sign up SIGN UP

SKINCARE

Kulit Kering dan Mudah Jerawatan, Mungkin Skin Barrier Kamu Rusak!

tyana | Senin, 05 Apr 2021 15:00 WIB
Kulit Kering dan Mudah Jerawatan, Mungkin Skin Barrier Kamu Rusak!
caption

Ladies, pernah mendengar istilah skin barrier? Yup, pasti istilah ini tidak asing lagi, hampir semua ahli dermatology selalu menyinggung hal ini saat memberikan tentang kecantikan kulit. Skin barrier merupakan bagian lapisan kulit terluar yang terbentuk dari sel-sel kulit yang saling terikat oleh suatu zat yang terbentuk dari protein seperti lem. Sesuai namanya fungsi dari skin barrier adalah untuk menjaga kulit dari bakteri, polusi ataupun sinar UV A dan UVB. 

Sayangnya banyak kebiasaan yang tak sadari dapat merusak skin barrier seperti mencuci muka terlalu sering, terlalu sering eksfoliasi kulit dan juga jarang menggunakan sunscreen saat siang hari. Oleh karena itu kulit lebih mudah berjerawat, bruntusan, kering hingga iritasi dan juga mengelupas. Ladies, penting bangetkan menjaga skin barrier? Untuk itu lakukan beberapa hal ini agar skin barrier kamu kuat kembali. 

Stop Eksperimen dengan Kulit

penyebab skin barrier rusak
Ilustrasi Skincare Routine/Freepik.com

Untuk mendapatkan kulit yang cerah, sehat dan cantik kadang kamu melakukan eksperimen kecil dengan mencoba berbagai tips kecantikan dan rekomendasi skincare. Sayangnya mencoba berbagai tips kecantikan ataupun skincare dalam waktu yang bersamaan dapat merusak skin barrier kamu apalagi dengan skincare yang mengandung alkohol. Sebelum mengikut berbagai tips kecantikan, pastikan bahwa tips tersebut aman dilakukan dan tidak menggunakan bahan-bahan yang dapat merusak kulit. 

Stop juga kebiasaan kamu dengan menggunakan berbagai produk skincare yang belum kamu ketahui fungsinya dan cara penggunaannya. Lebih baik fokus terhadap skincare routine standar kamu yaitu mencuci muka dua kali sehari, menggunakan moisturizer, menggunakan serum untuk memaksimalkan mengatasi permasalahan kulit dan juga jangan lupa untuk menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Gunakan Skincare yang dapat Memperkuat Skin Barrier

penyebab skin barrier rusak
Ilustrasi Menggunakan Cream Wajah/ Freepik.com

Untuk memperbaiki skin barrier kamu tak cukup hanya menghentikan faktor penyebabnya saja, tetapi juga kamu membutuhkan berbagai kandungan yang dapat meningkatkan ketahanan dari kulit. Ceramide menjadi salah satu kandungan yang memiliki fungsi memperkuat skin barrier. Hal ini dikarenakan kandungan ini dimiliki tubuh secara alami dan juga berada pada lapisan atas skin barrier.

Selain kandungan ceramide, produk skincare yang mengandung niacinamide dan hyaluronic acid dapat memperbaiki skin barrier dengan cara meningkatkan produksi ceramide, kolagen dan juga mempertahankan kelembapan kulit. 

Mencegah Skin Barrier Rusak

penyebab skin barrier rusak
Ilustrasi Minum Air Putih/Freepik.com

Setelah kamu menghentikan penyebab skin barrier rusak dan juga memperkuat skin barrier. Kamu juga perlu meningkatkan proteksi agar terhindari dari kerusakan skin barrier dengan cara menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh efek buruk sinar matahari.

Tak hanya itu, kamu juga perlu meningkat proteksi dari dalam tubuh dengan menjaga pola hidup sehat seperti tidur yang cukup, meningkatkan konsumsi air putih, mengkonsumsi buah dan sayuran dan menghentikan konsumsi alkohol, rokok dan juga narkoba. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id