sign up SIGN UP

SKINCARE

Memakai Retinol di Usia 20-an? Ini Kata Ahli

Budi Rahmah Panjaitan | Kamis, 03 Jun 2021 10:00 WIB
Memakai Retinol di Usia 20-an? Ini Kata Ahli
caption

Tanda penuaan selalu dikaitkan dengan usia di atas 30-an, ditandai dengan kemunculan garis halus dan juga kerutan. Namun nyatanya, tidak sedikit yang mengalami tanda-tanda penuaan tersebut, meskipun masih berada pada usia rentang 20-an.

Oleh sebab itu, muncul lah pertanyaan 'apakah boleh memakairetinol di usia 20-an?'. Retinol memang dikenal sebagai salah satu kandungan anti aging untuk menyamarkan berbagai tanda penuaan.

Nah, untuk mengetahui jawabannya menurut ahli, simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Retinol

Ilustrasi retinol merupakan bahan aktif Vitamin A/freepik.com
Ilustrasi retinol/freepik.com

Sebelum membahas lebih lanjut tentang pemakaian retinol di usia 20-an, maka sebaiknya diketahui terlebih dahulu apa itu retinol?

Retinol adalah bahan aktif Vitamin A yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan pergantian sel kulit. Selain itu, retinol juga memiliki manfaat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan yang disebabkan oleh faktor lingkungan.

Dr. Kim Nichols MD FAAD selaku dokter kulit bersertifikat menjelaskan bahwa kulit rentan terpapar polusi dan bakteri yang berasal dari lingkungan setiap harinya. Lebih lanjut, kondisi demikian dapat menunjukkan tanda-tanda penuaan dini jika tidak benar dirawat dengan baik.

Retinol Tidak Sebatas Anti Penuaan

Ilustrasi manfaat retinol tidak hanya sebagai anti penuaan/freepik.com
Ilustrasi manfaat retinol/freepik.com

Hal penting lainnya yang perlu diketahui soal retinol adalah terkait manfaatnya yang tidak hanya sebatas anti penuaan. Dr. Nichols menjelaskan bahwa retinol membantu meminimalkan garis halus, kerutan, komedo, bintik hitam dan hiperpigmentasi, mengurangi kemerahan, membuat kulit lebih halus dan mengecilkan pori-pori.

Selain itu, Shani Darden, seorang ahli kecantikan selebriti menambahkan bahwa penggunaan retinol dapat meningkatkan produksi kolagen dan membantu kulit terlihat lebih kencang dan awet muda.

Menggunakan Retinol di Usia 20-an?

Ilustrasi pemakaian retinol di usia 20 an sah sah saja untuk dilakukan/freepik.com
Ilustrasi pemakaian retinol/freepik.com

Dr. Nichols selaku dokter kulit dan Shani Darden selaku ahli kecantikan selebriti setuju bahwa menggunakan retinol di usia 20-an adalah hal yang sah-sah saja untuk dilakukan. Menurut Dr. Nichols, retinol aman digunakan untuk pria maupun wanita berusia 20-an untuk membantu meningkatkan kolagen dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti bintik-bintik hitam dan juga garis halus.

Sementara itu, Shani Darden juga turut menjelaskan bahwa tanda-tanda penuaan sudah bisa muncul di usia 20-an sehingga rutinitas perawatan kulit terbaik harus dilakukan sedini mungkin. Jika harus menunggu nanti maka berpotensi kurang efektif untuk membuat kulit menjadi sedia kala. Shani Darden sendiri ternyata telah menggunakan retinol sejak berusia 23 tahun.

Retinol yang Harus Digunakan

Ilustrasi penggunaan retinol harus disesuaikan dengan jenis kulit/freepik.com
Ilustrasi penggunaan retinol/freepik.com

Tidak bisa dipungkiri, ada banyak produk skincare dengan kandungan retinol yang tersedia di pasaran. Namun lagi-lagi, kesesuaian dengan jenis kulit adalah hal utama yang harus diperhatikan. Terlebih lagi untuk pemilik kulit sensitif.

Shani Darden sendiri menyarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli kulit tentang retinol mana yang paling cocok. Namun secara pribadi, Shani membeberkan bahwa retinol pilihannya adalah retinol yang lembut di kulit dan cocok untuk sebagian besar jenis kulit.

[Gambas:Instagram]

Tips Menggunakan Retinol

Ilutsrasi tips menggunakan retinol sebaiknya dilakukan pada malam hari/freepik.com
Ilutsrasi tips menggunakan retinol/freepik.com

Selain menentukan jenis retinol mana yang sebaiknya digunakan, perlu juga diketahui tips saat menggunakan retinol. Terkait dengan frekuensi penggunaan retinol, Shani merekomendasikan satu kali dalam seminggu untuk awal penggunaan.

Jika kulit sudah mampu beradaptasi, maka frekuensinya bisa ditambah menjadi tiga kali dalam seminggu. Dengan catatan, penggunaannya dilakukan pada malam hari dan diikuti dengan pengaplikasian pelembap setelahnya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id