sign up SIGN UP

SKINCARE

Kenalan dengan Glycolic Acid, Golongan AHA yang Bisa Samarkan Kerutan dan Jerawat

Nisrina Salsabila | Rabu, 13 Jan 2021 16:30 WIB
Kenalan dengan Glycolic Acid, Golongan AHA yang Bisa Samarkan Kerutan dan Jerawat
Mengenal peran dan fungsi glycolic acid/ Foto: Pinterest/mappedoutblog
Jakarta -

Ladies, tak ada salahnya untuk mencari tahu kandungan bahan yang terdapat dalam produk skincare-mu. Ini akan membuatmu aware terhadap bahan-bahan aktif yang akan langsung bersentuhan dengan kulitmu dan juga kamu dapat menentukan sendiri kandungan apa yang kamu butuhkan untuk mengatasi kondisi kulitmu.

Salah satu bahan aktif yang akan dibahas di sini adalah glycolic acid atau asam glikolat. Apa, sih, perbedaan asam yang satu ini dengan asam lainnya? Pada produk apa kita bisa menemukan asam glikolat? Berikut adalah rincian pertanyaan paling umum tentang asam glikolat.

Apa Itu Asam Glikolat?

mengenal glycolic acid
Asam glikolat termasuk jenis AHA/Foto: Pinterest/glowbyran

Asam glikolat merupakan salah satu jenis dari alpha-hydroxy acid (AHA) yang berasal dari tebu. Seperti yang diketahui, jenis acid lainnya yang termasuk golongan AHA yakni asam laktat (lactic acid) yang berasal dari susu asam, asam tartarat (tartaric acid) dari anggur, dan asam sitrat (citric acid) dari jeruk. Dari semua jenis AHA, asam glikolat ini berat molekulnya paling rendah, sehingga mudah sekali untuk menembus lapisan kulit secara efektif.

Seperti sifat AHA pada umumnya, asam glikolat berfungsi sebagai eksfolian yang membantu melepaskan ikatan sel-sel kulit mati dari lapisan kulit terluar agar bisa diregenerasi dengan lapisan kulit baru yang lebih cerah. For your information, lapisan kulit terluar terdiri dari sel kulit mati yang rapat dan terikat erat dengan lem. Asam glikolat mengendurkan ikatan ini dengan melarutkan ikatan lem tersebut, sehingga kulit mati dapat dengan mudah terkelupas.

mengenal glycolic acid
Asam glikolat bisa bersihkan komedo/Foto: Pinterest/byrdiebeauty

Hebatnya, selain bekerja dari luar, asam glikolat juga bisa bekerja dari dalam, loh! Asam glikolat bisa masuk menembus lapisan kulit untuk merangsang produksi kolagen. Efek ini membantu kulit terasa lebih kencang dan meminimalkan garis-garis halus dan kerutan. Kemudian, dapat mengobati dan mencegah jerawat juga komedo, membersihkan pori-pori, maupun mengatasi hiperpigmentasi dan kulit kusam.

Bagaimana Cara Pemakaiannya Sehari-hari?

Kalau kamu ingin mencoba asam glikolat, sebaiknya mulai dari kadar yang kecil, apalagi bagi kamu pemilik kulit sensitif. Pertama, cobalah menggunakan sabun pembersih wajah dengan kandungan glikolat agar kulitmu terbiasa.

mengenal glycolic acid
Eksfoliasi kulit dengan glycolic acid seminggu 2-3 kali /Foto: https://kylieskin.com

Bila sudah terbiasa, tingkatkan penggunaan melalui peel pads atau exfoliating toner/serum dalam skincare routine-mu sebanyak 2-3 kali seminggu. Setelahnya, jangan lupa aplikasikan serum atau pelembab yang menghidrasi serta sunscreen di pagi hari. Untuk kadar yang lebih tinggi, kamu dapat mencobanya dalam bentuk chemical peeling di klinik kecantikan yang dilakukan secara berkala, misalnya sebulan sekali.

Asam glikolat boleh digabungkan dengan eksfoliator lainnya yang bersifat lembut seperti salicylic acid. Namun, sebaiknya hindari memakainya bersamaan dengan bahan eksfolian yang lebih keras berupa scrub wajah, benzoyl peroxide, maupun retinol. Ini tergantung pada seberapa baik kulitmu tahan terhadap produk yang keras.

Pertolongan pertama bila kamu merasakah tingling sensation yang sangat mengganggu, bilaslah dengan air untuk menetralkan asam.

Bisa Digunakan untuk Semua Jenis Kulit?

mengenal glycolic acid
Asam glikolat cocok untuk semua jenis kulit/Foto: Pinterest/POPSUGARBeauty

Secara keseluruhan sebenarnya asam glikolat sangat aman. Kandungan ini paling baik diperuntukkan bagi jenis kulit normal, kombinasi, dan berminyak. Sementara itu, seperti acid lainnya, orang dengan kulit kering dan sangat sensitif sering menimbulkan reaksi iritasi. Jadi, pastikan kamu telah melakukan patch test dulu, ya, sebelumnya!

Apa Rekomendasi Produk yang Cocok?

mengenal glycolic acid
Rekomendasi produk skincare berbahan asam glikolat/Foto: Pinterest/bluemercury/ultbeauty/target/kbeautyworld33

Mario Badescu Glycolic Foaming Cleanser dan Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Face Wash bisa menjadi referensi facewash dengan asam glikolat untukmu.

Lalu, untuk tonernya coba gunakan The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution, COSRX AHA 7 Whitehead Powder Liquid atau PIXI Glow Tonic.

Bila kamu memiliki jerawat sedang hingga parah atau ingin meringankan bekas jerawat, gunakanlah produk dengan asam glikolat 10% seperti L'Oréal RevitaLift 10% Glycolic Acid Resurfacing Serum.

Terakhir, kamu bisa memilih A’pieu Glycolic Acid Cream 3% sebagai pelembap.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id