sign up SIGN UP

Mau Eksfoliasi Wajah yang Berjerawat? Perhatikan Hal Ini!

Phanie Fauziah | Selasa, 06 Jul 2021 16:15 WIB
Mau Eksfoliasi Wajah yang Berjerawat? Perhatikan Hal Ini!
caption
Jakarta -

Jerawat memang menjadi salah satu masalah yang kerap memengaruhi penampilan kita. Butuh perawatan ekstra daripada kulit yang sehat, bahkan untuk eksfoliasi pun jenis kulit berjerawat harus memikirkan risiko serta cara yang tepat terlebih dahulu.

Eksfoliasi dilakukan untuk mencegah jerawat. Tapi, apakah eksfoliasi aman dilakukan kulit berjerawat? Ketahui, yuk.

Hal yang Perlu Diperhatikan Mengenai Eksfoliasi pada Wajah Berjerawat

Ahli Dermatologis dari Dennis Gross Skincare yaitu dr. Denis Gross, menjelaskan bahwa eksfoliasi pada kulit berjerawat bisa dilakukan tapi dengan aturan.

Menghindari Eksfoliasi yang Terlalu Sering

Melakukan eksfoliasi terlalu sering justri hanya akan menjadikan kulit kering.
Eksfoliasi Membuat Kering Wajah/Freepik

Berharap memiliki kulit bersih dan mulus tanpa jerawat, ternyata melakukan eksfoliasi terlalu sering justru hanya akan menjadikan kulit kering, menghambat pori-pori, memproduksi minyak berlebih hingga memperbanyak bahkan memperparah jerawat itu sendiri.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan seorang dokter kulit bersertifikat di San Diego, Melanie Palm, ia menegaskan bahwa eksfoliasi berlebihan menimbulkan efek jangka pendek, ditandai dengan kemerahan, gatal, nyeri, hingga menimbulkan bercak seperti eksim.

Maka langkah yang tepat, kita cukup melakukan eksfoliasi satu atau dua kali seminggu. Setelah pengelupasan dilakukan, gunakan pelembab dan tabir surya.

Jangan Gunakan Scrub untuk Eksfoliasi

Eksfoliasi fisik seperti scrub wajah bisa berisiko merusak kulit
Eksfoliasi dengan Scrub/Freepik

Sel kulit mati yang menumpuk pada pori-pori kulit dan menjadi penyebab jerawat bisa diatasi dengan cara eksfoliasi. Tak hanya itu, eksfoliasi bisa menghaluskan serta mencerahkan kulit wajah secara menyeluruh.

Tidak mudah bagi wajah berjerawat, karena berisiko jika eksfoliasi dilakukan dengan keras dan terlalu sering. Physical exfoliation atau yang dikenal dengan eksfoliasi fisik seperti scrub wajah bisa berisiko merusak kulit serta menimbulkan microtears yang mana bakteri dan patogen mudah masuk.

Nah, eksfoliasi fisik menggunakan scrub yang kasar dan keras umumnya bisa menimbulkan peradangan hingga iritasi. Sehingga, penting bagi kita memilih cara untuk eksfoliasi yang tepat.

Gunakan Chemical Peeling

Gunakan chemical exfoliation atau ekfoliasi kimia, seperti toner.
Chemical Peeling/Freepik

Gunakan chemical exfoliation atau eksfoliasi kimia, seperti toner atau cairan yang memiliki kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dan Beta Hydroxy Acids (BHA). dr. Dennis Gross menjelaskan, bahwa kedua kandungan tersebut menjadi pilihan yang aman untuk jenis kulit berjerawat.

Jika kita memiliki jenis kulit yang berjerawat, maka jangan sembarangan melakukan eksfoliasi ya, Beauties. Hal ini dikarenakan malah akan memperparah kondisi jerawat hingga menimbulkan iritasi. Lakukan eksfoliasi dengan hati-hati.

Hal yang penting juga untuk kita lakukan adalah menghindari penggunaan alat eksfoliasi reusable, dikarenakan bisa menjadi media berkumpulnya bakteri yang justru bisa memicu timbulnya jerawat baru.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id