sign up SIGN UP

SKINCARE

Kulit Merah Seperti Kepiting Rebus, Apa Penyebabnya?

S Saraswathi | Rabu, 22 Jul 2020 15:00 WIB
Kulit Merah Seperti Kepiting Rebus, Apa Penyebabnya?
caption

Ketika kulit wajah memerah, lebih baik kamu segera mencari tahu apa penyebabnya. Terlihat seperti hal yang biasa saja dan bukan sesuatu yang serius, namun ternyata tidak sesederhana itu, Ladies.

Ketika kulit memerah bisa jadi itu tubuh kita sedang mencoba memberi tahu bahwa keadaan jaringan kulit sedang tidak sehat dan bisa jadi itu adalah indikasi adanya penyakit yang serius. Untuk kita tidak boleh anggap sepele. Simak terus artikel ini untuk penjelasan lebih lengkap mengenai kulit yang memerah ya!

1. Reaksi Obat / Alergi Obat

medicine
Medicine / www.freepik.com

Alergi obat ini adalah reaksi yang ditimbulkan oleh badan ketika terjadi suatu penolakan atau ketidakcocokan tubuh kita terhadap obat yang kita konsumsi. Itu sebabnya kenapa ketika dokter akan memberikan resep obat, kita akan ditanya apakah memiliki alergi pada suatu obat.


Salah satu efek yang ditimbulkan adalah kulit yang memerah dan biasanya disertai dengan rasa panas atau gatal pada bagian yang memerah itu. Ini sering terjadi pada penggunaan krim-krim yang diberikan oleh klinik kecantikan. Krim hidrokortison (steroid) menjadi salah satu obat yang bisa membuat kulit wajah mengalami kemerahan. Duh, coba perhatikan lagi ya obat yang kamu konsumsi, Ladies!

2. Dermatitis kontak

Alergia
Alergia / www.freepik.com

Dermatitis kontak adalah suatu kondisi di mana kulit terpapar atau terkena suatu benda atau zat yang dapat memicu terjadinya iritasi dan reaksi contohnya seperti alergi. Kondisi ini sangat sering ditemui pada wajah.

Wajah adalah bagian kulit yang paling rentan terkena dermatitis kontak karena sehari-harinya kita menggunakan skincare dan makeup. Kulit kepala juga termasuk bagian yang rawat, seperti penggunaan produk perawatan atau pewarna rambut.

Ketika tidak cocok akan muncul gejala itu, bahkan bisa menyebabkan kebotakan. Jika terjadi dermatitis kontak biasanya akan ada keluhan gatal, kulit kering, hingga rasa nyeri. Jadi, saat kamu mulai merasakannya, lebih baik segera periksa ke dokter ya!

3. Rosacea

Face
Face / www.freepik.com

Rosacea adalah kondisi di mana kulit pada wajah memerah. Namun tidak sesederhana itu, kondisi ini juga bisa membuat pembuluh darah di wajah akan terlihat dan kadang bahkan bisa menimbulkan benjolan kecil merah yang berisi nanah.

Kondisi ini memang tidak dapat disembuhkan, namun ada beberapa perawatan yang dapat membantu mengatasi kemerahan pada wajahmu. Jika kamu mengalami kondisi ini, segera periksa ke dokter specialist kulit ya, Ladies.

4. Psoriasis

Itchy skin
Itchy skin / www.freepik.com

Psoriasis adalah salah satu jenis penyakit auto imun yang tidak dapat disembukan. Penyakit ini dapat menimbulkan bercak merah keperakan yang bersisik.

Psoriasis akan muncul pada bagian tertentu pada tubuh seperti kulit kepala, wajah, siku, tangan, lutut, kaki, dada, punggung bawah, dan lipatan antara bokong. Namun bisa juga psoriasis ini muncul pada kuku tangan dan kaki.

Walaupun tidak bisa disembuhkan psoriasis tetap bisa di diringankan dengan perawatan yang baik dari medis. Segera periksa ke dokter ketika kamu mulai merasakan gejalanya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id