sign up SIGN UP

SKINCARE

Pengaruhnya Besar Banget, Ini Tips dan Trik Memilih Face Wash Untuk Kulit Berjerawat

Fahira mahza | Senin, 18 Jan 2021 18:00 WIB
Pengaruhnya Besar Banget, Ini Tips dan Trik Memilih Face Wash Untuk Kulit Berjerawat
caption
Jakarta -

Face wash merupakan salah satu produk perawatan kulit yang paling dasar. Berguna untuk membersihkan wajah dari kotoran dan debu. Namun, face wash memiliki banyak jenis dengan kandungan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan kulit.

Bagaimana memilih face wash untuk kulit berjerawat? Sebenarnya hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah face wash tersebut membuat jerawatmu tidak membengkak, nyaman di kulit dan tidak menimbulkan reaksi negatif.

Berikut beberapa tips dan trik dalam memilih face wash untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat.

Ketahui jenis kulitmu

Jenis kulit
Jenis kulit/foto: freepik.com

Sebelum memilih face wash kamu harus mengetahui jenis kulitmu. Banyak yang salah sangka bahwa jerawat hanya dimiliki oleh kulit berminyak. Padahal jerawat dapat timbul pada jenis kulit manapun. Karena jerawat tak hanya ditimbulkan oleh kelebihan sebum namun juga tergantung pH dan cara merawat kulit.

Memiliki kadar pH rendah

Kadar ph
Kadar ph/foto: freepik.com

Kulit normalnya memiliki pH sekitar 5.5. Jika dalam suatu pembersih wajah kadar pHnya terlalu tinggi maka akan membuat pH kulit tidak seimbang dan memicu kulit kering yang berujung pada masalah lainnya seperti jerawat, kusam dan lain sebagainya. Pilihlah face wash dengan kadar pH sekitar 4.5 – 6 agar nyaman digunakan.

Pilih tekstur yang nyaman digunakan

Tekstur nyaman
Tektur nyaman/foto:freepik.com

Tekstur face wash dapat mempengaruhi kulit wajah loh. Pilihlah face wash dengan tekstur yang mild, ringan dan lembut agar tidak menyakiti kulit. Hindari face wash yang mengandung scrub karena dapat menggesek kulit berjerawat sehingga menimbulkan reaksi sensitifitas. Apabila jenis kulitmu berminyak dan kombinasi kamu cocok menggunakan face wash bertekstur foam dan cream. Jika kulitmu berjenis kering gunakanlah face wash gel atau cream. 

Memiliki bahan anti inflamasi

Bahan anti inflamasi
Bahan anti inflamasi/foto: freepik.com

Pilihlah face wash yang mengandung anti inflamasi untuk meredakan peradangan akibat jerawat. Beberapa bahan yang terkenal sebagai anti inflamasi adalah Tea Tree Oil, Salicylic Acid, Glycolic Acid dan lainnnya. Bahan-bahan tersebut juga dapat membantu membersihkan pori serta mengontrol minyak yang akan menimbulkan jerawat.

Mengandung emolient dan humektan

Emolient dan humektan
Emolient dan humektan/foto: freepik.com

Humektan merupakan bahan tambahan dalam produk perawatan wajah yang dapat menarik air dari udara ke dalam sel kulit agar kulit tidak dehidrasi. Bahan yang termasuk humektan adalah Glycerin dan Hyaluronic. Beberapa emolien dapat membantu melembabkan kulit dengan mengisi sel-sel kulit yang kosong sehingga kulit akan terjaga kelembabannya.

Beberapa tips dan trik tersebut dapat kamu coba jika ingin membeli face wash. Perhatikan dengan seksama kandungan serta tekstur dari face wash agar kegiatan mencuci wajahmu nyaman. Semoga membantu!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id