sign up SIGN UP

SKINCARE

Mitos-mitos Seputar Skincare, Ada yang Masih Percaya?

Shinta Nikmah | Jumat, 01 Jan 2021 15:30 WIB
Mitos-mitos Seputar Skincare, Ada yang Masih Percaya?
caption

Perawatan kulit menjadi topik yang tidak ada habisnya untuk dibahas. Terlebih dengan semakin banyaknya produk-produk perawatan kulit yang banyak berinovasi. Tips-tips seputar kecantikan juga banyak ditemukan di media sosial, sehingga memudahkanmu mencari informasi perawatan kulit sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki.

Namun jangan sampai terkecoh ya, sebab tidak semua informasi yang kamu akses tersebut valid atau sudah teruji. Bisa jadi tips yang disampaikan hanya mitos belaka sehingga bisa membuatmu salah kaprah dalam melakukan perawatan kulit.

Apa saja sih mitos perawatan kulit yang sering dijumpai?

Es Batu Bikin Pori-Pori Kecil

Ice
Es Batu untuk Kulit/ Foto: freepik.com

Mitos ini banyak dipercaya oleh kebanyakan wanita. Mereka menggunakan es batu agar pori-pori kulit bisa mengecil. Memang setelah digosok menggunakan es batu, tampilan pori di kulit wajah terlihat samar. Dinginnya es batu membuat pori-pori kulit mengkerut sehingga tampilan kulit lebih halus karena pori-pori mengecil. 

Namun ketika efek dingin hilang, maka pori-pori akan kembali ke ukuran semula. Es batu tidak bisa membuat pori-pori mengecil secara permanen. Jika kamu ingin menyamarkan tampilan pori, kamu bisa gunakan produk yang mengandung asam salisilat.

Bedak Bayi Cocok untuk Kulit Sensitif

Bedak bayi
Bedak Bayi Bersifat Komedonik/ Foto: freepik.com

Kulit sensitif cenderung butuh perhatian ekstra dalam perawatannya. Memilih produk untuk kulit sensitif harus hati-hati agar tidak timbul breakout. Sayangnya, ada beberapa tips yang menyarankan penggunaan bedak bagi pemilik kulit sensitif untuk menggantikan bedak tabur.

Mereka beralasan, bedak bayi gentle untuk kulit bayi sehingga gentle juga untuk kulit orang dewasa. Padahal bedak bayi mengandung magnesium carbonate dan zinc dioxide yang membuat kulit orang dewasa menjadi kering. Bedak bayi juga bersifat komedonik sehingga jika digunakan terus menerus bagi orang dewasa bisa menyebabkan komedo dan jerawat.

10 Langkah Skincare

Skincare
Langkah Skincare/ Foto: freepik.com

Jika dihitung-hitung ada 10 step skincare yang dilakukan untuk merawat kulit. Mulai dari membersihkan kulit dengan double cleansing, mengaplikasikan toner, serum, essense, eksfoliating toner, moisturizer dan beberapa langkah lainnya. 

Kamu tidak harus melakukan semua langkah skincare tersebut. Cukup lakukan langkah-langkah perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Jika wajahmu acne prone, maka tidak perlu melakukan scrub dan menggunakan eksfoliating toner dalam waktu bersamaan. Kenali kulit wajahmu dan kebutuhannya ya agar wajahmu tidak salah langkah dalam perawatan.

Pasta Gigi Sembuhkan Jerawat

Pasta gigi
Pasta Gigi untuk Kulit/ Foto: freepik.com

Pasta gigi diformulasikan untuk gigi, bukan untuk kulit wajah ya. Terlebih pasta gigi mengandung bahan seperti flourida dan bahan-bahan lain yang berfungsi untuk membersihkan gigi dari plak dan kuman.

Jika diaplikasikan di kulit wajah malah bisa membuat kering. Tidak hanya itu, pasta gigi memiliki PH yang berbeda dengan kulit wajah sehingga bisa membuat kulit menjadi iritasi lho. Jadi lebih baik gunakan bahan lain untuk mengatasi jerawat ya Ladies.

Bahan Alami Selalu Bagus untuk Kulit

Lemon
Lemon untuk Kulit/ Foto: freepik.com

Banyak yang beranggapan bahwa bahan alami selalu bagus untuk kulit. Sebab bahan alami yang berasal dari alam tidak memiliki kandungan yang berbahaya dan tidak memberikan efek samping terhadap kulit.

Padahal faktanya bahan alami tidak selalu bagus untuk kulit terlebih jika diaplikasikan secara langsung. Misal lemon yang memiliki kandungan vitamin C tinggi dianggap bagus untuk mencerahkan wajah. Faktanya jika lemon digosok langsung ke kulit wajah bisa menyebabkan iritasi sebab PH-nya yang terlalu asam bagi kulit.

Jadi lebih baik kamu membeli produk yang mengandung ekstrak bahan alami ya. Sebab ekstrak dari bahan alami tersebut sudah disesuaikan takaran, kandungan, serta penambahan bahan aktif lainnya agar sesuai dengan kulitmu.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id