sign up SIGN UP

SKINCARE

Mau Hilangkan Flek Hitam? 6 Kandungan Ini Wajib Ada dalam Skincare Kamu

tjitradewi | Minggu, 21 Feb 2021 20:15 WIB
Mau Hilangkan Flek Hitam? 6 Kandungan Ini Wajib Ada dalam Skincare Kamu
Foto: Perawatan Wajah/Freepik

Flek hitam menjadi masalah kulit yang dialami bagi sebagian besar orang. Namun, penyebab munculnya flek hitam pada kulit berbeda-beda. Menurut American Academy of Dermatology Association, flek hitam biasanya muncul karena bekas jerawat, luka akibat gigitan serangga, paparan sinar Matahari, perubahan hormon, iritasi kulit karena penggunaan produk yang salah, hingga obat-obatan yang dikonsumsi.

Meski dimiliki hampir sebagian besar orang, flek hitam sebenarnya dapat disamarkan hingga dihilangkan. Salah satu hal yang dapat dilakukan dengan hasil cepat adalah melakukan tindakan laser dengan pengawasan dokter. Namun, ada cara lain yang lebih terjangkau yakni dengan rutin memakai skincare dengan 6 kandungan berikut ini!

1. Hidroquinon

Hidroquinon merupakan zat ampuh yang mampu mencerahkan wajah.
Hidroquinon merupakan zat ampuh yang mampu mencerahkan wajah. (Freepik)

Hidroquinon telah lama dikenal efektif menghilangkan flek hitam dan hiperpigmentasi karena mampu memutihkan warna kulit. Namun, kandungan hidroquinon sendiri tidak boleh lebih dari 2% dalam suatu produk. Meski dianggap aman dengan kadar yang telah ditentukan, ibu hamil dan menyusui tidak diperbolehkan menggunakan skincare yang mengandung hidroquinon.

2. Azelaic Acid

Azealic acid bisa ditemukan dalam barley.
Azealic acid bisa ditemukan dalam barley. (Freepik)

Azealic Acid merupakan anti-bakteri dan anti-inflamasi yang bisa ditemukan dalam biji gandung dan barley. Azelaic Acid dikenal sebagai pengganti hidroquinon karena bisa mencerahkan dan memiliki sifat antioksidan. Meski dinilai jauh lebih aman, tetap saja tidak dianjurkan menggunakan konsentrasi lebih dari 20%.


3. Glycolic Acid

Glycolic acid mampu mengeksfoliasi sekaligus merangsang produksi kolagen.
Glycolic acid mampu mengeksfoliasi sekaligus merangsang produksi kolagen. (Freepik)

Glycolic Acid atau Asam Glikolat merupakan salah satu jenis dari alpha-hydroxy acid atau dikenal dengan AHA. Glycolic Acid didapatkan dengan mengekstrak tebu. Karena molekul asam glikolat termasuk paling rendah, kandungan ini efektif menembus lapisan kulit.

Tak hanya dikenal sebagai exfoliant yang cukup gentle bagi kulit, Glycolic Acid juga mampu menembus lapisan kulit untuk merangsang produksi kolagen. Hal ini membantu mengencangkan dan meminimalkan garis-garis halus pada kulit.

4. Kojic Acid

Kojic acid terbukti mampu mencerahkan wajah.
Kojic acid terbukti mampu mencerahkan wajah. (Freepik)

Kojic acid diperoleh dari beberapa jenis jamur yang dikenal berfungsi mencerahkan kukit. Tak hanya itu, kojic acid juga memiliki kandungan anti-aging, anti-mikroba dan anti-jamur.

Zat ini mampu menghambat zat tironase yang berperan sebagai enzim pembuat melanin. Hal ini membuat warna kulit menjadi lebih cerah dan membantu memudarkan bintik-bintik hitam di wajah. Namun, kandungan kojic acid dalam skincare tak boleh lebih dari 1%.


5. Retinoid

Retinoid merupakan zat yang mampu membantu regenerasi kulit.
Retinoid merupakan zat yang mampu membantu regenerasi kulit. (Freepik)

Retinoid, termasuk di dalamnya retinol, terkenal ampuh mencegah penuaan dini dan mengatasi jerawat. Retinol membatu meregenerasi sel kulit mati dan meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit. 

Fungsi tersebut membantu memudarkan bintik hitam dan kerutan halus di wajah. Namun karena retinoid tergolong cukup keras, retinoid harus digunakan dengan sangat hati-hati. Ibu hamil dan menyusui juga dilarang menggunakan skincare dengan kandungan retinoid. 

6. Vitamin C

Vitamin C telah lama dikenal sebagai zat pencerah kulit.
Vitamin C telah lama dikenal sebagai zat pencerah kulit. (Freepik)

Vitamin C terbukti memiliki banyak manfaat bagi kulit, di antaranya menghidrasi, mencerahkan, meratakan warna kulit, meningkatkan produksi kolagen, hingga membantu mempercepat penyembuhan luka.

Meski tergolong cukup light dan membutuhkan waktu untuk melihat hasilnya, beberapa orang ada yang tak cocok dan mengalami iritasi. Jadi, ada baiknya kamu mencobanya dalam jumlah kecil terlebih dahulu ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id