sign up SIGN UP

Skincare Minimalis Lebih Ringkas dan Hemat, Tertarik Mencoba?

Henny Alifah | Kamis, 19 Aug 2021 18:00 WIB
Skincare Minimalis Lebih Ringkas dan Hemat, Tertarik Mencoba?
caption

Produk skincare terus bermunculan menawarkan formula baru bagi siapa saja yang mendambakan kulit halus awet muda. Dengan iming-iming tersebut, wajar jika akhirnya rak meja rias dan kamar mandimu penuh dengan beragam produk skincare.

Namun, kamu mungkin sebenarnya tak harus mengikuti tren pemakaian skincare yang berlapis-lapis. Sebaliknya, memakai skincare minimalis bisa jadi perawatan yang tepat bagi kulitmu. Seperti namanya, skincare minimalis merupakan rutinitas perawatan kulit yang sederhana dan mudah diikuti.

Lebih ringkas, skincare minimalis fokus pada perawatan kulit paling dasar. Ada apa saja?

1. Cleanser

Ilustrasi: memakai pembersih muka
Foto: Pexels.com/Ron Lach

Bersihkan muka setiap pagi dan malam, atau setiap kali selesai memakai makeup. Jika kamu memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat, carilah pembersih yang lembut dengan glycolic atau salicylic acid. Jika kamu memiliki kulit sensitif, pilihlah pembersih yang tidak mengandung alkohol. Produk yang mengandung alkohol dapat mengiritasi, menyengat, dan membakar kulit.

2. Moisturizer

Ilustrasi: memakai pelembap wajah
Foto: Pexels.com/Anna Shvets

Setelah mencuci muka, hidrasi kulit dengan memakai pelembap sehingga kulit tidak terasa kering. Pelembap krim yang ringan akan cocok untuk jenis kulit normal. Orang dengan jenis kulit berminyak harus mencari pelembap yang ringan dan menghidrasi seperti yang mengandung hyaluronic acid. Sementara bagi kulit kering atau sensitif, mungkin lebih baik pakai pelembap dengan basis emolien yang lebih tebal. Kulit kering atau sensitif lebih disarankan pakai pelembap cream karena lebih aman dibanding lotion yang rawan mengiritasi.

3. Sunscreen

Sunscreen
Foto: Pexels.com/Nadine Wuchenauer

Kunci utama dalam perawatan kulit adalah membersihkan dan melembapkan wajah. Di negara lain, seperti negara-negara Eropa, mungkin tidak memasukkan sunscreen ke dalam basic skincare mereka. Namun bagi negara tropis seperti Indonesia, perlindungan matahari sejak usia dini bisa jadi investasi untuk kulit cantik di kemudian hari.

Tabir surya tidak hanya membantu melindungi dari sengatan matahari dan kanker kulit, tetapi juga akan menunda penuaan kulit dini. Disarankan untuk memakai facial sunscreen dengan SPF 30 atau di atasnya.

4. Opsional: Retinol

Ilustrasi: memakai serum retinol
Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Selain tiga hal di atas, direkomendasikan pula memakai retinol untuk rutinitas skincare tahap keempat. Sifatnya opsional, bahan ini mampu meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan serta meminimalkan bintik-bintik penuaan.

Bagaimanapun juga, rutinitas skincare merupakan sesuatu yang sifatnya sangat personal. Segala tren di dunia kecantikan tidak harus selalu kamu ikuti. Sah-sah saja jika kamu suka atau tidak suka pada suatu tren baru. Tren yang kamu suka belum tentu cocok untukmu. Produk yang cocok denganmu, belum tentu cocok dengan orang lain dan begitupun sebaliknya.

Apa pun alasan kamu untuk mengaplikasikan rutinitas skincare minimalis yang sederhana, kemungkinan langkah ini akan menjadi perubahan yang bermanfaat. Mulai dari menghemat waktu dan uang, hingga mengurangi potensi iritasi yang dapat diakibatkan oleh perawatan kulit berlapis-lapis yang lebih kompleks.

Hal yang perlu diingat pula, lakukan rutinitas skincare ini secara rutin, yaitu dengan membersihkan, melembapkan, dan mengaplikasikan suncreen serta tambahkan retinol untuk masalah anti-penuaan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id