sign up SIGN UP

SKINCARE

Usia 20-an Bisa Juga penuaan, Ini Tanda-Tanda yang Wajib Kamu Tahu!

Budi Rahmah Panjaitan | Senin, 05 Oct 2020 10:30 WIB
Usia 20-an Bisa Juga penuaan, Ini Tanda-Tanda yang Wajib Kamu Tahu!
caption

Penuaan merupakan salah satu momok menakutkan bagi seorang wanita. Ya,  tidak bisa dipungkiri bahwa sebenarnya, penuaan adalah hal yang lumrah terjadi. Biasanya, proses penuaan akan mulai terlihat semenjak usia 30 an.

Namun, ada banyak faktor yang turut berpengaruh terhadap hal tersebut. Salah satunya adalah gaya hidup. Oleh sebab itu, tidak jarang pula didapati penuaan sudah terjadi sejak usia 20 an. Apa saja tanda-tandanya? Simak selengkapnya di bawah ini. 

Kulit Dehidrasi

Penyebab kulit dehidrasi sendiri sangat beragam, mulai dari polusi, paparan sinar UV hingga persubahan suhu
dehidrasi/freepik.com

Tanda pertama penuaan di usia 20 an adalah kulit yang dehidrasi. Eits, tunggu dulu, patut kamu garisbawahi bahwa kulit dehidrasi ini berbeda dengan kulit kering. Kulit dehirasi  dicirikan dengan sifatnya yang sementara dan tidak jarang disertai rasa gatal, pecah-pecah dan juga terkelupas.


Penyebab kulit dehidrasi sendiri sangat beragam, mulai dari polusi, paparan sinar UV hingga perubahan suhu. Untuk itulah, sangat penting untuk menghidrasi kulit secara baik. Mulai dari meminum air putih yang cukup hingga memakai skincare yang dapat membantu menghidrasi kulit.

Kulit Menjadi Lebih Sensitif

Kulit sensitif menjadi tanda penuaan di usia 20 an
kulit sensitif/freepik.com

Sebaiknya, jangan pernah menyepelekan kulit yang tiba-tiba terasa semakin sensitif dibandingkan sebelum-sebelumnya. Ya, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda awal penuaan di usia 20 an. Adapun penyebabnya tidak lain adalah penipisan yang terjadi pada kulit. Jika sudah demikian, maka kulit akan mudah mengalami iritasi dan warnanya menjadi tidak merata.

Adapun bagian yang paling mudah untuk melihatnya adalah leher. Lagi-lagi, radikal bebas dan paparan sinar matahari menjadi penyebab utamanya. Terjadinya perubahan warna kulit disertai teksturnya yang menjadi kasar tentu saja akan sangat mempengaruhi penampilan.

Sebagai solusi, kamu bisa melakukan eksfoliasi guna mengangkat sel kulit mati yang ada pada permukaan kulit. Selain itu, memenuhi asupan vitamin B secara lengkap juga bisa membentuk kondisi ini.

Munculnya Flek Hitam

Flek hitam yang muncul merupakan salah satu tanda penuaan yang terjadi di usia 20 an
Flek hitam/freepik.com

Flek hitam yang muncul merupakan salah satu tanda penuaan yang terjadi di usia 20 an. Risiko ini sangat tinggi, terutama bagi kamu yang selalu beraktivitas di luar ruangan. Kondisi ini akan semakin parah jika kamu tidak menggunakan pelindung matahari alias tabir surya.

Jika dibiarkan secara terus menerus, masalahnya tidak hanya pada flek hitam yang muncul melainkan masalah kulit serius lainnya seperti peradangan dan kanker kulit. Untuk itu, sudah sepatutnya sunscreen menjadi item skincare wajib bagi kamu. Gunakanlah setiap hari sebelum beraktivitas.

Kulit Terasa Lebih Kendur

Kulit terasa kendur bisa jadi salah satu tanda penuaan dini
Kulit kendur/freepik.com

Perubahan secara fisik lainnya yang bisa dirasakan adalah kulit yang terasa lebih kendur. Penyebabnya ialah elastisitas kulit yang semakin berkurang. Alhasil, kulit akan terlihat lebih tua sehingga tampak lesu dan letih.

Untuk mengatasinya, mengkonsumsi vitamin serta olahraga yang rutin adalah solusinya. Selain itu, juga disarankan untuk mencoba senam wajah agar lebih terlatih mempertahankan elastisitasnya.

Munculnya Kerutan dan Garis Halus

Garis halus ini bisa diamati di area mata, bibir dan juga hidung
garis halus/freepik.com

Nah, yang terakhir adalah munculnya kerutan dan garis halus. Garis halus ini bisa kamu amati di area mata, bibir dan juga hidung. Biasanya, akan terlihat guratan tipis yang menjadi cikal bakal kerutan. Kondisi demikian akan semakin buruk ketika kamu sulit mengendalikan stress dan menerapkan gaya hidup tidak sehat.

Oleh sebab itu, lebih telaten lah dalam melakukan perawatan kulit supaya kulit lebih sehat dan tidak mengalami penuaan sebelum waktunya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id