sign up SIGN UP

Sarung Bantal Satin dan Sutra Bisa Bikin Kulit dan Rambut Jadi Lebih Cantik, Benarkah?

tjitradewi | Kamis, 24 Jun 2021 22:30 WIB
Sarung Bantal Satin dan Sutra Bisa Bikin Kulit dan Rambut Jadi Lebih Cantik, Benarkah?
caption

Belakangan ini mulai banyak beauty influencer yang memakai sarung bantal satin dan sutra saat tidur. Mereka mengklaim bahwa barang ini mampu membuat kulit dan rambut menjadi lebih halus dan cantik. Namun, apakah benar klaim tersebut?

Dilansir dari Wirecutter New York Times, satin dan sutra yang memiliki permukaan lembut memang mampu mengurangi gesekan pada kulit wajah. Namun menurut seorang dermatologis, Dr Dendy Engelman, sebenarnya semua produk yang dapat mengurangi tegangan pada kulit memiliki manfaat, tidak harus sarung bantal satin dan sutra. Tidur telentang juga sebenarnya sangat membantu kulit agar tak mudah keriput.

Tidur telentang bisa mengurangi gesekan pada wajah, sama halnya seperti menggunakan sarung bantal satin dan sutra.
Tidur telentang bisa mengurangi gesekan pada wajah, sama halnya seperti menggunakan sarung bantal satin dan sutra/Foto: Freepik

Namun jika kamu termasuk orang yang sangat merawat kulit dengan rutin menggunakan skincare pada malam hari, ada baiknya kamu mempertimbangkan menggunakan sarung bantal satin dan sutra. Sarung bantal dengan bahan kain ini menyerap lebih sedikit cairan termasuk skincare yang kamu gunakan dibandingkan sarung bantal dari katun atau linen. Menurut Engelman, membatasi penyerapan dan gesekan antara kulit dengan sarung bantal membuat skincare yang digunakan bekerja lebih maksimal. 

Sarung bantal satin dan sutra mencegah penyerapan skincare berlebih ke bantal.
Sarung bantal satin dan sutra mencegah penyerapan skincare berlebih ke bantal/Foto: Freepik.com

Selain klaim mencegah keriput dan mencegah skincare menyerap pada bantal, sarung bantal satin dan sutra biasanya diklaim antibakteri dan mencegah tumbuhnya jerawat.

Meski kain berbahan satin dan sutra memiliki kemampuan antibakteri dengan tingkat rendah, sampai sekarang sayangnya belum ada bukti yang menunjukkan bahwa bahan tersebut akan bersih lebih lama atau mampu menahan perpindahan bakteri ke wajah, dibanding dengan bahan katun atau linen lho, Ladies.

Belum ada bukti bahwa sarung bantal satin dan sutra bisa mencegah jerawat.
Belum ada bukti bahwa sarung bantal satin dan sutra bisa mencegah jerawat/Foto: Freepik

Jika kamu ingin terhindar dari masalah jerawat akibat sarung bantal yang kotor, cara terbaik adalah dengan rajin mencucinya. Hal ini tak hanya dilakukan pada sarung bantal berbahan katun saja, namun juga pada bahan satin dan sutra.

Malah, sarung bantal satin dan sutra perlu perawatan lebih ekstra karena tak bisa dicuci menggunakan mesin.

Sarung bantal satin dan sutra sebaiknya tak dicuci menggunakan mesin.
Sarung bantal satin dan sutra sebaiknya tak dicuci menggunakan mesin/Foto: freepik.com

Intinya, jika kamu merasa butuh dan memang sudah menganggarkan membeli sarung bantal satin dan sutra, tak ada salahnya untuk membeli. Sebab, bahan ini memang terbukti mampu mencegah penyerapan skincare berlebih ke bantalmu.

Namun jika mencari opsi lebih murah, kamu bisa memilih satin dibanding sutra karena memiliki fungsi mirip namun dengan perawatan dan harga yang lebih murah.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id