sign up SIGN UP

SKINCARE

Kesalahan Pakai Sunscreen yang Bisa Bikin Wajah Jadi Kusam

Neysa Alicia | Selasa, 08 Jun 2021 16:15 WIB
Kesalahan Pakai Sunscreen yang Bisa Bikin Wajah Jadi Kusam
Cara pemakaian yang kurang tepat dapat menyebabkan sunscreen tidak bekerja dengan baik hingga membuat kulit kusam / foto: freeimages.com
Jakarta -

Hai, Beautynesian! Pernah merasa kulit kamu tetap terbakar meskipun sudah pakai sunscreen sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan? Mungkin cara memakai sunscreen kamu yang masih salah. Biar kulit kamu tetap terjaga dan terhindar dari kusam akibat paparan sinar matahari, kamu bisa ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Tidak Mengaplikasikan Sunscreen dengan Rata

foto: freeimages.com
foto: freeimages.com

Kesalahan yang paling umum dilakukan ketika menggunakan sunscreen adalah tidak mengaplikasikannya secara merata. Kadang hal ini dikarenakan mengambil produk sunscreen terlalu sedikit, sehingga bagian wajah yang terolesi sunscreen terlalu tipis. Bagian wajah yang tidak seluruhnya terlapisi sunscreen dengan baik bisa menyebabkan belang dan kusam. Kalau kamu takut wajah terasa lengket akibat sunscreen, kamu bisa pilih produk sunscreen dengan formula ringan dan cepat menyerap ke wajah.

Jangan lupa juga untuk mengaplikasikannya ke area leher agar kulit kamu terlindungi secara merata.

2. Langsung Beraktivitas di Luar Ruangan Setelah Memakai Sunscreen

foto: freeimages.com
foto: freeimages.com

Hayo, siapa yang suka langsung ke luar rumah setelah mengaplikasikan sunscreen ke wajah? Kamu perlu tahu, kalau ternyata kulit kita membutuhkan waktu terlebih dahulu untuk menyerap produk sunscreen, sebelum melindunginya dari paparan buruk sinar UVA dan UVB. Jika kulit langsung terkena sinar matahari sesaat setelah menggunakan sunscreen, produk belum bekerja dengan baik di kulit kita sehingga kulit akan tetap terbakar. Untuk itu, sebaiknya kamu menunggu sekitar 30 menit terlebih dahulu setelah memakai sunscreen sebelum ke luar rumah, ya!

3. Menggunakan Sunscreen Hanya Ketika Ingin ke Luar Rumah

foto: freeimages.com
foto: freeimages.com

Masih banyak yang beranggapan kalau sunscreen cukup digunakan ketika ke luar rumah saja. Memang benar, kulit terpapar langsung oleh sinar matahari ketika kita berada di luar ruangan. Namun siapa sangka kalau efek buruk dari sinar matahari bisa mempengaruhi kulit ketika kita beraktivitas di dalam ruangan? Sinar matahari masih bisa masuk melalui jendela dan kaca. Jika kamu tidak menggunakan sunscreen, maka kemungkinan besar kulit kamu akan terbakar. 

4. Tidak Melapisi Ulang Sunscreen Ketika Beraktivitas Seharian

foto: freeimages.com
foto: freeimages.com

Sudah pakai sunscreen tapi kulit masih terbakar? Jangan merasa kamu sudah aman ketika memakai sunscreen sebelum ke luar rumah, karena sunscreen hanya mampu bekerja selama beberapa jam di kulit. Kamu perlu mengaplikasikan sunscreen secara ulang setiap 2 jam sekali, apalagi ketika beraktivitas di luar ruangan seharian agar kulit tetap terlindungi.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id