Langkah ini dilakukan agar bahan aktif di dalam serum bisa terurai dan masuk ke dalam kulit. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga serum benar-benar tidak meninggalkan kesan lengket sebelum kamu melanjutkan ke produk skincare berikutnya.

5. Lanjutkan dengan Produk Skincare Lainnya

Cara pakai serum dengan benar
Cara pakai serum dengan benar/Freepik.com

Setelah serum terserap ke dalam kulit, kamu bisa meneruskan ke tahapan selanjutnya. Segera oleskan krim mata, moisturizer atau produk-produk sejenis yang ada dalam rangkaian perawatan wajah rutin kamu.

Untuk perawatan di pagi hingga siang hari, usahakan selalu menggunakan tabir surya atau sunscreen dengan kandungan minimal SPF 30. Tabir surya atau sunscreen sangat penting dalam menghalau efek buruk sinar matahari, selain itu produk-produk yang kamu gunakan sebelumnya juga akan bekerja optimal karena kulit terlindungi dengan baik.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar serum bisa bekerja secara optimal. Jangan lupa pula memilih serum sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit kamu, Ladies.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id