sign up SIGN UP

SKINCARE

Perbedaan Moisturizer dan Face Oil, Jangan Salah Pilih Pelembap Wajah!

Dian Aprilia | Sabtu, 10 Jul 2021 14:30 WIB
Perbedaan Moisturizer dan Face Oil, Jangan Salah Pilih Pelembap Wajah!
caption

Moisturizer dan face oil merupakan jenis produk yang sering disamakan satu sama lain. Meski keduanya sama-sama bisa melembapkan wajah, tapi moisturizer dan face oil sangat berbeda. Baik dari segi bahan atau kandungan, manfaat, maupun cara penggunaannya.

Sebagian besar orang memilih moisturizer sebagai pelembap wajah yang utama. Namun bagi kamu yang memiliki kondisi kulit dengan kebutuhan kelembapan yang lebih tinggi, face oil bisa jadi solusinya. Berikut beautynesia.id telah merangkum perbedaan antara moisturizer dan face oil:

Bahan Pembuatan

Pelembap wajah
Pelembap wajah/pexels.com/Sora Shimazaki

Moisturizer

Pelembap wajah berupa moisturizer terdiri dari air, minyak dan berbagai bahan lainnya seperti Hyaluronic Acid, Glycerin, Ceramides, Mineral Oil, Petroleum Jelly dan lainnya. 

Face Oil

Sedangkan pelembap wajah berupa face oil terdiri dari minyak, baik satu jenis atau pun beberapa jenis minyak nabati. Biasanya diambil dari biji atau kacang-kacangan.

Jenis

Pelembap wajah
Pelembap wajah/pexels.com/Jill Burrow

Moisturizer

Pelembap wajah berupa moisturizer terdiri dari berbagai jenis. Di antaranya adalah krim, gel, atau lotion. Kamu bisa memilih jenis tergantung dengan kebutuhan kulitmu. Apakah kamu membutuhkan pelembap untuk kulit kering ataukah pelembap untuk kulit berminyak.  

Face Oil

Pelembap wajah berupa face oil terdiri dari berbagai jenis yang dibedakan sesuai dengan bahan pembuatnya dan juga manfaatnya. Ada Jojoba, Sunflower, Grappesed, Rosehip, dan Squalane.

Manfaat

Pelembap wajah
Pelembap wajah/pexels.com/Ron Lach

Moisturizer

Moisturizer bermanfaat untuk memberikan kelembapan pada lapisan epidermis dan juga mengunci kelembapan tersebut. Sehingga kulit akan terhidrasi dengan baik, halus dan lembut, serta tak mudah kering. Moisturizer cenderung cocok sebagai pelembap untuk kulit berminyak dan pelembap untuk kulit kering.

Face Oil

Sementara face oil bermanfaat untuk meningkatkan dan mempertahankan kelembapan kulit. Manfaat kelembapan yang diberikan oleh face oil cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan moisturizer.

Kriteria Pengguna

Pelembap wajah
Pelembap wajah/pexels.com/monstera

Moisturizer

Moisturizer cenderung cocok digunakan sebagai pelembap untuk kulit berminyak atau pun kering. Untuk kulit kering, moisturizer berguna untuk memberikan kelembapan dan mempertahankan kelembutan. Sementara untuk kulit berminyak, moisturizer berperan untuk menyeimbangkan produksi minyak.

Face Oil

Face oil cenderung cocok digunakan sebagai pelembab untuk kulit kering, kulit berminyak dan kulit sensitif. Bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya memilih jenis tea tree oil.

Cara Penggunaan

Pelembap wajah
Pelembap wajah/pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA

Moisturizer

Moisturizer digunakan setelah penggunaan serum baik malam atau pagi hari. Urutan penggunaan pagi hari ialah face wash, toner, serum, moisturizer, dan sunscreen. Untuk urutan penggunaan malam hari hampir sama, namun produk terakhir diganti dengan obat jerawat atau produk lain sesuai kebutuhan.

Face Oil

Face oil digunakan setelah penggunaan moisturizer di malam hari. Jadi urutan penggunaannya adalah face wash, toner, serum, moisturizer, dan face oil.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id