sign up SIGN UP

Lebih Baik Mana, Mandi Pakai Air Hangat atau Dingin untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit?

Fina Prichilia | Kamis, 19 Aug 2021 14:30 WIB
Lebih Baik Mana, Mandi Pakai Air Hangat atau Dingin untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit?
Jakarta -

Tak sedikit yang menghindari mandi pakai air dingin di pagi hari. Itu karena dinginnya air yang terasa 'menusuk' sampai ke tulang, terlebih kalau kamu baru bangun dari ruangan ber-AC dan turun hujan di luar ya, Beauties.

Untuk itu, mandi pakai air panas atau hangat kerap dipilih. Meski begitu, ada juga yang tak masalah bila pagi-pagi menggunakan air dingin.

Mandi Air Dingin vs Air Hangat

Urutan mandi yang tidak tepat juga menjadi salah satu penyebab mengapa jerawat dapat timbul.Lebih baik mana: mandi pakai air hangat atau dingin untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit?/Foto: Freepik.com

Kabar baiknya, baik mandi air dingin maupunĀ mandi air hangat sama-sama bermanfaat lho, Beauties. Demikian seperti yang dikutip dari Healthline.

Meski begitu dengan keuntungan yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu bisa pilih dari manfaat mana yang ingin kamu peroleh, serta menghindari sisi risikonya.

1. Manfaat dan Risiko Mandi Air Dingin

Dapat menyegarkan pikiran, sehingga membuat kamu segar. Ini karena suhu air dingin bisa memicu otak menghasilkan hormon norepinefrin.

Menurut penelitian pada European Journal of Applied Physiology and Occupational Physiology, suhu dingin dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, mandi air dingin juga diketahui dapat meredakan depresi, sebab otak akan menghasilkan hormon beta-endorfin yang akan membuatmu merasa lebih baik.

Sementara untuk risikonya mengalami hipotermia. Untuk itu, hindari mandi menggunakan air dingin jika suhu di sekitaran kamu sudah cukup hingga terlalu dingin.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id