sign up SIGN UP

Ketahui 4 Penyebab Flek Hitam yang Bisa Kamu Hindari Mulai Sekarang

Dian Aprilia | Sabtu, 24 Jul 2021 19:00 WIB
Ketahui 4 Penyebab Flek Hitam yang Bisa Kamu Hindari Mulai Sekarang
caption

Flek hitam di kulit biasanya dikenal juga dengan sebutan hiperpigmentasi. Kondisi ini terjadi karena sebagian area kulit menghasilkan melanin lebih banyak dibandingkan biasanya. Akibatnya area tersebut akan memiliki warna yang lebih gelap dan menghitam. Sebelum mengetahui cara menghilangkan flek hitam, kamu perlu tahu tanda-tanda dan penyebabnya.

Flek hitam ditandai dengan warna kulit cokelat kehitaman, bercak-bercak tidak menonjol dan biasanya berada di bagian pipi. Salah satu cara ampuh mengatasi flek hitam adalah mengenali penyebab dan menghindarinya. Berikut beautynesia.id telah merangkum 4 penyebab flek hitam yang bisa kamu hindari mulai sekarang.

Genetik

Genetik
Genetik/pexels.com/Edward Jenner

Faktor flek hitam yang tak bisa dicegah dan dihindari adalah faktor genetik. Jadi flek hitam bisa diturunkan dari orang tua. Hal ini biasa terjadi pada orang dengan warna kulit yang lebih putih atau cerah, memiliki warna rambut merah, pirang atau cokelat.

Jadi tidak heran jika bule atau orang luar negeri yang masih muda sekalipun ada yang memiliki noda hitam di pipi. Jika disebabkan faktor genetik maka cara menghilangkan flek hitam jauh lebih sulit bahkan tidak bisa dilakukan.

Kondisi Perubahan Hormonal

Flek hitam
Flek hitam/pexels.com/Leah Kelley

Selanjutnya flek hitam bisa disebabkan oleh perubahan hormonal. Melasma adalah masalah kulit yang menyebabkan bercak kecoklatan pada wajah. Penyakit ini juga dikenal dengan mask of pregnancy karena sering dialami pada ibu hamil. Namun masalah flek hitam ini bisa hilang dengan sendirinya setelah ibu melahirkan.

Cara menghilangkan flek hitam yang disebabkan oleh perubahan hormonal ialah menggunakan sunscreen secara rutin atau mendapatkan treatment dari dokter. Hal ini bergantung pada kondisi flek hitam yang kamu alami.

Terjadinya Peradangan di Wajah

Flek hitam
Flek hitam/pexels.com/Sam Lion

Penyebab flek hitam selanjutnya adalah peradangan atau inflamasi di wajah. Flek hitam bisa muncul usai terjadinya peradangan di kulit. Ada berbagai jenis peradangan yang bisa menyebabkan flek hitam. Di antaranya adalah luka pada kulit, jerawat meradang dan parah, eksim, psoriasis dan lainnya.

Cara menghilangkan bintik hitam di wajah karena adanya inflamasi atau peradangan adalah menggunakan skincare routine mulai dari facial wash hingga pelembab yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah, serta rutin pakai sunscreen.

Efek Penyakit Tertentu

Flek hitam
Flek hitam/pexels.com/Jenna Hamra

Penyebab flek hitam yang terakhir adalah adanya penyakit tertentu. Salah satu penyakit yang menyebabkan munculnya flek hitam adalah diabetes. Hal ini bisa menyebabkan area kulit nampak jadi lebih gelap atau kecoklatan. Cara menghilangkan bintik hitam di wajah karena penyakit tertentu adalah menyembuhkan penyakit substansi serta diiringi dengan penggunaan skincare yang tepat.

Itulah 4 penyebab flek hitam yang perlu kamu ketahui sehingga memahami cara pencegahan yang tepat sesuai dengan sumber masalah.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id