sign up SIGN UP

Perbedaan Toner dan Essence, Mana yang Lebih Dibutuhkan Kulit?

Dian Aprilia | Minggu, 18 Jul 2021 15:30 WIB
Perbedaan Toner dan Essence, Mana yang Lebih Dibutuhkan Kulit?
caption

Toner dan essence merupakan salah satu produk skincare yang dibutuhkan dalam rutinitas pemakaian skincare baik pagi atau malam hari. Langkah pemakaian yang berurutan, terkadang membuat keduanya sulit dibedakan.

Tak hanya itu, salah satu dilema pemakaian toner wajah dan essence adalah pertanyaan ‘apakah kedua produk tersebut memang dibutuhkan untuk kulit?’. Nah berikut beautynesia.id telah merangkum perbedaan toner dan essence dan kebutuhan kulit:

Manfaat

Toner
Toner/pexels.com/RODNAE Productions Ikuti

Toner

Toner wajah merupakan produk skincare yang bermanfaat untuk menghidrasi kulit, mengembalikan pH alami kulit usai pemakaian pembersih wajah. Toner bermanfaat untuk semua wanita, baik yang remaja atau dewasa. Meski tidak diwajibkan, ada berbagai pilihan toner remaja yang relatif ringan dan bagus.  

Toner cenderung dibutuhkan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Namun buat kamu yang selain jenis kulit tersebut juga bisa tetap menggunakan toner untuk mendapatkan manfaat hidrasi kulit yang lebih tinggi.

Essence

Essence adalah produk skincare yang berperan untuk mempersiapkan kulit agar produk skincare selanjutnya bisa menyerap lebih baik dan memberikan kelembapan yang lebih tinggi. Selain itu essence juga berfungsi untuk menghidrasi sel kulit, menghaluskan, dan mencerahkan kulit.

Essence cenderung dibutuhkan untuk pemilik kulit kering dan jika sudah menggunakan essence kamu tidak harus menggunakan serum. Sebab serum cenderung memiliki manfaat yang sama dengan essence.

Tekstur

Toner
Toner/pexels.com/EVG Culture

Toner

Toner memiliki konsistensi yang lebih cair jika dibandingkan dengan essence dan serum. Karena bentuknya cair seperti air, sehingga paling cepat meresap ke kulit. Sehingga tak memerlukan jeda yang terlalu lama untuk mengaplikasikan produk skincare yang selanjutnya. Pemilihan toner termasuk toner remaja perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit masing-masing.

Essence

Essence memiliki tekstur cenderung lebih kental dari toner, tetapi lebih cair dibandingkan serum. Namun kondisi kekentalan essence di berbagai merk tidak selalu sama karena bergantung dengan kandungannya.

Kandungan

Toner
Toner/pexels.com/RODNAE Productions

Toner

Toner adalah skincare dengan kandungan yang kaya akan air serta zat yang menghidrasi. Oleh sebab itu toner paling cocok digunakan pada kulit kering, dehidrasi dan juga sensitif. Toner wajah biasanya mengandung bahan air, hyaluronic acid, glycerin, ekstrak tumbuhan dan sodium PCA.

Essence

Essence memiliki konsentrasi bahan aktif tinggi namun tidak setinggi yang ada di serum. Kandungan yang biasa terdapat di essence di antaranya adalah vitamin, mineral, glycerin, hyaluronic acid dan ekstrak tumbuhan.

Cara Pemakaian

Skincare
Skincare/pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA

Toner

Toner dipakai setelah membersihkan wajah dengan face wash. Kamu bisa menggunakan kapas guna membersihkan residu yang tersisa. Selain itu, kamu bisa mengaplikasikan langsung pada wajah dengan bantuan tangan atau botol spray. Cara pemakaian ini juga berlaku pada toner remaja.

Essence

Penggunaan essence dilakukan tepat setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner wajah. Produk ini bisa dipakai sebagai rutinitas skincare baik pada pagi hari ataupun malam hari.

Cara pemakaiannya cukup dengan menuangkan essence di telapak tangan dan mengaplikasikannya ke seluruh wajah hingga leher. Terakhir tepuk lembut wajah guna memperlancar proses penyerapan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id