sign up SIGN UP

2 Cara Ampuh untuk Menghempaskan Komedo Tanpa Rasa Sakit

Rani Mutiara | Sabtu, 26 Jun 2021 07:30 WIB
2 Cara Ampuh untuk Menghempaskan Komedo Tanpa Rasa Sakit
caption
Jakarta -

Siapa, sih, yang ga kesal dengan hadirnya komedo? Permasalahan kulit yang satu ini memang menjadi musuh bagi sebagian besar orang karena membuat wajah terlihat tidak mulus. Apalagi ketika menggunakan make up, biasanya tampilan komedo akan semakin kelihatan dan tentu saja mengganggu tampilan riasan. Sudah menggunakan pore pack dan peel off mask, tapi bukannya hilang malah kulit menjadi iritasi. Inilah 2 cara lain yang bisa kamu lakukan dalam menghempaskan komedo tanpa pore pack dan tanpa rasa sakit. 

Double Cleansing dengan Oil-Based Product

Cleansing Face | Pict : Freepik.com
Cleansing Face | Pict : Freepik.com

Komedo biasanya terjadi karena kita telah menggunakan berbagai macam produk di kulit wajah kita sehingga muncullah yang namanya ‘clogged pores’ alias pori-pori tersumbat. Apalagi jika kamu menggunakan make up seharian dan tidak membersihkannya dengan tepat, maka komedo akan semakin bertambah. Oleh karena itu, double cleansing setelah menggunakan make up ataupun skincare yang berat seharian wajib dilakukan. Untuk membersihkan komedo lebih maksimal, kamu bisa menggunakan oil-based cleanser di urutan pertama seperti cleansing oil dan cleansing balm.

Cleansing Balm | Pict : instagram.com/shopmissa
Cleansing Balm | Pict : instagram.com/shopmissa

Cara menggunakannya yaitu kamu bisa mengambil produk cleanser secukupnya kemudian gosok dengan lembut di seluruh wajahmu. Kemudian, di area yang berkomedo, kamu bisa menggosoknya lebih lama sekitar 3-5 menit. Setelah itu, bilas menggunakan sabun cuci wajah dan air. Lalu pastikan tidak ada residu produk yang tertinggal supaya wajah benar-benar bersih dan komedo bisa dihempaskan.

Eksfoliasi menggunakan Produk Exfoliator

Selain menggunakan oil-based cleanser, kamu juga bisa menggunakan produk eksfoliator untuk membersihkan pori-pori lebih dalam. Kamu bisa memilih produk eksfoliasi mana yang mau kamu gunakan, apakah itu chemical atau physical.

Applying Toner | Pict : Freepik.com
Applying Toner | Pict : Freepik.com

Contoh chemical exfoliator yaitu seperti produk-produk yang memiliki kandungan AHA BHA. Biasanya berupa exfoliating toner yang bisa kamu gunakan dengan menuangkan produknya di kapas, kemudian usap perlahan ke wajahmu dan hindari area yang sensitif seperti mata.

Face Mask | Pict : Freepik.com
Face Mask | Pict : Freepik.com

Sedangkan untuk physical exfoliating, kamu bisa menggunakan face scrub dan scrub mask. Kamu bisa menggunakan face scrub sebelum menggunakan face wash, sedangkan untuk scrub mask, kamu bisa gunakan setelah face wash. Tapi jangan menggunakan kedua produk ini di hari yang sama untuk menghindari kulit menjadi iritasi.

Ketika melakukan eksfoliasi, maka pori-pori akan dibersihkan hingga ke dalamnya sehingga tidak ada lagi yang namanya clogged pores yang bisa mengakibatkan munculnya komedo. Lakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu sesuai kebutuhan. Kemudian, jangan lupa gunakan hydrating toner dan pelembab setelah melakukan eksfoliasi untuk menenangkan dan mengembalikan kelembaban kulit.

Skincare Routine | Pict : Freepik.com
Skincare Routine | Pict : Freepik.com

Kamu bisa memilih kedua cara tersebut ataupun salah satunya aja. Sedangkan untuk eksfoliasi, kamu cukup memilih salah satu produk saja supaya tidak terlalu boros dan berlebihan. Meskipun kedua cara ini bisa membantumu menghempaskan komedo, namun perlu diingat bahwa melakukannya secara berlebihan tentu tidaklah baik untuk kesehatan kulit. Dan perlu diingat bahwa komedo akan selalu kembali lagi walau sudah dibersihkan, oleh karena itu, tetap lakukan rutinitas tadi secara bertahap di hari-hari tertentu. Selamat mencoba melawan komedo tanpa rasa sakit!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id