sign up SIGN UP

SKINCARE

Selain Mengatasi Jerawat, Air Mawar Mampu Cegah Penuaan Dini!

Riza Aningtyas | Senin, 12 Aug 2019 13:00 WIB
Selain Mengatasi Jerawat, Air Mawar Mampu Cegah Penuaan Dini!
caption
Setangkai bunga mawar selalu dikaitkan dengan lambang cinta kasih seseorang kepada pujaan hatinya. Namun, tidak ada yang menyangka jika bunga yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk merawat kulit wajah. Air mawar atau rose water dapat digunakan sebagai skincare untuk kulitmu. Penasaran?

Rose water merupakan salah satu produk skincare yang populer dijadikan untuk merawat kulit agar tetap terawat dan cantik. Namun, tidak ada yang menyangka bahwa air mawar telah digunakan lebih dari ribuan tahun lalu oleh nenek moyang, sebagai bahan tradisional merawat kulit. Nah, apa saja manfaat air mawar itu? Berikut adalah 7 manfaat air mawar untuk perawatan kulit.


1.    Dapat Digunakan Sebagai Toner


Salah satu bentuk rose water yang populer sebagai produk skincare adalah bahan utama toner. Toner ini merupakan cairan yang memiliki manfaat dapat membersihkan wajah dari kotoran yang menempel di kulit wajah. Pemakaian toner ini merupakan salah satu bentuk proses pembersihan wajah dari kotoran akibat adanya kelebihan minyak dan penumpukan sel kulit mati.
 
Adapun fungsi toner air mawar lainnya adalah dapat menyeimbangkan PH kulit agar tetap normal atau netral. Jika kulit wajahmu memiliki PH yang seimbang, maka kulitmu tidak rentan terhadap infeksi dan kelebihan minya. Artinya kulitmu akan tetap halus dan terlihat cerah.


Foto: https://s3.ap-south-1.amazonaws.com/vlccpersonalcare.com/catalog/product/cache/image/700x560/e9c3970ab036de70892d86c6d221abfe/r/o/rose-water.jpg

2.    Digunakan Sebagai Penyempurna Makeup


Selain digunakan sebagai produk skincare, air mawar juga dapat digunakan sebagai penyempurna makeup. Manfaat air mawar yang satu ini penting sekali diketahui oleh kaum Hawa yang kesehariannya memakai makeup.
 
Para ahli telah membuktikan, ketika makeup terlihat kusam akibat keringat atau sinar matahari. Kamu dapat memanfaatkan air mawar dengan cara menyemprotkannya ke wajah. Cara ini dapat membantu riasan di wajahmu terlihat bercahaya kembali. Alhasil wajahmu akan terlihat fresh lagi.



Foto: https://www.btybox.com/de-la-cruz-rose-water-spray-agua-de-rosas-8-oz/

3.    Dapat Dijadikan Sebagai Pembersih Makeup


Manfaat lainnya dari air mawar ini adalah dapat dijadikan sebagai pembersih makeup. Hal ini juga telah diteliti oleh beberapa ahli dimana rose water dapat dijadikan sebagai makeup remover.
 
Melihat fungsinya sebagai makeup remover, air mawar dapat membersihkan makeup secara efektif dan tidak kalah dengan racikan brand lainnya. Selain itu, jika kamu menggunakan air mawar sebagai pembersih makeup memungkinkan kulit wajahmu terhindar dari iritasi.


Foto: https://www.flickr.com/photos/30478819@N08/46481578104

4.    Membantu Mencerahkan Kulit Wajah


Memiliki kulit wajah yang cerah, mungkin menjadi dambaan setiap kaum Hawa. Namun, budget untuk mencerahkan kulit wajah yang harus dikeluarkan tidaklah murah. Sekarang, kamu tidak perlu khawatir jika menginginkan kulit wajahmu cerah bersinar, karena kamu dapat memanfaatkan air mawar.
 
Mungkin di benakmu timbul pertanyaan, bagaimana bisa air mawar dapat membantu mencerahkan kulit wajah? Jawabannya memang bisa, asalkan kamu rutin mengoleskan air mawar di kulit wajahmu.
 
Kandungan vitamin A dan E yang ada pada bunga mawar dapat membantu proses pengangkatan sel kulit mati yang ada di wajahmu. Selain itu, air mawar memiliki antioksi dan yang bermanfaat untuk membantu proses regenerasi jaringan kulit serta dapat memperkuat sel kulit wajah.


