sign up SIGN UP

SKINCARE

Jerawat Meradang? Berikut Hal-hal yang Perlu Kamu Lakukan

Retno Wulandari | Senin, 13 Jul 2020 09:44 WIB
Jerawat Meradang? Berikut Hal-hal yang Perlu Kamu Lakukan
caption

Jerawat memang menjadi salah satu musuh terbesar bagi seluruh wanita. Apalagi jika jerawat yang muncul berukuran besar dan menimbulkan rasa sakit di area sekitarnya. Nah, kondisi seperti inilah yang disebut dengan jerawat meradang, Ladies.

Jika kamu memiliki permasalahan jerawat meradang, tidak bisa sembarangan untuk merawatnya. Kamu perlu melakukan beberapa langkah perawatannya di bawah ini.

1. Rajin Membersihkan Wajah

Cara efektif mengatasi jerawat meradang
Rajin Membersihkan Wajah/Freepik.com

Kulit dengan kondisi berminyak memang lebih rentan berjerawat, oleh sebab itu kamu diwajibkan untuk rutin membersihkan wajah. Membersihkan wajah dengan produk facial wash maksimal 2 kali sehari berfungsi untuk menghilangkan sementara minyak di wajah sehingga dapat mengurangi terjadinya penyumbatan dalam pori-pori. Di mana sebum inilah yang menjadi pemicu munculnya jerawat dan menyebabkan jerawat semakin meradang, Ladies.


2. Gunakan Tea Tree Oil

Cara efektif mengatasi jerawat meradang
Gunakan Tea Tree Oil/Freepik.com

Produk skincare yang mengandung tea tree oil dapat mengurangi produksi minyak dan menghilangkan bakteri di wajah. Namun, jika kamu memiliki kulit yang sensitif ada baiknya berhati-hati ketika menggunakan produk skincare yang mengandung tea tree oil ini karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit, Ladies. Tapi jika kondisi kulit kamu berminyak dan tidak sensitif, maka menggunakan produk skincare yang mengandung tea tree oil sangat dianjurkan.

3. Gunakan Salisilat

Cara efektif mengatasi jerawat meradang
Gunakan Salisilat/Freepik.com

Salicylic acid atau asal salisilat merupakan bahan yang memiliki efek hampir mirip dengan sulfur, Ladies. Asam salisilat ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati, minyak, dan bakteri dalam pori-pori wajah.

Bahan yang kerap ditemukan dalam kandungan skincare ini dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat lho. Namun, efek samping dari asam salisilat ini dapat membuat kulit kering dan iritasi.

4. Kurangi Stres

Cara efektif mengatasi jerawat meradang
Kurangi Stres/Freepik.com

Ladies, stres merupakan salah satu faktor utama penyebab munculnya jerawat di wajah lho. Hal ini dikarenakan produksi hormon glukokortikoid meningkat dan memicu munculnya permasalahan pada kulit, termasuk jerawat yang meradang.

5. Perbaiki Pola Makan

Cara efektif mengatasi jerawat meradang
Perbaiki Pola Makan/Freepik.com

Salah satu hal yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi jerawat yang meradang adalah dengan memperbaiki pola makan. Hindari makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan memicu produksi insulin berlebih. Hal ini bertujuan agar metabolisme dalam tubuh bekerja lebih cepat menyembuhkan jerawat yang sedang meradang.

6. Istirahat yang Cukup

Cara efektif mengatasi jerawat meradang
Istirahat yang Cukup/Freepik.com

Ladies, seperti yang kita ketahui begadang merupakan salah satu hal tidak baik yang menimbulkan efek buruk bagi tubuh. Ketika begadang, maka inflamasi sitokin meningkat dan menyebabkan zat-zat asing di dalam tubuh menghasilkan peradangan pada jerawat.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id