sign up SIGN UP

Musim Hujan atau Kemarau, 3 Perawatan Kulit Ini Nggak Boleh Absen Dilakukan!

Ni Made Dwi Agustina | Beautynesia
Senin, 29 Nov 2021 11:30 WIB
Musim Hujan atau Kemarau, 3 Perawatan Kulit Ini Nggak Boleh Absen Dilakukan!
caption
Jakarta -

Musim penghujan telah tiba. Pada musim seperti ini biasanya banyak orang yang melakukan beragam ‘ritual’ untuk menjaga kesehatan diri, salah satunya adalah menjaga kesehatan kulit. Sebab, pada musim hujan kondisi kulit menjadi dehidrasi, misalnya kulit kering.

Ada banyak hal yang dilakukan seseorang untuk menjaga kesehatan kulit, khususnya saat musim hujan. Namun, terdapat beberapa perawatan kulit yang nggak boleh absen dilakukan, meski dalam kondisi apa pun. Mau tahu apa saja perawatannya? Yuk, simak penjelasannya dihimpun dari The Times of India.

Eksfoliasi Kulit

Perawatan kulit dengan eksfoliasi
Perawatan kulit dengan eksfoliasi/ Foto: freepik.com/ wayhomestudio

Perawatan kulit dengan cara melakukan eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati hingga bagian kulit terdalam, sehingga membuat kulit terasa lebih halus serta pori-pori kulit terasa lebih bersih. Terlebih lagi, jika kamu memiliki masalah kulit wajah yang berjerawat, eksfoliasi sangat dianjurkan.

Tidak hanya berlaku pada kulit wajah, kulit bagian tubuh juga perlu dilakukan eksfoliasi, karena kotoran yang menempel pada tubuh juga bisa menyebabkan jerawat punggung maupun masalah kulit bagian tubuh lainnya.

Walaupun di tengah musim penghujan seperti saat ini dan lebih sering berada di ruangan tertutup, bukan berarti tidak ada kotoran yang masuk ke dalam pori-pori kulit, ya! Lakukan eksfoliasi kulit sebanyak dua kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal dan gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Tabir Surya

Perawatan kulit dengan tabir surya
Perawatan kulit dengan tabir surya/ Foto: freepik.com/ freepik

Penggunaan tabir surya atau sunscreen merupakan salah satu perawatan kulit yang wajib dilakukan, baik itu saat sedang berada di luar maupun di dalam ruangan. Tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan buruk sinar matahari yang dapat memicu berbagai permasalahan kulit, seperti jerawat, sunburn, penuaan dini, dan sebagainya.

Di musim hujan pun, penggunaan tabir surya jangan terlewatkan. Walaupun saat siang hari di musim hujan terlihat awan menutupi matahari, bukan berarti kamu aman dari sinar ultra violet (UV), lho. Untuk penggunaan tabir surya di musim hujan, kamu bisa memilih sunscreen yang berjenis waterproof. Jadi, jangan malas pakai sunscreen ya, Beauties!

Pelembap

Perawatan kulit dengan pelembap
Perawatan kulit dengan pelembap/ Foto: freepik.com/ pressfoto

Pelembap atau moisturizer merupakan salah satu langkah perawatan kulit essential. Sebab, penggunaan pelembap bertujuan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Kulit yang terhidrasi akan meminimalisir berbagai permasalahan kulit, misalnya kulit kering. Dalam hal ini, penggunaan pelembap saat musim hujan ternyata hal yang wajib dilakukan.

Pada musim hujan atau sedang berada di cuaca dingin, kulit akan cenderung lebih kering. Oleh karena itu, penggunaan pelembap dapat membantu menjaga kulit terhidrasi secara maksimal. Kamu bisa memilih pelembap sesuai dengan jenis kulit kamu agar nyaman digunakan.

Beauties, itulah ketiga perawatan kulit essential yang wajib ada di list harian kamu! Pada dasarnya, kulit merupakan ‘harta’ yang patut untuk dijaga. Salah satunya adalah dengan rutin melakukan perawatan.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id