sign up SIGN UP

Perbedaan Bakuchiol dan Retinol, Ada yang Tidak Boleh Digunakan Ibu Hamil!

Dian Purnamasari | Sabtu, 20 Nov 2021 15:00 WIB
Perbedaan Bakuchiol dan Retinol, Ada yang Tidak Boleh Digunakan Ibu Hamil!
caption
Jakarta -

Bakuchiol dan retinol dianggap memiliki manfaat sama, yaitu dapat mencegah penuaan pada wajah. Itulah kenapa, ada banyak skincare anti-aging yang menggunakan kedua kandungan ini untuk produknya. Meski memiliki manfaat sama, keduanya ternyata memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Jadi apa perbedaan dari bakuchiol dan retinol? Yuk, simak penjelasan tentang keduanya di sini!

1. Darimana Bakuchiol dan Retinol Berasal

Perbedaan asal bakuchion dan retinol
Perbedaan asal bakuchion dan retinol/Foto: pexel.com/Miriam Alonso

Bakuchiol merupakan minyak yang dipanen dari babchi (tanaman asli asal India), yang memberikan manfaat serupa dengan retinol. Bakuchiol hadir dan menjadi hits, karena banyak digunakan sebagai kandungan utama skincare antiaging. Selain itu, bakuchiol dianggap lebih baik dari retinol karena berasal dari bahan alami.

Dikutip dari laman herworld, retinol adalah turunan sintetis dari vitamin A. Sebagai antioksidan kuat, ia menetralkan radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen. Retinol juga menjaga kulit yang rentan jerawat dengan mengontrol produksi minyak dan meminimalkan tampilan pori-pori.

2. Pemakaian Bakuchiol dan Retinol Pada Kulit Sensitif

Bakuchional dan retinol manakan yang baik untuk kulit sensitif
Bakuchional dan retinol manakan yang baik untuk kulit sensitif/Foto: pexels.com/Sora Shimazaki

Dikutip dari coveteur.com, menurut Dr. Elyse Love, dokter kulit bersertifikat, bakuchiol sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit sensitif yang belum dapat mentolerir retinol. Sedangkan, penggunaan retinol tidak dianjurkan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif seperti eksim atau rosacea.

3. Penggunaan Bakuchiol dan Retinol Pada Ibu Hamil dan Menyusui

Retinol berbahaya bagi ibu hamil
Retinol berbahaya bagi ibu hamil/Foto: pexels.com/freestocks.org

Melansir babycenter, retinol adalah salah satu kandungan skincare yang dianjurkan untuk dihindari selama masa kehamilan. Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa mengonsumsi vitamin A (retinol merupakan turunan dari vitamin A), dalam dosis tinggi selama kehamilan dapat berbahaya bagi janin.

Meskipun bakuchiol berasal dari bahan alami, namun keamanannya untuk ibu hamil juga belum dapat dipastikan. Ada baiknya saat dalam masa kehamilan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait penggunaan skincare.

4. Waktu Pemakaian Terbaik Bakuchiol dan Retinol

Waktu terbaik memakai bakuchiol dan retinol
Waktu terbaik memakai bakuchiol dan retinol/Foto: pexels.com/Pavel Danilyuk

Bakuchiol yang aman untuk kulit sensitif, ternyata juga tidak kehilangan efektivitasnya saat terpapar sinar matahari. Hal ini membuat pemakaian skincare berbahan bakuchiol dapat dilakukan pada siang dan malam hari.

Berbeda dengan bakuchiol, retinol sebaiknya dipakai pada malam hari saja. Hal ini karena efektivitas retinol akan rusak jika terpapar sinar matahari. Selain itu, pemakaian retinol secara berlebihan dapat memberikan efek samping pada kulit.

Itulah beberapa perbedaan dari bakuchiol dan retinol, Beauties. Meski memiliki manfaat yang sama, tapi kamu juga harus bijak memilih skincare yang cocok dan aman untuk kulitmu ya. Ada baiknya sebelum memutuskan memilih bakuchiol atau retinol, konsultasikan dulu dokter spesialis kulit yang terpercaya ya, Beauties.

----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id