sign up SIGN UP

Ssttt... Ini Rahasia Mencegah Penuaan Dini Untukmu yang Masih Usia 20-an

Justina Nur | Minggu, 22 Aug 2021 14:00 WIB
Ssttt... Ini Rahasia Mencegah Penuaan Dini Untukmu yang Masih Usia 20-an
caption

Memiliki kulit yang sehat hingga tua tentu merupakan hal yang sangat diimpikan oleh semua orang, apalagi bagi perempuan. Pada umumnya, saat usia masih dua puluhan tahun, kita lebih fokus memperbaiki tampilan kulit karena masalah seperti jerawat, kulit kusam, dan kulit yang tidak cerah.

Tak jarang, banyak perempuan yang meremehkan kebiasaan perawatan kulit untuk mencegah penuaan dini. Saat masih muda seperti usia dua puluhan, kita juga sering lupa untuk peduli, bahwa suatu hari nanti kita akan melihat tanda-tanda penuaan pada kulit.

Jika kamu tidak hati-hati dan mempersiapkan dari sekarang, bisa jadi penuaan dini bisa datang lebih cepat daripada yang kita perkirakan. Hal ini karena lingkungan dan gaya hidup yang buruk di usia dua puluhan dapat menyebabkan kulit kita menua sebelum waktunya.

Untuk menghindari hal tersebut, yuk simak tips menggunakan skincare untuk usia dua puluh tahunan berikut ini, Beauties!

1. Gunakan Pembersih Wajah yang Melembapkan

Gunakan Pembersih Wajah yang Melembapkan
Gunakan Pembersih Wajah yang Melembapkan/Pexels.com/Ron Lach

Banyak pembersih wajah yang mengandung alkohol yang berpotensi menyebabkan kulit wajah jadi lebih kering. Oleh karena itu, pilihlah pembersih wajah yang memiliki kandungan yang dapat menghidrasi serta lembut untuk kulit wajahmu.

Tak hanya itu, pilihlah produk pembersih yang tidak menghilangkan semua minyak esensial dari kulit. Kulit yang dehidrasi atau kering akan meningkatkan risiko mempercepat datangnya penuaan dini.

2. Lakukan Eksfoliasi Kulit

Kamu bisa melakukan eksfoliasi secara rutin untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah. Jika dilakukan setiap hari, pastikan menggunakan produk skincare yang mengandung eksfoliator yang lembut untuk kulit, seperti AHA dan BHA.

Tak hanya menghilangkan sel kulit mati, mengeksfoliasi kulit wajah juga meningkatkan pembaruan sel, dan kolagen. Hal ini akan membuatmu tampak lebih muda meski usiamu terus bertambah.

3. Beralih ke Serum Vitamin C

Beralih ke Serum Vitamin C
Beralih ke Serum Vitamin C/Freepik.com/Freepik

Serum vitamin C memiliki banyak manfaat untuk mengatasi hampir semua masalah perawatan kulit. Oleh karena itu, memasukkan serum vitamin C sebagai salah satu produk skincare dalam rutinitas perawatan kulit akan membantumu mencegah penuaan dini. 

Serum vitamin C memiliki sifat antioksidan yang kuat dan berfungsi untuk menetralkan kerusakan akibat paparan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada kulit dan penuaan dini. Selain itu, serum vitamin C juga dapat berfungsi sebagai penguat oksigen dan menunda munculnya tanda-tanda penuaan dini dengan mendukung struktur kulit dan meningkatkan elastisitas.

4. Gunakan Skincare yang Mengandung Retinol

Skincare yang mengandung bahan seperti retinol mampu meningkatkan kolagen dan menetralkan radikal bebas di kulit yang menyebabkan kerusakan kolagen. Tak hanya itu, retinol juga mampu mengurangi timbulnya garis-garis halus dan kerutan di kulit wajah. 

Cobalah untuk menggunakan pelembap berbahan dasar retinol di malam hari, dan pastikan tidak mencampurnya dengan serum vitamin C, karena keduanya bisa menimbulkan reaksi yang buruk jika dicampur. 

5. Disiplin Menggunakan Tabir Surya

Disiplin Menggunakan Tabir Surya
Disiplin Menggunakan Tabir Surya/Pexels.com/Koolshooters

Jika kamu ingin kulit yang tetap awet muda saat umur tetap bertambah, jangan sampai lupa mengenakan tabir surya. Berapapun usiamu, tabir surya akan membantumu untuk mencegah timbulnya penuaan dini. 

Hal ini karena paparan sinar UV dapat mempercepat proses penuaan alami kulit. Oleh karena itu, aplikasikan tabir surya meski kamu berada di dalam ruangan. Untuk hasil terbaik, kamu bisa menggunakan tabir surya setelah menggunakan serum vitamin C.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id