Foto: https://www.publicdomainpictures.net/pictures/250000/velka/woman-washing-herself-1523365253C2s.jpg

5.    Dapat Diolah Sebagai Minyak Esensial untuk Kulit


Tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan utama toner wajah, air mawar atau rose water juga dapat diolah sebagai minyak esensial. Minyak esensial air mawar ini memang banyak mengandung antioksidan. Adapun fungsi antioksidan yang terkandung dalam minyak esensial air mawar adalah sebagai berikut.

        
  • Dapat menyingkirkan radikal bebas yang menempel pada kulit.
  •     
  • Membersihkan kotoran yang menempel di kulit.
  •     
  • Mencegah pori-pori kulit wajah tersumbat.
  •     
  • Minyak esensial pada air mawar dapat menjaga keseimbangan PH kulit.
  •     
  • Dapat meredakan peradangan (iritasi) yang terjadi pada kulit.

Foto: Istimewa

6.    Dapat Mengatasi Jerawat


Siapa sih yang tidak kesal, jika jerawat muncul di kulit wajah? Tentunya, bisa membuat kita galau saat muncul jerawat di kulit wajah. Namun, saat ini kamu tidak perlu khawatir karena kamu dapat memanfaatkan air mawar.
 
Air mawar ini dirasa cukup efektif mengatasi jerawat. Selain itu, air mawar dapat digunakan untuk menyamarkan noda bekas jerawat di wajah. Hal tersebut karena air mawar mengandung antibakteri yang dapat membunuh kuman penyebab timbulnya jerawat di kulit wajah.


Foto: https://food.ndtv.com/beauty/10-benefits-of-rose-water-you-need-to-know-1239785

7.    Dapat Digunakan Sebagai Anti-Aging


Sebagian besar kaum hawa, tahu betul dengan yang namanya anti-aging. Apa sih anti-aging itu? Anti-aging adalah proses pencegahan penuaan di kulit wajah. Perlu kamu ketahui, kulit wajah akan menua yang disebabkan oleh faktor usia dan lingkungan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena air mawar dapat digunakan anti-aging.
 
Air mawar yang mengandung antibakteri dapat mencegah kulit wajah menjadi menua, kering dan kusam. Nah, jika menggunakan air mawar secara rutin di bagian kulit wajah maka dapat mencegah penuaan dini. Selain itu, penggunaan air mawar secara rutin dapat mencegah timbulnya garis-garis halus di wajah yang memungkinkan timbulnya keriput.


Foto: https://skinoasis.com.sg/product/anti-aging-facial-treatment/

Tersebut di atas adalah 7 manfaat air mawar untuk kulit. Memang saat ini banyak dijual toner dan minyak esensial air mawar. Namun, pada kenyataannya kamu dapat membuatnya sendiri di rumah. Bagaimana caranya? simak penjelasan berikut.


Cara Membuat Air Mawar Sendiri di Rumah

Membuat sendiri air mawar di rumah dapat menghemat budget untuk perawatan kulit, bagaimana caranya? Simak langkah demi langkah berikut.

1. Siapkan Bahan
     Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat air mawar adalah sebagai berikut.
        
  • Siapkan 150 gram kelopak bunga mawar segar yang bersih.
  •     
  • Sediakan 500 ml air bersih.
2. Cara Membuat Air Mawar
     Adapun cara membuatnya sebagai berikut.
        
  • Campurkan 500 ml air bersih dengan 150 gram kelopak mawar dalam sebuah panci.
  •     
  • Rebuslah sepanci kelopak mawar tersebut selama 20 menit. Tutuplah panci rapat-rapat dan ingatlah rebuslah dengan menggunakan api kompor yang kecil saja.
  •     
  • Setelah 20 menit, angkat panci. Kemudian saring air mawar dan masukkan ke dalam wadah. Diamkan hasil rebusan air mawar yang sudah disaring tersebut hingga suhu air menurun.
  •     
  • Jika suhu air mawar yang sudah disaring menurun, kamu dapat memasukkannya ke dalam botol atau toples. Kemudian tutup.
  •     
  • Nah, air mawar buatanmu dapat digunakan untuk membersihkan kulit wajahmu.

Nah, bagaimana Ladies? Kamu dapat mencoba membuat air mawar sendiri di rumahmu. Menjaga kecantikan kulit wajah agar tetap cerah dan bersih, pada dasarnya tidak membutuhkan budget yang mahal. Asalkan kita mau memanfaatkan bahan-bahan dari alam. Dengan memanfaatkan bahan-bahan dari alam, kamu ikut serta menjaga keseimbangan alam semesta ini. Yuk, back to nature.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id