sign up SIGN UP

SKINCARE

Kulit Bersih Tanpa Jerawat, Cukup Ikuti 10 Kebiasaan Ini

Dimitrie Hardjo | Senin, 07 Jun 2021 23:00 WIB
Kulit Bersih Tanpa Jerawat, Cukup Ikuti 10 Kebiasaan Ini
Clear skin routines. Foto: pexels.com
Jakarta -

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah mulus, bersih, terbebas dari jerawat? Tidak cuma mengandalkan skincare untuk menjaga kesehatannya, kebiasaan kita sehari-hari juga sangat mempengaruhi kebersihan kulit lho! Apalagi jerawat mempunyai multi faktor penyebab, jadi selain menjaga apa yang kita konsumsi, akan lebih baik kita mengikuti kebiasaan berikut ini agar wajah kita terbebas dari jerawat, Beautynesian.

1. Mencuci wajah sebelum dan bangun tidur

Mencuci wajah sebelum dan sesudah tidur.
Mencuci wajah sebelum dan sesudah tidur. Foto: pexels.com

Entah seberapa lelahnya kamu, bersihkan makeup dan cuci wajahmu setiap sebelum tidur. Tidur dengan makeup akan menutup pori-pori dan kotoran yang menempel bisa menyebabkan jerawat. Begitu pula ketika pagi hari, produk rambut yang mungkin menempel pada bantal akan mengotori wajahmu sehingga kamu perlu mencuci wajah pada pagi hari.

2. Selalu gunakan moisturizer

Selalu gunakan moisturizer.
Selalu gunakan moisturizer. Foto: pexels.com

Walaupun kulitmu berminyak, tetap gunakan moisturizer. Kulit yang dehidrasi akan mengirimkan sinyal pada kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak sebum sehingga wajah akan lebih berminyak dan menyebabkan jerawat.

3. Tidur yang cukup

Cukup tidur.
Cukup tidur. Foto: pexels.com

Tidur 8 jam setiap malam sangat penting agar kulitmu beregenerasi secara natural. Selain itu, skincare yang kamu gunakan juga akan terserap maksimal selama tidur. Yuk, kurangi begadang mulai sekarang!

4. Pilih masker yang breathable untuk hindari maskne

Gunakan breathable mask.
Gunakan breathable mask. Foto: pexels.com

Kewajiban memakai masker saat ke luar rumah memang bisa mendatangkan jerawat. Karena itu, kamu bisa menggunakan masker yang breathable, yaitu dengan bahan serat alami seperti katun atau linen. Lalu, jangan lupa untuk cuci masker selesai kamu mengenakannya ya.

5. Bersihkan handphone

Rutin bersihkan handphone.
Rutin bersihkan handphone. Foto: pexels.com

Tanpa disadari handphone yang kamu bawa kemanapun kamu pergi memiliki banyak sekali bakteri di permukaannya. Ketika kamu menggenggam dan menempelkannya ke wajah, maka bakteri tersebut akan transfer ke kulit. Karenanya, kamu harus rutin membersihkan handphone-mu dengan tisu anti bakteri.

6. Hindari kebiasaan memegang wajah dan memencet jerawat

Hindari memencet jerawat dan memegang wajah.
Hindari memencet jerawat dan memegang wajah. Foto: pexels.com

Seperti halnya handphone, tanganmu juga memiliki banyak bakteri karena kamu menyentuh banyak hal selama beraktivitas. Karena itu, kamu perlu hindari kebiasaan menyentuh wajah, termasuk memencet jerawat yang bisa menyebabkan bekas.

7. Ganti sarung bantal secara rutin

Ganti sarung bantal secara rutin.
Ganti sarung bantal secara rutin. Foto: pexels.com

Sarung bantal menjadi hal lain yang perlu diperhatikan kebersihannya karena wajah kita pasti menempel ke kain sarung bantal saat tidur. Sisa produk rambut, skincare, bakteri, dan keringat bisa menempel pada serat kain dan akan mengotori wajahmu. Untuk menghindari efek negatif pada kulit, dianjurkan untuk mengganti sarung bantal secara rutin setiap minggunya.

8. Diet skincare

Mengurangi jumlah penggunaan produk skincare.
Mengurangi jumlah penggunaan produk skincare. Foto: pexels.com

Jika kamu masih melakukan 10 step skincare routine, mungkin sekarang saatnya untuk memikirkan kembali pengaplikasiannya. Skincare rutin yang simple menjadi trending saat ini karena sudah terbukti baik untuk menghindari iritasi dan kemerahan pada kulit.

9. Merawat kulit wajah dengan lembut

Merawat kulit wajah dengan lembut.
Merawat kulit wajah dengan lembut. Foto: pexels.com

Ketika merawat kulit, tentu kamu ingin memperlakukannya dengan lembut, seperti menggunakan produk-produk yang gentle, tidak menggosok wajah dengan kasar ketika eksfoliasi, serta mengeringkan kulit setelah cuci muka dengan cara ditepuk perlahan.

10. Jangan lupa sunscreen!

Gunakan sunscreen setiap hari.
Gunakan sunscreen setiap hari. Foto: unsplash.com

Hal lain yang tidak boleh dilupakan ialah menggunakan sunscreen setiap pagi dan reapply di siang hari. Begitu banyak manfaat sunscreen, termasuk menjaga kulitmu dari efek negatif sinar UV dan blue light, jadi kamu harus menggunakannya walaupun kamu di dalam ruangan sekalipun.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id