sign up SIGN UP

Lakukan Kebiasaan Ini Supaya Tidak Timbul Maskne di Wajah

Liana Dewi | Senin, 31 May 2021 17:30 WIB
Lakukan Kebiasaan Ini Supaya Tidak Timbul Maskne di Wajah
caption
Jakarta -

Saat ini kita tidak bisa lepas dari masker ketika berada di luar rumah. Namun sayangnya, penggunaan masker dapat menimbulkan masalah jerawat. Jerawat yang diakibatkan oleh penggunaan masker biasa disebut dengan maskne (mask acne).

Nah, untuk menghindari maskne ini, ada beberapa kebiasaan yang harus kamu perhatikan. Kebiasaan-kebiasaan ini sangatlah sederhana, namun dapat memberikan dampak yang luar biasa terhadap kulit.

Jadi, apa saja kebiasaan yang harus dilakukan supaya tidak timbul maskne pada wajah? Berikut adalah penjabarannya!

Bersihkan Wajah dengan Optimal dan Gunakan Moisturizer

Bersihkan Wajah dengan Optimal
Bersihkan Wajah dengan Optimal/freepik.com

Skincare dasar yang tidak boleh kamu lewatkan jika ingin terhindar dari maskne adalah membersihkan wajah dan menggunakan pelembap. Pastikan kamu membersihkan wajah dengan optimal supaya sisa makeup, debu, dan segala macam kotoran terangkat dari kulitmu.

Kemudian gunakanlah moisturizer supaya kulit terhidrasi dan skin barrier kamu tetap kuat. Pakailah skincare yang memiliki sifat non-comedogenic atau yang tidak menutupi pori-pori supaya kulitmu bisa bernapas dengan leluasa.

Perhatikan Caramu Menggunakan Masker

Supaya kulit tetap terawat kesehatannya, cara menggunakan masker juga perlu diperhatikan. Gunakan bahan masker yang halus supaya kulitmu tidak mudah iritasi karena gesekan dengan masker yang kasar.

Selain itu, jangan menggunakan masker terlalu ketat. Ternyata menggunakan masker ketat juga bisa meningkatkan risiko iritasi pada kulit. Pakailah masker dengan benar supaya udara dapat tersaring oleh masker dan kamu dapat terhindar dari virus, tapi memakai maskernya jangan terlalu ketat, ya!

Ganti Masker secara Rutin

Kamu pasti tidak mau kan maskermu jadi sarang tumbuhnya bakteri penyebab jerawat? Oleh karena itu, kamu perlu mengganti masker secara rutin. Jika kamu menggunakan masker medis, gantilah masker setiap 4 jam sekali.

Dengan demikian maskermu tetap bersih dan dapat berfungsi secara optimal. Kamu juga jadi terhindar dari maskne yang menyebalkan!

Cuci Masker Setiap Habis Digunakan

Nah, untuk para pengguna masker kain, kamu wajib banget perhatikan yang satu ini! Masker kain merupakan masker yang reusable, tapi bukan berarti kamu dapat memakainya berulang kali tanpa membersihkannya.

Selalu cuci masker kainmu setiap kali selesai digunakan. Gunakan juga detergen yang lembut untuk menjaga maskermu agar tidak menjadi kasar dan berdampak buruk pada kulit!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id