sign up SIGN UP

SKINCARE

Jenis-jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Hani Arifah | Jumat, 30 Apr 2021 13:30 WIB
Jenis-jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya
caption
Jakarta -

Jerawat menjadi permasalahan kulit yang dialami sebagian besar orang. Jerawat biasanya timbul di permukaan kulit dan menimbulkan rasa nyeri atau gatal disekitarnya.  Jerawat pada umumnya disebabkan oleh minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang ada di dalam pori.

Ada 5 jenis jerawat yang biasa dialami oleh orang-orang. Kelima jerawat ini memiliki ciri khusus yang membedakan satu dengan yang lain. Penyebabnya pun bisa jadi berbeda, begitu juga dengan cara penyembuhannya.

Jenis-jenis Jerawat

Komedo Putih (Whitehed) dan Komedo Hitam (Blackhead)

Ilustrasi komedo di hidung/startikel.com
Komedo hitam dan komedo putih

Mungkin banyak yang menganggap komedo adalah masalah kecil yang tidak perlu dipikirkan. Namun, komedo ternyata merupakan awal dari kemunculan jerawat, lho. Terdapat dua jenis komedo, yaitu komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead).

Komedo putih merupakan benjolan kecil berwarna putih yang muncul karena kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang terperangkap di dalam pori. Sedangkan komedo hitam adalah komedo yang teroksidasi, sehingga berwarna hitam dan muncul di permukaan.

Jerawat Papula

Foto:pinterest/obatjerawatampuh
Jerawat Papula

Jika kamu pernah mengalami benjolan padat di bawah permukaan kulit dan terasa nyeri, berarti kamu pernah mengalami jerawat papula. Dikutip dari Alodokter, jerawat jenis ini tidak memiliki titik nanah seperti jerawat biasanya. Kulit sekitar jerawat papula juga terkadang merah dan sedikit bengkak yang menimbulkan rasa nyeri di kulit.

Jerawat Pustula

Jerawat Pustula atau jerawat nanah/freepik
Jerawat Pustula

Jerawat pustula adalah jerawat yang berupa benjolan kecil berisi nanah. Biasanya, kulit di sekitar jerawat ini berwarna kemerahan. Tidak hanya di wajah, jerawat pustula juga bisa tumbuh di bagian kulit lain seperti: leher, dada, dan punggung.

Jerawat Nodul

Jerawat Nodul pada wajah/freepik
Jerawat Nodul

Hampir sama dengan jerawat papula, jerawat nodul juga ada di bawah permukaan kulit. Namun, biasanya ukurannya lebih besar dan sembuh dalam waktu yang relatif lebih lama, yaitu berminggu-minggu sampai berbulan-bulan. Jerawat nodul terlihat lebih jelas apabila terjadi di wajah. Dikutip dari Sehatq, jerawat ini lebih sering terjadi pada laki-laki.

Jerawat Kistik

Jerawat Kistik di dagu dan pipi/freepik
Jerawat Kistik

Berbeda dari jerawat lainnya, jerawat kistik memiliki ukuran yang cenderung besar, keras, berwarna merah dan kadang bernanah. Jerawat kistik menimbulkan rasa sakit dan gatal yang sangat mengganggu.

Cara Mengatasi Jerawat Berdasarkan Jenisnya

Secara umum, jerawat disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati yang bercampur dengan kotoran, minyak, dan bakteri. Maka, kebersihan kulit wajah dan pori sangat berpengaruh terhadap jerawat kita. Namun, ada cara khusus untuk mengatasi jerawat berdasarkan jenisnya.

1. Komedo Hitam dan Komedo Putih

Komedo hitam dan putih bisa diatasi dengan cara eksfoliasi dan menjaga kebersihan pori. Eksfoliasi bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan physical exfoliasi dan chemical exfoliasi. 

2. Jerawat Papula

Untuk mengatasi jerawat Papula, kita bisa menggunakan produk yang mengandung retinol. Retinol berfungsi untuk mengatur produksi kelenjar minyak berlebih yang mengakibatkan jerawat. 

3. Jerawat Pustula

Jerawat Pustula bisa diatasi dengan salicylic acid. Salicylic acid ini berfungsi untuk meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat. Selain itu, salicylic acid berfungsi untuk membersihkan pori dan membantu proses pengelupasan sel kulit mati.

4. Jerawat Nodul

Bagi yang mengalami jerawat Nodul, ada baiknya jika langsung melakukan pengobatan ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik serta obat topikal dan oral.

5. Jerawat Kistik

Sedangkan untuk jerawat Kistik  diatasi dengan antibiotik, retionoid, dan isotretinoin yang diresepkan oleh dokter. 

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id