sign up SIGN UP

5 Kombinasi Bahan Aktif Skincare yang Bisa Bikin Wajah Glowing Maksimal

Pavita Sevilla | Sabtu, 17 Jul 2021 16:15 WIB
5 Kombinasi Bahan Aktif Skincare yang Bisa Bikin Wajah Glowing Maksimal
caption

Bahan aktif skincare sering ditemukan khususnya dalam produk serum atau toner. Bahan aktif ini pun kemudian menjadi favorit banyak orang. Sebab, dengan adanya bahan tersebut, skincare bisa bekerja lebih optimal dan hasilnya pun bisa lebih cepat terlihat.

Belakangan ini banyak pembahasan tentang bahan aktif yang tidak boleh dicampur. Tapi ternyata, ada juga lho bahan aktif skincare yang bisa digabungkan pemakaiannya. Kombinasi kandungan skincare ini akan lebih efektif untuk mengatasi permasalahan kulitmu.

Beauties, yuk langsung intip di bawah untuk mengetahui apa saja kombinasi bahan aktif skincare yang bagus untuk wajah. Simak yuk!

1. AHA dan BHA

Exfoliating serum Some By Mi dengan kandungan AHA BHA/instagram.com/somebymi.official_id
Exfoliating serum Some By Mi dengan kandungan AHA BHA/instagram.com/somebymi.official_id

Kombinasi AHA dan BHA dalam produk skincare memang sudah tidak asing lagi, bukan? Masih banyak yang beranggapan bahwa AHA dan BHA adalah 1 bahan. Nyatanya, AHA dan BHA adalah 2 bahan aktif yang berbeda. AHA dan BHA memang merupakan kombinasi yang bagus untuk exfoliating skincare agar proses eksfoliasi menjadi lebih sempurna tanpa mengganggu kelembapan wajah.

Dilansir dari Wolipop, AHA (Alpha Hydroxy Acid) bekerja dengan cara mengeksfoliasi kulit bagian luar. Glycolic acid dan lactic acid adalah contoh beberapa jenis kandungan AHA. Kandungan AHA akan menjaga kulit tetap lembap karena hanya bekerja di permukaan.

Sedangkan BHA (Beta Hydroxy Acid) bekerja dengan mengangkat sel kulit mati dari dalam pori-pori, sehingga fungsinya bisa untuk mengurangi minyak dan juga mengatasi penyebab jerawat akibat pori-pori tersumbat. Salicylic acid dan citric acid merupakan kandungan BHA yang paling sering digunakan.

2. Niacinamide dan Alpha Arbutin

Serum dengan kandungan kombinasi niacinamide dan alpha arbutin/editorial.femaledaily.com
Serum Zyglow Skin, kombinasi niacinamide dan alpha arbutin/editorial.femaledaily.com

Niacinamide adalah bahan aktif skincare turunan vitamin B3 yang bermanfaat untuk membuat wajah lebih cerah, mengontrol minyak berlebih dan membuat skin barrier lebih sehat. Sedangkan alpha arbutin adalah bahan aktif alami yang terbuat dari ekstrak tanaman. Kandungan ini dikenal dengan manfaatnya untuk memudarkan bekas jerawat.

Kombinasi keduanya dapat membuat wajah cerah lebih cepat sekaligus ampuh mengatasi masalah bekas jerawat yang membandel. Beberapa produk bahkan sudah mengeluarkan skincare dengan kombinasi ini. Kamu juga bisa mencoba dengan teknik layering 2 skincare yang mengandung niacinamide dan alpha arbutin.

Berbeda dengan niacinamide yang aman untuk jerawat, alpha arbutin justru tidak disarankan untuk digunakan saat wajah masih berjerawat. Sehingga jika ingin menggunakan kombinasi ini, pastikan wajah sudah terbebas dari jerawat ya, Beauties.

3. Retinol dan Niacinamide

The Ordinary Niacinamide dan Retinol/sciencebecomesher.com/Laura H. MSC. RN.
The Ordinary Niacinamide dan Retinol/sciencebecomesher.com/Laura H. MSC. RN.

Retinol yang merupakan turunan vitamin A selama ini dikenal sebagai salah satu kandungan skincare anti-aging yang ampuh. Retinol dapat mencegah tanda-tanda penuaan seperti flek hitam, kerutan, dan garis halus. Sayangnya, retinol juga dapat menimbulkan iritasi.

Dilansir dari healthline, penggunaan layering skincare berbahan retinol dan niacinamide dapat menghasilkan efek yang bagus untuk kulit. Sebab, niacinamide memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah skin barrier. Sehingga, itu bisa mengurangi efek negatif dari retinol.

4. AHA/BHA dan Vitamin C

Toner Cosrx dengan kandungan AHA, BHA, dan vitamin c/shopee.co.id/editbysociolla.official
Toner Cosrx dengan kandungan AHA, BHA, dan vitamin C/shopee.co.id/editbysociolla.official

Beberapa skincare terutama produk Korea sudah mulai memproduksi produk dengan kandungan campuran antara AHA/BHA, dan Vitamin C. Kombinasi ini bagus untuk mengangkat sel kulit mati, mengurangi minyak di wajah, sekaligus mencerahkan wajah.

Menurut Dr. Caren Campbell, ahli dermatologis San Fransisco, mengatakan bahwa kombinasi ketiganya sangat bagus untuk dijadikan exfoliating skincare bagi pemilik kulit wajah berminyak. Namun, kombinasi bahan ini tidak disarankan bagi pemilik kulit normal apalagi kering sebab dapat memicu iritasi. 

5. Vitamin C dan Niacinamide

Exfoliating toner Avoskin, kombinasi vitamin C dan Niacinamide/instagram.com/avoskinbeauty
Exfoliating skincare Avoskin, kombinasi vitamin C dan niacinamide/instagram.com/avoskinbeauty

Gabungan vitamin C dan niacinamide ternyata memiliki efek yang bagus jika digunakan di waktu yang tepat. Jika ingin mencerahkan wajah dengan maksimal, skincare dengan kombinasi kedua kandungan ini bisa kamu coba.

Walaupun banyak yang mengatakan bahwa vitamin C dan niacinamide tidak boleh digabungkan, namun dikutip dari BYRDIE, ahli kimia kosmetik, Perry Romanowski, mengatakan bahwa ternyata sebenarnya menggabungkan keduanya tidak masalah. Itu hanya berisiko jika digunakan di suhu tinggi seperti saat terkena sinar matahari. Oleh karena itu, skincare kombinasi kedua bahan ini hanya dapat digunakan pada malam hari saja.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id