sign up SIGN UP

SKINCARE

Ketahui Manfaat Vitamin A dalam Produk Skincare untuk Kecantikan

Intan Dwi | Minggu, 04 Apr 2021 14:30 WIB
Ketahui Manfaat Vitamin A dalam Produk Skincare untuk Kecantikan
caption

Vitamin sangat penting untuk menjaga kesehatan, penampilan dan fungsi kulit yang optimal, mulai dari makanan padat nutrisi hingga menggunakan produk topikal yang mengandung vitamin semuanya bisa bermanfaat untuk tubuh. Tak hanya membantu tampilan kulit terlihat sehat, vitamin juga bisa digunakan untuk mengelola berbagai kondisi kulit, seperti jerawat hingga efek photoaging.

Salah satu vitamin yang kerap digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan kulit adalah vitamin A. Karena vitamin yang satu ini dianggap sebagai pahlawan yang paling bekerja dan dicintai oleh hampir semua dermatologi. Kandungan vitamin A ini juga bisa memberikan banyak manfaat yang baik untuk kulit kamu. Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai vitamin A, simak penjelasan di bawah ini:

Apa itu Vitamin A?

Vitamin A merupakan nutrisi penting yang mendukung kesehatan kulit, mata dan reproduksi serta fungsi kekebalan tubuh.
Apa itu vitamin A/freepik.com

Vitamin A merupakan nutrisi penting yang mendukung kesehatan kulit, mata dan reproduksi serta fungsi kekebalan tubuh. Namun, istilah mengenai vitamin A ini masih sangat membingungkan bagi banyak orang dan banyak informasi di luar sana yang masih salah mengartikannya.

Melansir dari laman Byrdie, vitamin A merupakan nama dari sekelompok retinoid. Dengan demikian, istilah “retinoid” mengacu pada tiga macam vitamin A yang berbeda, yaitu retinol, retinal dan asam retinoat. Tetapi ketiganya memiliki manfaat untuk perawatan kulit yang sama, perbedaannya hanya terletak pada proses konversi yang mereka lakukan atau tidak harus melalui di kulit agar efektif dan selanjutnya seberapa kuat mereka.

Kandungan asam retinoat dalam produk perawatan kulit menjadi yang paling kuat, sementara retinol adalah yang paling lemah dan retinal berada di tengah-tengah. Kulit merupakan organ yang responsif terhadap retinoid, sehingga dengan mudahnya menyerap vitamin A saat dioleskan.

Manfaat Vitamin A untuk kulit

Loreal Paris memiliki salah satu produk serum untuk anti keriput yang mengandung retinol
Manfaat vitamin A untuk kulit/instagram.com/lorealparis

Ini menjadi salah satu bahan yang telah dicoba dan kebenarannya manfaatnya telah terbukti, yaitu efektif digunakan sebagai opsi pencegahan dan anti-penuaan. Berikut ini manfaat lainnya dari Vitamin A:

Pengobatan jerawat yang efektif, ada alasan yang baik mengapa vitamin A atau asam retinoat disetujui sebagai pengobatan jerawat. Rupanya ini membantu menormalkan produksi minyak dan sifat eksfoliasinya membantu mencegah pori-pori tersumbat. Vitamin A juga memiliki efek anti-inflamasi yang menghilangkan kemerahan.

Ini menjadi salah satu bahan yang telah dicoba dan kebenarannya manfaatnya telah terbukti, yaitu efektif digunakan sebagai opsi pencegahan dan anti-penuaan.
Manfaat vitamin A/instagram.com/lorealparis

Meningkatkan pergantian sel kulit, vitamin A mendorong pengelupasan sel kulit tua dan merangsang regenerasi sel yang lebih baru, lebih sehat dan lebih halus. Pada dasarnya ini juga bekerja sebagai eksfoliasi, meningkatkan warna kulit dan tekstur permukaan kulit.

Merangsang produksi kolagen, tak hanya bekerja pada epidermis yang merupakan lapisan terluar kulit, vitamin A juga bekerja di dermis yang merupakan lapisan paling dalam kulit dimana Ia merangsang produksi kolagen. Ini enggak hanya membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan tetapi juga memperbaiki dan menebalkan kulit.

Efek samping dari Vitamin A

Meski memiliki banyak manfaat, sayangnya vitamin A memiliki efek samping yang cukup kuat dan berpotensi bermasalah untuk beberapa jenis kulit.
Efek samping dari Vitamin A/instagram.com/laneige_kr

Meski memiliki banyak manfaat, sayangnya vitamin A memiliki efek samping yang cukup kuat dan berpotensi bermasalah untuk beberapa jenis kulit. Efek sampingnya termasuk, iritasi, kulit kering dan photosensitivity, dalam beberapa kasus bahkan melepuh dan mengelupas.

Kabar baiknya adalah efek ini biasanya akan hilang setelah kulit kamu menyesuaikan diri dengan bahan tersebut atau proses yang secara teknis dikenal sebagai retinisasi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id