sign up SIGN UP

SKINCARE

Mau Facial Sendiri di Rumah? Begini Cara Mudahnya!

Dyah Na | Senin, 29 Jun 2020 20:39 WIB
Mau Facial Sendiri di Rumah? Begini Cara Mudahnya!
caption
Jakarta -

Menghabiskan banyak waktu di rumah tidak menjamin wajah kamu akan bebas dari masalah. Untuk itu, kamu tetap perlu merawatnya agar kulit tetap glowing. Nah, salah satu perawatan wajah yang bisa kamu lakukan adalah facial sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Yuk cari tahu di sini, Ladies.

 

Bersihkan Wajah

Membersihkan Wajah
Membersihkan Wajah/Pexels.com

Facial di rumah harus dimulai dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Kalau sebelumnya kamu menggunakan makeup, kamu bisa menggunakan rekomendasi cleansing oil untuk menghapus makeup terlebih dahulu. Setelah makeup terangkat, kamu bisa lanjut menggunakan facial wash agar memastikan semua makeup dan kotoran terangkat sempurna.


 

Membuka Pori-Pori

Untuk membantu membersihkan kotoran yang terjebak di dalam pori-pori, kamu bisa melakukan penguapan pada wajah. Biasanya saat melakukan facial di salon, ada alat khusus yang digunakan untuk melakukan hal ini. Tapi saat berada di rumah, kamu tetap bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan cara yang lebih sederhana. Caranya adalah dengan menggunakan uap dari air yang sudah di rebus.

Tuang air panas yang masih beruap ke dalam wadah baskom. Kemudian dekatkan wajah kamu hingga terkena uap. Lakukan hal ini selama 10-15 menit hingga pori-pori terasa lebih terbuka. Ingat ya Ladies, kamu hanya perlu menggunakan uapnya saja. Jangan sampai mengenai wajah ke dalam air yang mendidih.

 

Eksfoliasi

Menggunakan Scrub
Menggunakan Scrub/Pexels.com

Setelah pori-pori wajah terbuka, saatnya kamu melakukan eksfoliasi untuk deep cleansing dan mengangkat sel kulit mati. Cara melakukan eksfoliasi saat facial adalah dengan menggunakan scrub wajah. Kamu bisa menggunakan scrub yang dijual di pasaran atau membuat scrub dari bahan alami. Untuk kulit yang sensitif, sebaiknya pilih scrub dengan butiran halus ya, Ladies. 

 

Masker

Facial wajah tidak lengkap tanpa memakai masker. Penggunaan masker bisa jadi saat yang paling calming karena wajah akan dimanjakan dengan beragam nutrisi untuk kulit. Kamu bisa menggunakan beragam jenis masker untuk mengakhiri sesi facial di rumah.

Bisa menggunakan clay mask yang bisa mengencangkan kulit, masker bengkoang untuk mencerahkan kulit, atau bahkan menggunakan sheet mask untuk bantu menghidrasi kulit. Gunakan masker selama 15 menit saja ya, Ladies.

 

Hidrasi

Menggunakan pelembap
Menggunakan pelembap/Freepik.com

Setelah proses facial di rumah selesai, jangan lupa untuk menghidrasi kulit dengan menggunakan moisturizer ya. Langkah ini penting untuk memastikan kulit kamu tetap lembap setelah melakukan semua proses facial tadi. Selamat mencoba!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id